Cara Bisnis Properti dari Nol di Tahun 2023, Cocok Untuk Pemula!

blog

Cara Bisnis Properti dari Nol di Tahun 2023, Cocok Untuk Pemula!

DepositoBPR by Komunal

25 Oktober 2023

Ingin berinvestasi dengan cara bisnis properti di tahun 2023? Well, bisnis ini memang cocok dijadikan sebagai persiapan dana pensiun, karena harganya cenderung naik.

Adapun salah satu cara memulai bisnis properti adalah dengan memanfaatkan media sosial sebagai ruang promosi, karena bisa menjangkau pasar yang lebih luas.


Nah, jika ingin memahami lebih lanjut tentang apa itu bisnis properti dan langkah untuk memulainya, yuk simak artikel berikut!


Apa itu Bisnis Properti?


Bisnis properti adalah suatu usaha yang bergerak di bidang kepemilikan aset, seperti bangunan dan tanah.


Cara kerja bisnis properti sendiri adalah jual beli maupun penyewaan bangunan dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan.


Jenis usaha ini termasuk sebagai bisnis jangka panjang yang bisa digunakan untuk persiapan pasca pensiun.


Itulah mengapa, banyak orang yang tertarik untuk memulainya, karena selain cocok dijadikan sebagai persiapan masa depan, bisnis ini juga memiliki risiko relatif rendah.


Adapun contoh bisnis properti adalah jual beli atau penyewaan apartemen, perumahan, vila, hingga kos.


Selain berbentuk hunian, contoh bisnis properti juga bisa berupa bangunan untuk tujuan komersial, seperti mal, ruko, hotel, hingga gedung perkantoran.


Baca Juga: 7 Cara Investasi Tanah untuk Pemula agar Makin Untung!

Cara Bisnis Properti bagi Pemula


Lantas, bagaimana cara bisnis properti bagi pemula? Sebagai bentuk bisnis jangka panjang, memulai bisnis properti tentu bukan hal mudah.

Pasalnya, bisnis ini perlu direncanakan dengan matang untuk memperoleh keuntungan maksimal.


Adapun cara memulai bisnis properti adalah sebagai berikut.


1. Melakukan Riset Pasar


Salah satu cara bisnis properti adalah melakukan riset pasar terlebih dulu. Riset ini bertujuan untuk memastikan harga properti di pasar, survei lokasi, hingga risiko yang mungkin terjadi.


Di samping itu, dengan melakukan riset pasar, kamu juga bisa memperoleh ide bisnis properti dan mencari lokasi pembangunan yang strategis, lho.


Sebab, lokasi yang strategis umumnya dicari oleh banyak orang dan nilai jualnya cenderung lebih tinggi.



2. Mencari Peluang dan Membangun Relasi


Cara bisnis properti bagi pemula berikutnya adalah dengan mencari peluang dan membangun relasi.


Sebab, saat kamu belum memiliki pengetahuan yang mendalam tentang bisnis properti, membangun relasi dengan pengusaha lain tentu cukup menguntungkan.


Dengan mengenal pengusaha properti lainnya, kamu berpotensi untuk memulai bisnis tanpa modal, lho. Lantas, bagaimana cara memulai bisnis properti tanpa modal?


Nah, kamu bisa melakukan kerja sama dengan seorang pengembang properti. Dengan begini, kamu hanya perlu mengumpulkan informasi terkait properti yang dijual atau disewakan dan melakukan promosi.


Melalui hasil jual lewat promosi inilah kamu bisa memperoleh keuntungan maksimal.


3. Menyiapkan Modal


Nah, apabila kamu memutuskan untuk membangun bisnis properti pribadi, menyiapkan modal adalah hal yang perlu dilakukan.


Pasalnya, modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis properti tidaklah sedikit. Kamu perlu menyiapkan budget untuk membeli atau membangun properti, merawat, hingga melakukan promosi.


Itulah sebabnya, cara bisnis properti satu ini harus disiapkan sejak jauh hari, seperti dengan berinvestasi atau mengajukan kredit di bank.


4. Mengikuti Pelatihan


Cara bisnis properti bagi pemula lainnya adalah dengan mengikuti pelatihan. Sebagai seorang pemula, mempersiapkan diri dengan mencari ilmu seputar bisnis properti adalah hal penting.


Cara memulai bisnis properti ini bisa membantumu untuk mengetahui persiapan dan strategi yang harus diterapkan dalam membangun usaha.


Di samping itu, saat ini sudah banyak pelatihan bisnis yang diadakan secara daring, sehingga kamu bisa mengikutinya dengan lebih fleksibel.


5. Memaksimalkan Kualitas


Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, banyak orang tertarik terhadap bisnis properti. Jadi, kamu tak perlu terkejut jika banyak pesaing di luar sana.


Nah, agar usahamu bisa bersaing dengan kompetitor lainnya, cara bisnis properti yang bisa kamu lakukan adalah memaksimalkan kualitas bangunan.


Kamu bisa menawarkan sejumlah keunggulan, seperti lokasi strategis atau fasilitas hunian yang mumpuni. Dengan begitu, pembeli pun akan tertarik terhadap bisnismu.



6. Memanfaatkan Media Sosial untuk Promosi


Cara bisnis properti bagi pemula yang tak kalah pentingnya dengan tips sebelumnya adalah memanfaatkan media sosial sebagai ruang promosi.


Pasalnya, media sosial bisa menjangkau berbagai kalangan dengan lebih mudah. Di samping itu, kamu juga bisa membuat konten promosi atau iklan yang menarik untuk memikat hati pembeli.


Selain melalui media sosial, kamu juga bisa menggunakan website, marketplace, maupun forum jual beli lainnya.


7. Menawarkan Kerja Sama


Cara bisnis properti bagi pemula yang terakhir adalah dengan menawarkan kerja sama kepada pihak penjual.


Cara memulai bisnis properti ini bisa kamu lakukan dengan menetapkan berbagai aturan bersama penjual untuk mencegah risiko kerugian antara kedua belah pihak.


Di samping itu, hal ini juga membantu untuk meningkatkan kepercayaan satu sama lain.


Keuntungan Bisnis Properti


Setelah mengetahui cara bisnis properti bagi pemula, kamu juga perlu memahami bahwa usaha ini memiliki sejumlah keuntungan, lho.


Adapun beberapa keuntungan bisnis properti adalah sebagai berikut.


1. Harga Cenderung Naik


Salah satu keuntungan bisnis properti adalah harganya cenderung naik secara signifikan setiap tahunnya.


Pasalnya, bisnis properti, seperti hunian, termasuk sebagai kebutuhan primer manusia untuk mendapatkan tempat tinggal, sehingga akan banyak orang yang mencarinya.


Di samping itu, meningkatnya populasi penduduk setiap tahunnya juga membuat luas area layak huni semakin menipis. Itulah sebabnya, harga properti cenderung naik setiap tahunnya.


2. Dapat Dijadikan Sebagai Aset


Keuntungan bisnis properti lainnya adalah dapat dijadikan sebagai aset. Pasalnya, sekalipun harga properti mengalami penurunan, nilai jual tersebut bisa kembali normal dengan cepat.

Itulah mengapa, bisnis ini bisa dijadikan aset untuk mempersiapkan masa depan yang cemerlang.


3. Risiko Relatif Rendah


Terakhir, keuntungan bisnis properti adalah memiliki risiko yang relatif rendah. Pasalnya, bisnis ini tidak akan terkena dampak inflasi.


Selain itu, nilai jualnya yang cenderung naik secara signifikan, sehingga kamu akan lebih untung.


Bukan hanya itu, customer juga dapat menyewa atau membelinya dengan cara dicicil, sehingga bisnis pun lebih mudah untuk dijalankan.


Demikian sederet informasi mengenai cara bisnis properti bagi pemula, mulai dari melakukan riset pasar, hingga menawarkan kerja sama.


Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bisnis properti adalah aset bagi seorang pengusaha untuk mencapai financial freedom.

Maka dari itu, saat memiliki bisnis properti, alangkah baiknya bagimu untuk menyimpan asetnya dalam bentuk investasi, salah satunya adalah dengan membuka deposito lewat DepositoBPR by Komunal.

Sebab, dengan berinvestasi di DepositoBPR by Komunal, kamu berpotensi untuk memperoleh keuntungan mencapai 6,75% p.a.


Untuk itu, tunggu apa lagi, yuk mulai rencanakan masa depan dan jadi #LebihUntung bersama DepositoBPR by Komunal!



share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer