Cara Buka Deposito Tanpa NPWP di DepositoBPR by Komunal

blog

Cara Buka Deposito Tanpa NPWP di DepositoBPR by Komunal

DepositoBPR by Komunal

15 Oktober 2023

NPWP adalah salah satu dokumen pribadi yang sering dijadikan sebagai syarat buka deposito. Namun, adakah cara untuk buka deposito tanpa NPWP?

Tenang, kalau kamu belum punya NPWP, buka deposito melalui DepositoBPR by Komunal bisa jadi pilihan!


Yup, di DepositoBPR by Komunal, kamu hanya memerlukan syarat berupa foto kata dan swafoto untuk membuka deposito.


Mau tahu gimana cara buka deposito tanpa NPWP di DepositoBPR by Komunal selengkapnya? Yuk, simak pembahasan berikut ini sampai habis!


Apa itu NPWP?


Bagi kamu yang sudah mendapatkan penghasilan, tentu sudah tidak asing lagi dengan NPWP.


Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP adalah identitas Wajib Pajak atau orang/badan yang memiliki kewajiban untuk membayar pajak ke negara. Pada dasarnya, identitas ini dikelola dan diberikan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP).


Kini, NPWP terdiri dari 15 digit angka, di mana 9 digit pertama merupakan informasi kode unik Wajib Pajak dan 6 digit terakhir adalah kode administrasi.


Namun, mulai tanggal 1 Januari 2024, NPWP akan mulai menggunakan NIK (nomor induk kependudukan) pada KTP untuk dijadikan data administrasi di Direktorat Jenderal Pajak.


Karena termasuk sebagai identitas diri, NPWP sering dijadikan sebagai salah satu persyaratan administrasi untuk sejumlah pelayanan umum, di antaranya sebagai berikut.


  • Pengajuan aplikasi kartu kredit pada lembaga perbankan.

  • Pembuatan rekening tabungan.

  • Pembuatan paspor.

  • Pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).

  • Berinvestasi.


Perlukah NPWP untuk Buka Deposito?


Seperti yang telah dijelaskan di atas, NPWP adalah identitas diri yang kerap digunakan sebagai syarat administrasi pelayanan umum.


Namun, bagaimana dengan pembukaan deposito? Apakah NPWP juga dijadikan sebagai salah satu syarat buka deposito?


Pada dasarnya, penyertaan NPWP memang menjadi salah satu syarat administrasi dari lembaga perbankan, terutama bagi mereka yang termasuk beneficial owner (pemilik manfaat), seperti dewan komisaris, direksi, dan pemangku kepentingan lainnya pada sebuah korporasi.


Hal tersebut bukanlah sesuatu yang hanya ditetapkan oleh suatu lembaga perbankan secara sepihak.


Melainkan, memang sudah diatur oleh Peraturan Bank Indonesia Nomor 14/27/PBI/2012 Pasal 14 (2) tentang Penerapan Program Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme bagi Bank Umum.


Namun, bagi calon nasabah perorangan, NPWP bukan menjadi syarat mutlak untuk membuka deposito.


Meski terdapat beberapa bank mengharuskan NPWP sebagai syarat buka deposito, namun ada sebagian lainnya yang masih memberikan toleransi. Artinya, membuka deposito tanpa NPWP bukanlah hal yang tidak mungkin.



Buka Deposito Tanpa NPWP di DepositoBPR by Komunal, Praktis!


Emang bisa buka deposito tanpa NPWP? Eits, jangan salah! Kamu bisa buka deposito tanpa harus memiliki NPWP jika menggunakan DepositoBPR by Komunal, lho.


Yup, kehadiran DepositoBPR by Komunal tentu menjadi angin segar bagi kamu yang mau buka deposito secara praktis.


Untuk membuka deposito di Komunal, kamu hanya membutuhkan dua hal, yaitu foto KTP atau Kartu Tanda Penduduk serta foto selfie (swafoto).


Setelah itu, kamu bisa langsung membuat akun melalui website resmi atau aplikasi DepositoBPR by Komunal untuk mulai membuka deposito tanpa NPWP.


Platform ini juga akan meminta nasabah untuk mengisi data diri, informasi umum, alamat surat-menyurat, serta tanda tangan elektronik melalui Privy.ID guna melengkapi e-form pengajuan pembukaan deposito kepada pihak BPR.


Tenang, DepositoBPR by Komunal berkomitmen untuk menjaga keamanan data pribadi para pengguna melalui sejumlah upaya, seperti enkripsi data, perlindungan firewall & antivirus, pembatasan akses tim internal, hingga memilih server terpercaya dengan inspeksi dan back-up berkala.


Jika sudah selesai, kamu hanya perlu menunggu pengajuan pembukaan depositomu diverifikasi oleh pihak BPR dan Tim Komunal. Nggak makan waktu lama, kok, bahkan verifikasinya bisa selesai dalam kurun waktu 1x24 jam pada hari kerja.


Selesai, deh. Kamu bisa mulai memilih produk deposito, transaksi, dan melakukan pendanaan melalui DepositoBPR by Komunal!


Setelah menyimak ulasan di atas, kamu jadi tahu, kan, kalau ternyata buka deposito tanpa NPWP bukanlah hal yang tidak mungkin.


Yup, manfaatkan saja DepositoBPR by Komunal untuk memudahkanmu dalam membuka deposito tanpa NPWP!


Selain tidak perlu menyiapkan banyak dokumen, buka deposito di DepositoBPR by Komunal juga terasa #LebihPraktis karena kamu bisa mengakses ratusan produk deposito dari berbagai BPR yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.


Tak perlu khawatir, seluruh BPR yang terdaftar di platform kami sudah terseleksi secara ketat dan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Jadi, dana yang kamu tempatkan di di sini tentu #LebihAman.


Apalagi yang kamu tunggu? Yuk, kelola keuanganmu dan #MakinMaksimal bareng DepositoBPR by Komunal sekarang juga!


share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer