Bagaimana Jika Deposito Tidak Diambil Setelah Jatuh Tempo?

blog

Bagaimana Jika Deposito Tidak Diambil Setelah Jatuh Tempo?

DepositoBPR by Komunal

21 November 2023

Deposito merupakan salah satu instrumen investasi yang banyak dipilih orang-orang saat ini. Banyak keuntungan yang bisa didapat dari deposito, salah satunya suku bunga yang relatif tinggi dibandingkan tabungan. Deposito juga menetapkan sistem tenor atau jangka waktu. Namun, bagaimana jika deposito tidak diambil setelah jatuh tempo?

Karena menggunakan jangka waktu, uang yang telah kamu setorkan baru bisa dicairkan saat jatuh tempo. Bank memberikan beragam tenor dari 1 hingga 24 bulan. Lalu, bagaimana jika kamu ingin melanjutkan deposito? Kamu bisa memilih Automatic Roll Over.


Untuk mengetahui risiko yang muncul jika deposito tidak diambil setelah masa jatuh tempo, kamu bisa menyimak ulasan di bawah ini!


Bagaimana Jika Deposito Tidak Diambil Setelah Jatuh Tempo?


Deposito adalah produk simpanan yang hanya dapat dicairkan atau ditarik dananya setelah jatuh tempo.


Namun, apakah ada risiko jika deposito tidak diambil setelah jatuh tempo? Sebenarnya tidak ada risiko apapun jika kamu tidak mencairkan deposito setelah jatuh tempo.


Kamu tetap bisa mencairkan dana depositomu setelah jatuh tempo secara tunai setelah mengikuti ketentuan yang berlaku. Namun, kamu akan dikenakan potongan pajak atau biaya administrasi sesuai kebijakan masing-masing pihak bank.


Hal yang harus kamu perhatikan adalah jika mengambilnya sebelum jatuh tempo. Banyak risiko mengintai apabila kamu mencairkan deposito sebelum jatuh tempo. Simak penjelasannya berikut ini.



Bagaimana Jika Deposito Diambil Sebelum Jatuh Tempo?


Pencairan deposito sebelum jatuh tempo adalah mengambil dana sebelum jangka waktu yang ditetapkan bank. Kamu mungkin bisa mencairkan deposito sebelum tenor, tetapi tentu saja ada risiko yang perlu diperhatikan.

1. Penalti dari Bank


Jika kamu mencairkan deposito sebelum jatuh tempo, pihak bank bisa memberikan penalti berupa denda berdasarkan persentase dana yang dicairkan sebelum jatuh tempo.


Penalti yang diberikan bank ini bertujuan untuk membayar kerugian bank atas pencairan deposito sebelum jatuh tempo yang kamu ajukan.


2. Turunnya suku bunga


Risiko yang kamu dapatkan jika menarik deposito sebelum jangka waktu yang ditentukan adalah turun atau hilangnya suku bunga.


Deposito menawarkan suku bunga tinggi sebagai salah satu keunggulan untuk menarik nasabah mendepositkan uangnya.


Lalu, bagaimana jika kamu mengambil deposito sebelum jatuh tempo? Kamu bisa saja kehilangan suku bunga yang dijanjikan.


Setelah melihat penjelasan di atas, kamu harus cermat dalam mengelola deposito. Daripada mengambil deposito setelah jatuh tempo, kamu bisa memilih perpanjangan deposito secara otomatis yang tentu saja memberikan banyak keuntungan.


Bagaimana Cara Mendapatkan Keuntungan Lebih Setelah Deposito Jatuh Tempo?


Kamu bisa menggunakan fitur Automatic Roll Over (ARO) deposit agar mendapatkan keuntungan lebih karena tidak perlu mengambil deposito saat jatuh tempo.


Jika kamu menggunakan fitur ini, bank akan secara otomatis mengakumulasikan dana deposito dengan jangka selanjutnya sampai kamu menarik deposito.


Misalnya, kamu memilih deposito berjangka 24 bulan. Jika menggunakan fitur ARO, maka jangka waktumu akan diperpanjang otomatis selama 24 bulan ke depan. Bunga yang kamu dapatkan juga berlanjut meskipun secara teknis jangka waktu sebelumnya telah habis.


ARO deposito juga bisa dibatalkan apabila kamu tidak ingin memperpanjang deposito. Uang yang telah kamu depositkan akan tetap bisa diambil meskipun kamu membatalkan ARO.


Bagaimana? Apakah kamu akan mengambil deposito sebelum, sesudah, atau mengajukan ARO? Jangan lupa pertimbangkan kembali sebelum mencairkan deposito kamu agar tidak rugi nantinya.


Maka dari itu, agar deposito kamu tetap cuan, kamu bisa memanfaatkan fitur ARO deposito di DepositoBPR by Komunal. Banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan, di antaranya:


  1. 1.

    Tidak perlu mengembalikan bilyet fisik.


  1. 2.

    Mendapatkan bunga secara rutin.


  1. 3.

    Aman dan terjamin.


  1. 4.

    Mendapatkan bunga lebih tinggi dari Bank lain.


  1. 5.

    Dapat mengembangkan keuangan secara jangka panjang.


Tunggu apalagi? Kamu bisa dapatkan keuntungan berlebih dengan mengaktifkan fitur ARO deposito di DepositoBPR by Komunal sekarang. Yuk, kembangkan uangmu di DepositoBPR by Komunal agar #LebihUntung!


Baca juga: Apakah Deposito Aman? Ketahui Untung Ruginya di Sini!

share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer