Angel Investor: Pengertian, Peran, Jenis & Cara Mendapatkan

blog

Angel Investor: Pengertian, Peran, Jenis & Cara Mendapatkan

DepositoBPR by Komunal

30 November 2023

Angel investor adalah individu atau sekelompok orang yang membantu memberikan modal kepada perusahaan. Pada umumnya, investor ini memberikan modal untuk perusahaan rintisan atau bisnis yang baru tumbuh. Tidak mengherankan jika banyak owner mencari angel investor untuk pendanaan startup mereka.

Sebetulnya, angel investor bisa dicari dari kerabat dekat, seseorang dengan kekayaan bersih tinggi, organisasi, hingga melalui crowd funding. Yuk, baca ulasan ini sampai akhir untuk mengetahui informasi mengenai angel investor selengkapnya!


Apa itu Angel Investor?


Secara umum, angel investor atau investor malaikat adalah seseorang atau sekelompok orang yang memberikan modal ke perusahaan rintisan atau pebisnis baru. Umumnya, investor ini memberikan modal supaya bisa memegang saham di perusahaan.


Secara umum, investor ini bisa hanya memberikan modal di awal saja. Namun, mereka juga dapat melanjutkan dukungan finansialnya untuk membantu mengembangkan perusahaan tersebut.


Kemungkinan, investor berharap mendapatkan imbal balik lebih tinggi dari pemberian dana ke perusahaan dibandingkan dengan investasi di pasar saham. Tak hanya itu, mereka mungkin juga ingin membantu pengusaha pengusaha muda untuk menjalankan bisnisnya.


Karakteristik Angel Investor


Pada dasarnya, angel investor adalah individu atau kelompok yang dianggap sangat membantu perusahaan rintisan dan pebisnis muda. Dengan membantu secara finansial, mereka juga akan mendapatkan keuntungan personal. Adapun karakteristik selengkapnya adalah sebagai berikut.


  • Mampu memberi investasi ketika perusahaan sulit mendapat modal pada tahap awal pengembangan.

  • Berani mengambil risiko tinggi karena memutuskan berinvestasi kepada bisnis yang tergolong baru.

  • Selalu mencari keuntungan dari memberikan modal usaha. Dalam hal ini, kebanyakan mereka mencari keuntungan jangka panjang.

  • Pendanaan biasanya bersumber dari kekayaan sendiri.


Perbedaan Angel Investor dan Venture Capital


Seperti disinggung sebelumnya, angel investor adalah salah satu sumber funding startup. Selain itu, sumber pendanaan lainnya bagi perusahaan rintisan adalah venture capital. Lantas, apa perbedaannya? Yuk simak penjelasan berikut ini.


1. Sumber dana


Dalam hal ini, venture capital menggunakan dana orang lain, sedangkan investor malaikat berinvestasi dengan uangnya sendiri.


2. Jumlah dana


Adapun investor malaikat biasanya menambahkan dana yang dimiliki pebisnis, sedangkan venture capital memberi lebih banyak uang. Pada umumnya, mereka mengeluarkan uang lebih karena mendanai startup yang besar.


3. Pengaruh dalam perusahaan


Pada umumnya, venture capital berpengaruh dalam penentuan langkah operasional usaha. Sementara, investor malaikat cenderung lepas tangan dalam pengambilan keputusan.


4. Waktu pendanaan


Biasanya, venture capital mendanai perusahaan yang sudah terbukti, sedangkan investor malaikat berinvestasi pada bisnis rintisan.


Peran Angel Investor pada Perusahaan Rintisan


Angel investor adalah seseorang yang berperan penting dalam tahap awal pembangunan perusahaan rintisan. Adapun beberapa perannya pada perusahaan rintisan adalah sebagai berikut.


  • Menjadi sumber modal awal suatu perusahaan rintisan.

  • Menjadi mentor yang memberi masukan dengan pengalaman dan keterampilannya, terutama pada tahap pengembangan awal.

  • Menjadi penghubung dengan orang lain karena biasanya mempunyai jaringan yang luas.

  • Menjadi investor yang sabar membantu dan menunggu usahanya berjalan. Sebagai investor, mereka sangat ingin perusahaan sukses.

Keuntungan dan Kekurangan dari Angel Investor


Setiap hal memiliki kelebihan dan kekurangan. Hal ini juga berlaku untuk startup yang mengandalkan dana dari investor. Pertama-tama, keuntungan mendapat investor adalah sebagai berikut.


  • Risikonya sedikit karena tidak perlu mengembalikan dananya, melainkan mereka minta memegang saham di perusahaan.

