blog
DepositoBPR by Komunal
02 Oktober 2024
Perbedaan BPR dan bank umum terbilang cukup signifikan dalam hal kegiatan jasanya. Bank umum menyediakan jasa lalu lintas pembayaran dan transaksi giral, sedangkan BPR tidak memiliki kedua layanan tersebut.
Nah, untuk membantumu membandingkan BPR vs bank umum, artikel ini akan menjelaskan sejumlah perbedaannya, baik dari jenis layanan maupun fokus nasabahnya. Mari simak informasi lengkapnya di ulasan berikut ini.
Sebelum masuk ke pembahasan, kamu juga perlu tahu kalau investasi di DepositoBPR by Komunal juga semakin menguntungkan. Dengan mengikuti program “Ajak Teman Dapat Bonus”, kamu berkesempatan memperoleh cashback hingga Rp1,5 juta.
Perbedaan antara bank umum dan BPR mencakup sejumlah aspek yang membuat keduanya memiliki karakteristik berbeda. Berikut penjelasan lengkapnya:
BPR adalah bank konvensional atau syariah yang fokus pada pemberian kredit dan layanan keuangan untuk masyarakat kecil dan mikro. BPR sendiri memiliki batasan dalam hal jumlah aset dan jenis layanan yang dapat diberikan.
Adapun bank umum atau juga disebut bank komersial adalah bank konvensional atau syariah yang menjalankan kegiatan operasionalnya dengan memberikan jasa lalu lintas pembayaran. Bank umum juga menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan lalu memberikan pinjaman ke individu atau entitas lain yang membutuhkan dana.
Perbandingan BPR vs bank umum juga bisa dilihat jelas dari jenis layanan yang diberikan kepada nasabahnya. Fungsi BPR adalah menyediakan layanan keuangan untuk lapisan pertama masyarakat, sehingga mudah diakses masyarakat pedesaan atau daerah yang belum terjangkau bank umum.
Transaksi giral adalah salah satu aktivitas keuangan yang mencakup proses pengiriman dana antarpihak tanpa melibatkan penggunaan uang fisik. Dengan kata lain, pemindahan dana dilakukan secara digital atau elektronik. Jenis transaksi ini hanya bisa dilakukan oleh nasabah bank umum dan bukan menjadi cakupan tugas BPR.
Perbedaan BPR dan bank umum berikutnya adalah target nasabah. BPR adalah bank yang didesain dengan segmentasi pasar lebih kecil daripada bank umum.
Orientasi BPR adalah masyarakat sekitarnya atau nasabah skala mikro termasuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Hal ini membuat BPR dapat diakses dengan lebih mudah untuk memberikan pelayanan secara intensif.
Di sisi lain, bank umum memiliki cakupan dan jangkauan nasabah yang lebih luas. Orientasinya tidak terbatas pada wilayah maupun segmen pasar tertentu. Korporasi besar, usaha menengah, dan individu dengan skala keuangan tinggi bisa memanfaatkan jasa dan layanan bank umum.
Operasi BPR hanya untuk area lokal atau wilayah tertentu sehingga kebutuhan nasabah skala mikro dapat dipenuhi secara lebih intensif. Meskipun dengan modal terbatas, BPR diharapkan dapat menjadi lembaga keuangan yang mudah diakses oleh masyarakat.
Adapun bank umum memiliki skala operasi yang lebih besar dengan jangkauan luas dan kantor cabang tersebar di berbagai lokasi.
Dalam hal penyertaan modal, BPR memiliki keterbatasan yang lebih rendah dibandingkan bank umum. Pasalnya, penyertaan modal BPR dianggap sebagai kegiatan di luar aktivitas usaha bank. Sebaliknya, bank umum memiliki modal yang lebih besar.
Hal tersebut memungkinkan bank umum melakukan operasi usaha yang lebih luas dan beragam untuk pengembangan bisnisnya.
Nah, jika kamu tertarik untuk membuka rekening di BPR, DepositoBPR by Komunal bisa menjadi pilihan yang tepat. Investasi deposito di DepositoBPR by Komunal menawarkan banyak keuntungan dan penawaran menarik. Jadi, tak perlu ragu karena sudah pasti kamu #PilihYangTepat.
DepositoBPR by Komunal menawarkan bunga kompetitif hingga 6,75% per tahun. Keamanannya juga telah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) hingga Rp2 miliar per nasabah per bank. Ingin tahu simulasinya? Berikut contoh perhitungannya dengan nilai yang didepositkan Rp3.000.000.
Dari simulasi di atas, bisa dilihat kamu berkesempatan memperoleh keuntungan hingga Rp202.500 dengan tenor selama 12 bulan. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, buka rekening di DepositoBPR by Komunal sekarang juga!
Layanan Pengaduan Konsumen
PT. Komunal Sejahtera Indonesia
Telepon : (+62) 31 9921 0252
WhatsApp : +62-851-6310-6672
Email : [email protected]
Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI
WhatsApp : +62-853-1111-1010