Apakah Deposito Aman? Ketahui Untung Ruginya di Sini!

blog

Apakah Deposito Aman? Ketahui Untung Ruginya di Sini!

DepositoBPR by Komunal

29 Oktober 2023

Walaupun belakangan ini ramai diperbincangkan, masih banyak yang bertanya apakah deposito aman.


Deposito adalah produk simpanan berjangka pada suatu bank dengan ketentuan penarikan yang tidak bisa dicairkan secara fleksibel.

Berbeda dengan tabungan reguler, deposito memiliki syarat penarikan yang hanya dapat dilakukan sesuai kesepakatan awal, misalnya dalam 1, 3, 6, atau 12 bulan.


Walau demikian, banyak masyarakat memilih deposito sebagai instrumen investasi reliable karena dipercaya memiliki bunga yang lebih besar dibandingkan tabungan.


Namun, mari kita kembali ke pertanyaan, apakah deposito aman? Dan, siapakah yang bisa menjamin instrumen investasi satu ini?


Untuk menjawab deposito aman atau tidak, mari simak pembahasan pada artikel di bawah ini.


Apakah Deposito Aman?


Pada dasarnya, deposito merupakan salah satu fasilitas bank yang berbeda dengan tabungan debit secara umum.


Deposito adalah produk simpanan pada suatu bank yang ketentuan penyetoran dan penarikannya terbatas.


Biasanya, orang melakukan investasi deposito untuk mendapatkan suku bunga yang relatif besar setelah mencapai jangka waktu tertentu.


Untuk menjawab apakah deposito aman, ada baiknya kamu melakukan survei kecil-kecilan agar mengetahui reputasi bank penyedia produk simpanan tersebut.


Umumnya, penyedia layanan harus sudah tercatat dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Serta, proses deposito mestinya dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).


Bila sudah memastikan bahwa bank mendapatkan penjaminan dari LPS serta tercatat dan diawasi oleh OJK, kamu tidak perlu khawatir lagi terhadap pertanyaan, apakah deposito aman atau tidak?


Kelebihan Deposito


Selain pelaksanaannya yang dijamin oleh LPS agar memastikan nasabahnya tidak merugi ketika bank mengalami kebankrutan, deposito memiliki beberapa kelebihan lainnya.


Supaya menjawab apakah deposito aman, ada beberapa pertimbangan menarik bagi kamu yang ingin berinvestasi, di antaranya yakni:


1. Alternatif Menabung dengan Cepat


Salah satu keunggulan deposito adalah mampu memudahkan nasabahnya dalam proses menabung.


Walaupun dana tidak dapat dicairkan sewaktu-waktu, deposito memberikan pilihan jangka waktu untuk menjadikan proses menabung lebih bertarget.


Bahkan, limitasi dalam pencairan dana tersebut justru memberi keuntungan bagi nasabah untuk tidak tergoda menggunakan simpanannya.



2. Bunga Lebih Besar dari Tabungan


Pertimbangan apakah deposito aman berikutnya adalah karena bunganya lebih besar dari tabungan yang biasanya dimiliki orang.


Umumnya, semakin lama jangka waktu yang ditetapkan, semakin besar pula suku bunga yang akan didapatkan.


Bahkan, terdapat simulasi deposito yang bisa dipakai untuk mengira-ngira estimasi pendapatan yang akan kamu peroleh dalam jangka waktu tertentu.


Bila konsisten, nasabah akan merasakan keuntungan dari sekadar menyetor tabungan menggunakan opsi deposito.


3. Risiko yang Lebih Rendah


Berbicara mengenai risiko investasi, apakah deposito aman? Ternyata, deposito justru memiliki risiko yang lebih rendah dari instrumen investasi lainnya.


Pasalnya, dilansir dari situs lps.go.id, uang yang disetorkan di bank akan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan hingga 2 miliar dengan suku bunga maksimal 6,75% bila terjadi hal yang tidak diinginkan.

Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri mengapa deposito marak dipilih oleh banyak orang saat ini.


4. Pendapat Per Tenor


Berbeda dengan produk simpanan lainnya, deposito memberikan kepastian nasabahnya untuk mendapat sejumlah keuntungan tertentu.


Kembali menjawab apakah deposito aman, kamu bisa menyetor kembali atau mentransfer ke rekeningmu untuk mengambil keuntungan.


Deposito layak menjadi opsi untuk memberikan tambahan modal usaha dengan menunggu suku bunga cair sesuai tenor yang dipilih.


Kekurangan Deposito


Tentunya, setiap produk simpanan pada bank memiliki kelebihan maupun kekurangan masing-masing.


Dengan kata lain, meskipun diyakini sebagai instrumen yang relatif aman, bukan berarti deposito tidak memiliki risiko sama sekali.


Beberapa hal berikut bisa menjadi pertimbangan bagi kamu untuk menjawab apakah deposito aman atau tidak.


1. Terpengaruh Inflasi


Inflasi merupakan kondisi di mana harga barang atau jasa di pasaran memiliki kecenderungan naik yang turut berdampak pada deposito.


Salah satu kekurangan deposito adalah simpanan yang amat bergantung dengan biaya pajak. Pajak yang ditetapkan untuk deposito adalah sebesar 20% dari bunga.


Maka dari itu, kamu perlu menyiasati strategi investasi dengan memperhatikan kesehatan perekonomian Indonesia terlebih dahulu supaya mendapat keuntungan yang maksimal.



2. Keuntungan yang Tidak Seagresif Instrumen Investasi High Risk


Semua instrumen investasi masih sejalan dengan istilah ‘high risk, high return’. Dengan kata lain, risiko rendah pada deposito akan menghasilkan keuntungan yang tidak seagresif instrumen investasi high risk.


Terkadang, keuntungan didapatkan dari deposito tidak sebanding dengan dana awal yang disetorkan.


Oleh karena itu, deposito memang tidak baik bila dijadikan sebagai sumber utama penghasilan atau investasi karena perlunya konsistensi dan waktu yang relatif lama.


3. Penarikan Uang Simpanan Tidak Fleksibel


Dengan ketentuan yang disepakati di awal, nasabah tidak dapat menarik uang simpanan sewaktu-waktu.


Artinya, ketika kamu memilih deposito jangka waktu 3 bulan, maka kamu tidak akan bisa mencairkan dana tersebut hingga mencapai tenornya.


Maka dari itu, sebaiknya kamu memisahkan tabungan dari deposito, dan bila perlu mengalokasikan sebagian pendapatanmu untuk dana darurat.


Demikian penjelasan lengkap mengenai apakah deposito aman atau tidak yang ditimbang dari sisi kelebihan dan kekurangannya.


Sebagian orang percaya bahwa melakukan deposito bisa membantu proses menabung karena pendapatan per tenor yang akumulatif.


Sejalan dengan hal tersebut, deposito aman dan menguntungkan bagi kamu yang ingin mencari instrumen investasi jangka pendek bagi pemula.


Nah, kamu tidak perlu lagi khawatir di mana memilih tempat deposito yang aman untuk meraup hasil berlipat-lipat, karena ada DepositoBPR by Komunal.

Selain dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), seluruh produk deposito BPR yang tersedia di DepositoBPR by Komunal juga menawarkan imbal hasil tinggi hingga mencapai 6,75% p.a!

So, tunggu apalagi? Yuk, raih cuan dan jadilah jutawan muda bersama DepositoBPR by Komunal, dijamin #LebihUntung dan #LebihAman!



share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer