5 Pertanyaan Saat Lebaran yang Menyebalkan dan Cara Jawabnya

blog

5 Pertanyaan Saat Lebaran yang Menyebalkan dan Cara Jawabnya

DepositoBPR by Komunal

29 Maret 2024

Acara kumpul keluarga bisa menjadi momen yang ditakuti apabila disodorkan dengan pertanyaan saat lebaran yang menyebalkan. Pertanyaan-pertanyaan, seperti kapan nikah, kerja di mana, gaji sudah UMK apa belum, kapan nambah momongan, dan lain-lain pasti akan selalu muncul di acara kumpul keluarga saat lebaran.

Untuk kamu yang belum tahu cara mengatasi pertanyaan tersebut tanpa merusak suasana, baca artikel ini sampai tuntas!


5 Pertanyaan saat Lebaran dan Cara Menjawabnya


Ketika kumpul keluarga saat lebaran, kamu perlu memberikan ucapan selamat Idulfitri sembari menjawab pertanyaan menyebalkan saat lebaran yang mungkin saja muncul.

Perlu diingat, ketika menjawab pertanyaan saat lebaran yang menyebalkan kamu harus memastikan jawaban yang diberikan tidak akan merusak suasana. Adakalanya, seseorang akan merasa sakit hati apabila menerima pertanyaan saat lebaran yang menyebalkan.


Namun, bukan berarti kamu boleh membalasnya dengan memberikan jawaban yang kasar atau menyinggung. Kamu harus memberikan jawaban yang tepat, di mana jawaban tersebut tidak akan merusak suasana kumpul keluarga saat lebaran. Berikut merupakan beberapa pertanyaan saat lebaran yang menyebalkan beserta cara menjawabnya.


1. “Kapan Nikah?”


Pertanyaan saat lebaran yang satu ini selalu menjadi momok anak-anak muda yang masih jomblo. Pertanyaan ini sangat sering dipakai sebagai basa-basi ketika bertemu dengan anggota keluarga lain. Meski begitu, pertanyaan ini terkadang bisa menyakitkan bagi beberapa orang. Untuk bisa menjawab pertanyaan lebaran tersebut, kamu perlu menenangkan diri dan jangan sampai terbawa emosi.


Jika emosi sudah terkontrol, ada dua opsi yang bisa kamu pilih untuk menjawab pertanyaan ini. Pertama, dengan memberikan jawaban serius. Pernikahan merupakan hal yang serius, maka perlu persiapan yang matang untuk bisa melakukannya.


Jadi, berikan jawaban yang menjelaskan bahwa menikah itu butuh persiapan panjang dan tidak bisa asal dilakukan. Untuk contohnya, kamu bisa memakai kalimat berikut:


“Nikah gak bisa semaunya, harus siap mental, siap harta, siap segala-galanya dulu.”


Opsi kedua, kamu bisa menjawabnya dengan bercanda. Dengan bercanda, kamu bisa mencairkan suasana kumpul keluarga. Berikut merupakan contoh jawabannya:


“Walah, KUA nya tutup kalo lebaran, besoklah kalo udah buka.”



2. “Apa Gak Pengen Nambah Momongan?”


Pertanyaan saat lebaran yang sering muncul selanjutnya adalah pertanyaan seputar kehamilan atau anak. Biasanya, pertanyaan ini akan diterima para pasangan muda yang baru saja menikah. Namun, tak jarang juga pertanyaan ini juga diterima oleh pasangan yang sudah lama menikah, tapi tak kunjung diberi momongan.


Jika kamu menerima pertanyaan ini, kamu bisa menjawabnya dengan meminta doa kepada si pemberi pertanyaan. Dengan meminta doa kepada mereka, kamu bisa menjawab pertanyaan tersebut tanpa mengganggu suasana serta mendapat hal baik karena didoakan oleh banyak orang. Berikut merupakan contoh jawabannya:


“Iya nih, mohon doanya ya agar bisa cepat diberi momongan.”


3. “Sekarang Kerjanya di Mana? Gajinya Gimana?”


Pertanyaan saat lebaran seputar pekerjaan dan gaji menjadi pertanyaan yang sering muncul untuk dijadikan basa-basi. Pertanyaan ini biasanya akan ditujukan pada anggota keluarga yang baru saja lulus dan mulai terjun ke dunia kerja.


Masalahnya, pertanyaan mengenai gaji adalah hal yang terlalu personal, di mana tidak semua orang merasa nyaman membicarakannya. Untuk bisa menjawab pertanyaan ini, kamu cukup berterus terang saja dan jika tidak nyaman membahas tentang gaji, bilang saja kalau gajinya cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Berikut merupakan contoh jawaban yang bisa kamu berikan:


“Sekarang saya kerja di perusahaan A, untuk gajinya Alhamdulilah cukuplah untuk kehidupan sehari-hari.”


4. “Kok Gendutan Sekarang?”


Jika kamu menerima pertanyaan saat lebaran yang satu ini, kamu tidak boleh tersinggung. Pertanyaan seputar berat badan biasanya dipakai untuk basa-basi atau bercanda. Maka dari itu, kamu tidak boleh tersinggung. Untuk menjawabnya, kamu bisa memberikan jawaban sembari bercanda. Berikut merupakan contoh jawabannya:


“Iya nih, mau mecahin rekor muri makan nastar paling banyak pas lebaran soalnya”



5. “Kenapa Kok Masih Belum Kerja?”


Pertanyaan saat lebaran ini sering diterima anggota keluarga yang baru saja lulus. Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu bisa menanyakan balik kepada mereka apa mereka bisa bantu mencarikan lowongan. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan solusi untuk mencari pekerjaan sekaligus bisa menjawab pertanyaan tersebut. Berikut merupakan contoh cara menjawabnya:


“Iya nih masih belum dapat. Om punya info lowongan kerja yang cocok buat saya gak?”


Selain opsi jawaban di atas, kamu juga bisa memakai opsi lain, yakni dengan meminta doa kepada pemberi pertanyaan agar bisa segera mendapat pekerjaan. Untuk contoh jawabannya adalah sebagai berikut:


“Sudah naruh lamaran di banyak tempat saya, doakan aja ya biar cepat dapat panggilan.”


Itulah beberapa pertanyaan saat lebaran yang menyebalkan dan cara menjawabnya. Mengesampingkan pertanyaan-pertanyaan tersebut, kamu bisa membuat momen lebaran menjadi semakin bermanfaat dengan menginvestasikan THR yang kamu dapat di DepositoBPR by Komunal.

Dengan bunga yang ditawarkan sampai 6,75% pertahun, dijamin kamu pasti #LebihUntung jika dibandingkan dengan produk deposito lain. Tak hanya itu, simpanan kamu juga pasti #LebihAman karena sudah dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) hingga Rp2 Miliar per nasabah untuk setiap banknya.


Jadi tunggu apa lagi? Daftar sekarang juga untuk dapat menikmati #SimpananRasaInvestasi di DepositoBPR by Komunal!


share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer