blog
Kenali Berbagai Produk BPR, Mana yang Terbaik
Komunal Indonesia
11 Februari 2022

Kini, semakin banyak masyarakat Indonesia yang mulai menyadari pentingnya dalam menyimpan uang secara aman dan menguntungkan. Oleh karena itu, pertimbangan untuk menginvestasikan dana melalui Bank juga semakin meningkat.


Selain bank konvensional, Bank Perkreditan Rakyat (BPR) juga tak luput dari pilihan masyarakat untuk berinvestasi. Terlebih, BPR juga menawarkan berbagai layanan dan produk BPR hingga ke desa-desa.


Dari sisi nasabah, banyak usaha mikro, kecil maupun menengah dari desa yang telah merasakan manfaat adanya layanan dari BPR ini.


Berikut rangkuman jenis-jenis produk dan layanan BPR yang dapat menjadi pilihan Anda untuk berinvestasi, peminjaman, maupun untuk menabung.


Mengenal Bank Perkreditan Rakyat (BPR)


Bank Perkreditan Rakyat (BPR) sendiri merupakan bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional atau berdasarkan prinsip syariah. Dalam kegiatannya, BPR tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. Kegiatan BPR terbatas pada beberapa hal jika dibandingkan dengan kegiatan bank umum. BPR dilarang melayani jasa cek/giro (giralisasi), melakukan kegiatan dalam valuta asing (hanya mata uang rupiah) dan perasuransian, serta hanya boleh beroperasi di dalam 1 (satu) propinsi.


Sedangkan untuk kegiatan usaha BPR diantaranya yakni menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan berupa deposito berjangka, tabungan, dan atau bentuk lainnya yang dipersamakan dengan itu. BPR juga dapat memberikan kredit dan menyediakan pembiayaan serta penempatan dana berdasarkan Prinsip Syariah, sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia. BPR juga diperkenankan untuk menempatkan dananya dalam bentuk Sertifikat Bank Indonesia (SBI), deposito berjangka, sertifikat deposito, dan atau tabungan pada bank lain.


4 Produk BPR yang Ada di Indonesia



Kegiatan usaha BPR yang telah disebutkan di atas menggambarkan pula beberapa jenis produk dari BPR. Layanan dasar perbankan inilah yang menjadi andalan dari BPR.


Meski memiliki keterbatasan produk karena mengikuti amanat undang-undang perbankan, namun BPR juga unggul dalam segi lokasi yang lebih dekat masyarakat dan prosedur yang lebih sederhana.


Adapun layanan produk dari BPR secara lengkap lengkap adalah sebagai berikut :


1. Tabungan


Tabungan di BPR tidak dikenakan biaya administrasi pada saat pembukaan maupun penutupan rekening. Besaran biaya awal yang disetorkan pun terbilang ringan, mulai dari Rp10.000-Rp100.000. Dana tabungan ini dapat ditarik kapan saja oleh nasabah. Namun penarikan dana kapan saja ini tidak berlaku untuk jenis tabungan berjangka.


Kelebihan BPR salah satunya adalah pada nilai bunga yang dapat lebih besar dari bank umum yang hanya sebesar 3.5%. Bunga tabungan yang ditawarkan BPR sudah mendapatkan jaminan dari Lembaga Penjamin Simpanan dan cukup beragam, berkisar antara 2%-6% per bulan. Sedangkan untuk BPR Syariah yang menerapkan sistem bagi hasil sekitar 75:25, besaran bunga tersebut nilainya sekitar 5%.


2. Deposito


Produk deposito dari BPR bisa dikatakan hampir sama dengan bank umum. Bunga deposito BPR rata-rata berada di angka 6% per tahun dengan pilihan skema mulai dari 1, 3, 6, hingga 12 bulan. Seperti halnya produk tabungan biasa di BPR, deposito ini juga dapat ditarik kapan saja oleh nasabah tanpa ada penalti. Menarik bukan?





3. Kredit


Hadirnya BPR di tengah masyarakat tidak lepas dari adanya kebutuhan kredit usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Oleh karena itu, kredit atau pinjaman menjadi produk BPR yang paling terkenal di kalangan masyarakat. Produk kredit BPR ini cukup beragam, tergantung dari inovasi masing-masing BPR.


Secara umum fasilitas kredit yang ditawarkan BPR adalah kredit usaha, kredit pemilikan rumah, kredit usaha kecil, kredit kepemilikan tanah, dan kredit multiguna. Kredit yang disediakan hanya sebagai kredit tanpa agunan atau kredit untuk karyawan dan kredit untuk bisnis kecil. Meski memiliki layanan kredit, namun BPR tidak melayani produk kartu kredit.


4. Sertifikat Bank Indonesia (SBI)


BPR mengalami kelebihan likuiditas (over liquidity) maka BPR dimungkinkan menempatkan dananya dalam bentuk Sertifikat Bank Indonesia (SBI). SBI sendiri adalah sertifikat yang ditawarkan Bank Indonesia kepada BPR apabila BPR mengalami over liquidity atau kelebihan likuiditas.


Sertifikat Bank Indonesia (SBI) adalah surat berharga yaitu dikeluarkan oleh Bank Indonesia sebagai pengakuan utang berjangka waktu pendek (1-3 bulan) dengan sistem diskonto/bunga dengan tujuan untuk mengontrol jumlah uang beredar dalam masyarakat yang secara tidak langsung bisa mengendalikan laju inflasi dan juga nilai tukar rupiah. Keuntungannya, SBI ini dikenal sebagai instrumen yang tergolong bebas risiko (risk free).



Sebaiknya Pilih Produk BPR yang Mana?


Nah, setelah mengenal produk-produk dari BPR, saatnya untuk memilih mana produk yang cocok dengan profil Anda sebagai calon nasabah.


Berikut ini tips untuk memilih produk BPR terbaik di tahun 2022 :


  1. 1.

    Tentukan kapan sekiranya Anda akan melakukan penarikan dana. Jika dana tidak akan diambil dalam jangka waktu satu bulan, Anda bisa memilih produk tabungan.Namun jika kemungkinan dana akan ditarik dalam jangka waktu satu bulan, lebih baik pilih deposito atau tabungan berjangka.


  1. 2.

    Kenali periode jangka waktu kebutuhan Anda. Apakah Anda ingin merealisasikan kebutuhan Anda dalam jangka waktu dekat? Anda bisa ambil kredit untuk memenuhi kebutuhan Anda terlebih dahulu dan mencicil pembayarannya kemudian.


  1. 3.

    Namun jika kebutuhan Anda bisa menunggu untuk diwujudkan sembari mengisi pundi-pundi uang, Anda bisa pilih produk tabungan dari BPR. Sesuaikan produk dengan keperluan Anda. Jika ingin mendaftar haji, Anda bisa pilih tabungan haji. Jika untuk pembelian rumah, Anda bisa pilih kredit kepemilikan rumah.


  1. 4.

    Jika Anda tidak ingin tabungan disentuh riba, Anda bisa menabung dan menggunakan produk BPR syariah


Kehadiran BPR tidak hanya menjadi solusi positif bagi masyarakat desa untuk menghindari perangkap rentenir dalam mendapatkan pendanaan, namun juga masyarakat yang ingin mengelola dananya agar dapat lebih bermanfaat. Anda dapat ikut serta mendukung BPR dalam pengembangan UMKM dengan menjadi deposan bagi BPR ataupun menikmati layanan deposito BPR secara langsung melalui Komunal.


Apalagi, kini ada Komunal DepositoBPR sebagai wadah penyedia dan pendukung masyarakat yang ingin menginvestasikan dananya di BPR terpilih.


Dengan seleksi yang ketat dan di bawah pengawasan OJK, BPR yang telah terdaftar dalam Komunal merupakan Bank dengan keuangan yang sehat, stabil, legal, serta memiliki keuntungan imbal balik hingga 6%.


Anda bisa cek deretan produk BPR terbaik di Indonesia yang bekerjasama dengan



share

Bagikan