  • Seperti disinggung sebelumnya, kamu bisa mendapatkan bimbingan dari investor sebagai mentor bisnis.

  • Jika mendapat investor ternama, perusahaanmu akan lebih tervalidasi oleh masyarakat.

Setelah mengetahui keuntungannya, kamu juga perlu tahu apa kekurangan mengandalkan investor malaikat untuk mendanai perusahaan rintisan. Kemungkinan, inilah kekurangan yang dapat dirasakan.


  • Saham yang dimiliki founder lebih sedikit karena sebagian diberikan ke investor.

  • Karena sudah didanai, timbul tambahan rasa tekanan pada pendirinya.

  • Walau tidak selalu terlibat dalam pengambilan keputusan, investor biasanya ingin mengetahui langkah-langkah operasional dan ikut memberi masukan.

Jenis-Jenis Angel Investor


Karena bersumber dari harta pribadi, investor harus memiliki jumlah kekayaan bersih yang tinggi. Biasanya, investor setidaknya mendapatkan penghasilan 200.000 USD atau sekitar 3 miliar di dua tahun terakhir. Adapun investor ini dapat ditemukan melalui empat sumber berbeda. Berikut ini adalah keempat jenisnya:


  • Orang dengan kekayaan bersih yang tinggi. Umumnya, mereka adalah pebisnis, dokter, atau pengacara.

  • Teman dan keluarga.

  • Organisasi yang bergerak sebagai angel investor.

  • Crowdfunding.


Contoh Angel Investor di Indonesia


Di Indonesia, terdapat beberapa individu yang sudah dikenal sebagai investor. Dengan bantuan mereka, beragam perusahaan startup telah sukses. Berikut ini adalah beberapa contoh investor malaikat di Indonesia:


  • Ben Soebiakto, co-founder dan CEO Samara Media & Entertainment.

  • Sajid Rahman, co-founder dan CEO Digital Healthcare Solution.

  • Grace Tahir, co-founder PT Silikon Digital Indonesia.

  • Shinta Dhanuwardoyo, founder dan CEO Bubu.com.

  • Victor Fungkong, CEO PT Indonusa Dwitama.

  • Amir Sambodo, mantan CEO Berau Coal.

Cara Mendapatkan Angel Investor


Jika ingin mendapatkan investor untuk pendanaan bisnismu, kamu harus mempersiapkan ide yang sudah cukup matang. Dengan begitu, investor akan melihat potensi startup dan berkeinginan untuk mendanai modal awalnya. Untuk selengkapnya, cara mendapatkan investor ini adalah sebagai berikut:


  • Buat rencana bisnis dengan matang agar dilirik investor. Biar mudah menyampaikan idenya, kamu bisa buat dalam bentuk presentasi.

  • Mencari investor di sekitar lingkungan terdekat mu terlebih dahulu, setidaknya berada pada kota yang sama.

  • Targetkan individu atau kelompok yang berpengalaman menjadi investor. Namun, kamu juga harus mengetahui apakah mereka masih ingin menjadi investor.

  • Gunakan media sosial untuk mencari investor terbaik.

  • Cari investor paling potensial, seperti dari alumni universitas atau punya hobi yang sejalan dengan ide bisnis.

  • Riset bagaimana cara investor mendanai modal awal usahanya.

  • Pastikan punya pengacara untuk membantu dalam menetapkan kerja sama dengan investor. Dalam hal ini, kamu harus menetapkan persyaratan dan menjelaskan perannya dengan jelas.


Demikian sejumlah informasi mengenai angel investor. Setelah mengetahui informasi tersebut, apa kamu tertarik mencari atau menjadi investor?


Well, apa pun pilihannya, kamu harus mengelola keuangan dengan bijak. Agar pengelolaannya lancar, kamu bisa mulai memisahkan keuangan untuk bisnis dan pribadi terlebih dahulu.


Dalam hal ini, kamu bisa mengelola keuangan pribadi dengan baik melalui pembukaan rekening deposito di DepositoBPR by Komunal. Mengapa demikian? Pasalnya, DepositoBPR by Komunal menawarkan suku bunga yang lebih tinggi daripada bank lainnya, yaitu hingga 6.75% per tahun.


Jangan khawatir, jumlah ini sudah sesuai dengan ketentuan dari LPS sehingga dana yang disimpan terjamin aman. Tidak hanya itu, DepositoBPR by Komunal juga sudah tercatat dan diawasi OJK sehingga simpanan depositonya terlindungi dengan baik.


Oleh karena itu, yuk segera kembangkan uangmu dan nikmati #SimpananRasaInvestasi di DepositoBPR by Komunal!



share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer