9 Tips Sukses di Usia Muda, Yuk Kenali Juga Tantangannya!

blog

9 Tips Sukses di Usia Muda, Yuk Kenali Juga Tantangannya!

DepositoBPR by Komunal

22 Juli 2023

Kamu ingin mengetahui bagaimana tips sukses di usia muda? Kalau iya, kamu udah mengunjungi artikel yang tepat!


Bukan hal yang nggak mungkin, cara menjadi sukses di usia muda ini bisa kamu raih secara mudah, mulai dari melakukan perencanaan keuangan yang tepat serta menguasai metode budgeting.

Selain itu, kunci utama dan sederhana agar menjadi sukses di usia muda adalah dengan disiplin, serta terus konsisten atas apa yang telah hingga akan diperjuangkan.


Namun, menerapkan hal-hal tersebut pun ada tantangannya tersendiri, lho. Apa saja itu? Yuk, simak penjelasan mengenai tips sukses di usia muda berikut ini!


9 Tips Sukses di Usia Muda


Mengutip dari Indeed, sebelum seseorang meraih kesuksesan, biasanya ia akan membuat goals atau target yang harus dicapai terlebih dahulu sebelum menjalaninya.


Itulah mengapa, sejumlah tips sukses di usia muda berikut ini mungkin akan membantu kamu dalam membuat rencana goals versi dirimu sendiri. Check it out!


1. Menetapkan Tujuan Hidup dan Fokus Menjalaninya


Salah satu tips sukses di usia muda yang perlu kamu lakukan sejak awal adalah menetapkan tujuan hidup dengan jelas.


Saat ini, banyak generasi muda yang memilih untuk menjalani hidup bersenang-senang tanpa memikirkan tujuannya di masa depan.


Jika terus melakukan hal tersebut, kamu hanya akan menyia-nyiakan waktumu tanpa ada perubahan yang berarti di dalam hidup.


Namun, bukan berarti tidak boleh hidup bersenang-senang. Tips sukses di usia muda ini berarti kamu perlu menyeimbangkan antara kesenangan dengan tujuan yang ingin dicapai.


Jika sudah menetapkan tujuan kesuksesan yang kamu targetkan, fokuskan hidupmu pada hal-hal tersebut untuk mewujudkannya.


2. Berani Memulai dan Pantang Menyerah


Selama masih memiliki waktu luang, tips sukses di usia muda selanjutnya yaitu cobalah untuk berani memulai segala ide yang kamu miliki dan mengubahnya menjadi suatu tindakan.


Meskipun pada saat prosesnya mungkin kamu akan menemukan kegagalan yang harus dihadapi, namun dengan sikap pantang menyerah, kesuksesan pasti bisa menghampiri.


Selain itu, saat sudah berani memulai untuk keluar dari zona nyaman, mungkin kamu akan menyadari banyak peluang yang sebelumnya terbuka luas, tetapi tidak diambil karena terlalu takut mencobanya.


3. Perkaya Diri dengan Pengalaman dan Pengetahuan


Tips sukses di usia muda yang tidak boleh kamu lewatkan adalah dengan memperkaya diri akan pengetahuan dan pengalaman.


Jika ingin menjadi sukses sejak muda, cobalah untuk mengikuti berbagai kegiatan bermanfaat yang ada, dan sekiranya dapat menambah pengetahuanmu akan dunia luar.


Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan banyak pengetahuan dengan membaca buku, mengikuti kelas pelatihan, hingga memperoleh wawasan dari dunia digital.


4. Atur Keuangan Sebaik Mungkin


Mempunyai kemampuan untuk mengatur keuangan sebaik mungkin juga menjadi tips sukses di usia muda yang paling penting.


Pasalnya, jika ingin memulai suatu bisnis, kamu perlu memikirkan sumber modal yang akan digunakan untuk menjalaninya.


Setelah bisnis berjalan pun, kamu akan mengatur hasil keuangan tersebut dengan tepat agar tidak salah jalur dan merugikanmu.


Jika memungkinkan, kamu juga bisa menyisihkan penghasilan tersebut minimal sebesar 25% untuk berinvestasi, sebagai dana darurat, atau simpanan lainnya.



5. Mendisiplinkan Diri dan Konsisten


Disiplin adalah kunci utama jika ingin menjadi sukses di usia muda. Tak heran, banyak orang ketika sudah mulai mencoba hal baru, mereka berhenti di tengah jalan karena tidak memiliki konsistensi terhadap diri sendiri.


Tips sukses di usia muda dengan cara mendisiplinkan diri ini sebenarnya bisa kamu lakukan melalui hal-hal sederhana, seperti bangun di pagi hari, hingga menjalani segala sesuatu sesuai dengan target.


Mungkin pada awalnya tidak mudah untuk mendisiplinkan diri, tetapi apabila kamu konsisten menjalaninya, hal ini akan menjadi sebuah kebiasaan positif yang tertanam di dalam dirimu.


6. Bermanfaat bagi Orang Lain


Perlu ditanamkan dalam pikiranmu, menjadi sukses di usia muda bukanlah hanya persoalan dengan dirimu saja. Namun, kamu juga perlu memberikan manfaat bagi orang lain.


Mungkin kamu pernah mendengar istilah ‘apa yang ditanam, itulah yang akan kita tuai nantinya’. Nah, hal ini juga berlaku dalam tips sukses di usia muda.


Misalnya, saat sedang menjalani bisnis, sebaiknya usahakan untuk selalu memprioritaskan kebutuhan konsumen.


Dengan begitu, para konsumen yang puas terhadap produk dan layanan dari perusahaanmu akan memberikan feedback positif, sehingga dapat membantu dalam mencapai target penjualan.


7. Tidak Hanya Fokus pada Hasil Akhir


Sering kali, banyak orang salah persepsi dengan hanya memfokuskan terhadap tujuan dan hasil akhir yang ingin dicapai ketika melakukan cara sukses di usia muda.


Padahal, pemikiran tersebut hanya akan mengganggu produktivitas dan prosesmu untuk mencapainya.


Maka dari itu, tips sukses di usia muda yang perlu kamu lakukan hanyalah fokus pada tindakan nyata di hadapanmu ketika menjalani proses keberhasilan tersebut.



8. Pikirkan Risiko dan Kemungkinan Gagal


Mengantisipasi segala kemungkinan risiko yang akan dihadapi merupakan cara agar sukses di usia muda selanjutnya.


Misalnya, kamu sudah menjalani tips sukses di usia muda sebelumnya dengan mempunyai target dari tujuanmu.


Maka dari itu, hal ini harus selalu kamu imbangi dengan cara memperhitungkan segala risikonya.


Apabila sudah memikirkan risiko serta kemungkinan gagal sejak awal, kamu akan lebih siap jika suatu saat hal tersebut benar-benar terjadi di masa depan.


9. Membangun dan Memperluas Network


Membangun serta memperluas network dengan dunia luar adalah tips sukses di usia muda yang cukup efektif untuk kamu terapkan.


Dimulai dari tidak memandang usia maupun gender, kamu bisa membangun relasi dengan siapapun melalui berbagai kalangan.


Jika memungkinkan, kamu bisa gabung dengan komunitas yang bermanfaat dan akan memberikan feedback positif untuk memperluas relasimu, seperti komunitas DepositoBPR. Yuk join komunitas DepositoBPR via Telegram: https://t.me/depositobprid sekarang!

Tantangan Menjadi Sukses di Usia Muda


Banyak orang beranggapan bahwa menjadi sukses di usia muda adalah hal yang menyenangkan, tanpa perlu memikirkan untuk mengerjakan tugas atau diperintah oleh atasan.


Well, meski tak salah, hal tersebut sebetulnya juga tidak sepenuhnya benar. Mengapa demikian?


Yup, pada dasarnya, sebagai seorang pebisnis atau menjadi sukses di usia muda juga akan menghadapi berbagai rintangan tersendiri.


Berikut adalah beberapa tantangan yang mungkin akan kamu hadapi jika ingin menjadi sukses di usia muda:


1. Kehilangan masa muda untuk bersenang-senang.


2. Dihantui oleh rasa takut gagal, bangkrut, hingga dalam menghadapi risiko.


3. Sulit untuk melawan rasa malas dalam berinovasi.


4. Mudah cepat merasa puas atas hasil yang sudah dicapai.


5. Terkadang rintangan yang datang dari orang-orang di sekitar, seperti kerabat dekat, teman, bahkan keluarga.


Eits, jangan takut. Semua tantangan yang disebutkan di atas tentu jadi tidak akan ada artinya kalau kamu bisa meraih kesuksesan di usia muda!



Itulah beberapa tips sukses di usia muda yang bisa kamu coba dan terapkan mulai dari sekarang. Tak dapat dipungkiri, kesuksesan juga memiliki tantangannya tersendiri.


Sebab, membangun kesuksesan bukan hanya tentang hasil yang akan dicapai, tetapi harus siap secara fisik dan mental untuk menghadapi kemungkinan risikonya di masa depan.


Dari penjelasan sebelumnya, dapat diketahui salah satu cara agar sukses di usia muda adalah bisa mengatur keuangan sebaik mungkin.


Nah, kamu bisa lho, mengelola keuanganmu dengan cara berinvestasi agar dapat bertumbuh, salah satunya melalui DepositoBPR by Komunal.

DepositoBPR by Komunal merupakan aplikasi yang menyediakan aset deposito dengan tingkat risiko investasi yang rendah.


Selain itu, kamu juga akan mendapatkan banyak keuntungan, salah satunya yaitu tingkat suku bunga di DepositoBPR by Komunal mencapai hingga 6,75% p.a.


Tak hanya itu, dana yang akan kamu simpan di depositoBPR by Komunal juga sudah pasti lebih aman, karena BPR sendiri telah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).


Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa hubungi layanan pelanggan melalui website resmi DepositoBPR by Komunal atau ke WhatsApp kami.


share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer