Begini 6 Tips Mengumpulkan Tabungan Kurban, Yuk Terapkan!

blog

Begini 6 Tips Mengumpulkan Tabungan Kurban, Yuk Terapkan!

DepositoBPR by Komunal

23 Januari 2024

Bagi umat muslim, menyembelih hewan ternak pada hari raya Iduladha atau berkurban merupakan salah satu bentuk ibadah yang dianjurkan. Mengingat harga hewan ternak yang digunakan untuk berkurban tidak murah, menyisihkan uang untuk tabungan kurban menjadi langkah bijak dalam melaksanakan ibadah tersebut.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menyiapkan tabungan kurban adalah dengan memisahkan rekening khusus. Dengan begitu, dana untuk kebutuhan sehari-hari jadi tidak terganggu.


Mau tahu tips menabung untuk kurban selengkapnya? Yuk, simak pembahasan berikut ini sampai tuntas!


Berapa Tabungan Kurban yang Perlu Dikumpulkan?


Meski tidak diwajibkan, berkurban mengandung nilai tersendiri bagi umat muslim karena memiliki tujuan baik, yaitu untuk bersedekah dan berbagi ke sesama.


Namun, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan jika ingin berkurban pada hari raya Iduladha, salah satunya adalah menyiapkan tabungan. Kamu mungkin bertanya-tanya, lantas, berapa tabungan kurban yang perlu dikumpulkan?


Well, hewan ternak yang umum dikurbankan di Indonesia adalah sapi, kambing, dan domba. Ketiga jenis hewan ternak ini memiliki harga yang cenderung naik setiap tahunnya.


Di tahun 2023, harga satu ekor sapi berkisar antara Rp15 juta–Rp60 juta, sesuai dengan jenis, kualitas, dan beratnya. Sementara itu, harga domba dan kambing relatif lebih murah, yaitu sekitar Rp1,5 juta–Rp5 juta per ekor.


Jadi, kamu disarankan untuk mengumpulkan tabungan kurban sesuai dengan jenis hewan ternak tersebut. Perlu diingat juga, pastikan dana yang disisihkan untuk tabungan kurban sesuai dengan kemampuan finansialmu, ya.




Tips Menabung untuk Kurban yang Dapat Dilakukan


Kamu mau menabung untuk kurban? Eits, tunggu dulu. Agar persiapan finansialnya lebih matang, ada beberapa cara menabung untuk berkurban yang perlu kamu perhatikan. Berikut penjelasan selengkapnya.


1. Menentukan Jenis Hewan untuk Kurban


Cara menabung qurban yang pertama adalah menentukan jenis hewan ternaknya terlebih dahulu. Seperti yang telah dijelaskan, hewan kurban memiliki harga yang berbeda-beda tergantung dengan jenis dan beratnya.


Hal ini tentu dapat membantumu untuk menetapkan target nominal tabungan yang sesuai dengan harga jenis hewan kurban serta kemampuan finansial.


2. Menetapkan Target Tabungan yang Lebih Besar dari Tahun Lalu


Cara menabung untuk kurban selanjutnya adalah dengan menetapkan target tabungan yang lebih besar dari tahun lalu. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi harga hewan kurban yang cenderung naik setiap tahunnya.


Misalnya, jika satu kambing yang ditargetkan pada tahun ini seharga Rp3 juta, maka kamu bisa menyisihkan tabungan kurban untuk tahun depan sekitar Rp3,5 juta.


3. Menyiapkan Rekening Khusus untuk Tabungan Kurban


Tidak kalah penting, kamu juga perlu menyiapkan rekening khusus untuk memisahkan tabungan kurban dengan kebutuhan sehari-hari.


Di samping memudahkanmu untuk melakukan budgeting dan memantau dananya, rekening yang terpisah ini juga bisa membuatmu tidak mudah tergoda menggunakan tabungan kurban untuk keperluan lain.


4. Menyisihkan THR dan Bonus Tahunan


Pada dasarnya, mengumpulkan tabungan kurban perlu dilakukan dengan menyisihkan sebagian gaji bulanan secara rutin.


Namun, jika gaji bulananmu tidak cukup untuk disisihkan ke dalam tabungan kurban, cobalah manfaatkan THR dan bonus yang diberikan perusahaan setiap tahunnya.


Selain itu, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan penghasilan tambahan lainnya, seperti pemasukan dari freelance, bisnis online shop, dan lain sebagainya. Dengan cara ini, kamu bisa mencapai target tabungan untuk kurban lebih cepat!


5. Memanfaatkan Instrumen Investasi


Memanfaatkan instrumen investasi juga bisa menjadi langkah bijak untuk mengumpulkan tabungan kurban yang bisa kamu lakukan.


Pasalnya, menempatkan dana pada instrumen investasi membuatmu tidak bisa mencairkan uangnya secara mendadak. Bahkan, dananya juga bisa bertambah karena adanya nisbah dari instrumen investasi terkait.


Salah satu instrumen investasi yang direkomendasikan untuk tabungan kurban adalah deposito syariah. Pasalnya, deposito syariah merupakan jenis investasi yang sesuai dengan prinsip Islam dan menawarkan imbal hasil cenderung stabil.


Berbicara mengenai deposito syariah, kamu bisa mencarinya dan melakukan penempatan melalui DepositoBPR by Komunal.

DepositoBPR by Komunal merupakan platform yang menyediakan produk deposito syariah BPRS, sehingga menawarkan imbal hasil atau nisbah yang tinggi, hingga 6,75% per tahun!


Selain itu, kamu juga bisa melakukan penempatan deposito dengan #LebihPraktis karena DepositoBPR by Komunal memfasilitasi pembuatan akun secara online hingga pengiriman dan pengembalian bilyet deposito tanpa biaya tambahan apa pun.


6. Mengikuti Program Arisan Kurban


Last but not least, kamu pun bisa mengikuti program arisan kurban agar bisa mencapai tujuanmu melaksanakan kurban di tahun depan.


Caranya pun terbilang praktis, cukup berpartisipasi dengan mengunjungi masjid-masjid terdekat yang menyediakan program arisan kurban.


Setelah itu, kamu akan diarahkan untuk membayar iuran secara rutin dan menunggu giliran mendapat arisan yang bisa digunakan membeli hewan kurban.


Itu dia penjelasan lengkap mengenai tips mengumpulkan tabungan untuk kurban yang bisa dilakukan. Pada intinya, kamu perlu memiliki niat dan keinginan yang kuat agar bisa mengumpulkan tabungan secara konsisten.


Untuk membantu menyisihkan tabungan kurban, jangan ragu melakukan penempatan deposito syariah melalui DepositoBPR by Komunal, ya! Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan kemudahan dan keuntungan yang lebih stabil.


Yuk, nikmati #SimpananRasaInvestasi dan #PilihYangTepat dengan DepositoBPR by Komunal sekarang!



share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer