Pengaruh BI Rate Terhadap Suku Bunga Deposito, Sudah Tahu?

blog

Pengaruh BI Rate Terhadap Suku Bunga Deposito, Sudah Tahu?

DepositoBPR by Komunal

30 November 2023

Sebagai investor, sudahkah kamu tahu apa pengaruh BI rate terhadap suku bunga deposito? Sejak Januari 2023 lalu, Bank Indonesia (BI) resmi memutuskan untuk menaikkan suku bunga acuannya sebesar 25 basis poin, dari yang sebelumnya 5,75% kini menjadi 6%.


Keputusan ini dilakukan dalam upaya untuk memperkuat nilai tukar rupiah dan mengontrol tingkat inflasi di Indonesia. Meski demikian, perubahan BI rate ini juga membawa dampak yang signifikan terhadap instrumen investasi, terutama suku bunga deposito.

Mari simak apa saja pengaruh BI rate terhadap suku bunga deposito dan instrumen investasi lainnya di bawah ini.


Pengaruh BI Rate Terhadap Suku Bunga Deposito


Kenaikan BI rate berpotensi diikuti oleh kenaikan Suku Bunga Penjaminan yang ditetapkan oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Proyeksi menunjukkan bahwa Bunga Bank Umum dapat meningkat dari 4,25% menjadi 4,5%, sedangkan Bunga Bank Perekonomian Rakyat (BPR) dapat naik dari 6,75% menjadi 7%.


Head of Marketing Deposito BPR, Vera Rosana, menyatakan bahwa kenaikan suku bunga deposito dapat menjadi motivasi bagi masyarakat untuk meningkatkan simpanan mereka di bank. Jika prediksi ini terwujud, maka deposito BPR dapat memberikan keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya.


Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengaruh BI rate terhadap suku bunga deposito adalah positif karena bermanfaat bagi nasabah.


Pengaruh BI Rate Terhadap Suku Bunga Investasi Lain


Jika sebelumnya kita sudah membahas pengaruh BI rate terhadap suku bunga deposito, lantas, bagaimana dengan instrumen investasi lainnya? Pada dasarnya, kenaikan suku bunga deposito bank juga berpotensi memengaruhi instrumen investasi lainnya, seperti obligasi dan reksa dana. Berikut penjelasannya.


1. Obligasi


Kenaikan suku bunga deposito dapat memengaruhi minat masyarakat pada instrumen obligasi, terutama obligasi pemerintah. Jika bunga deposito lebih tinggi dari kupon return obligasi, maka masyarakat akan cenderung memilih deposito yang menawarkan keamanan dan return yang lebih tinggi.


2. Reksa Dana


Instrumen investasi, seperti Reksa Dana Pendapatan Tetap (RDPT) dan Reksa Dana Pasar Uang (RDPU) juga diprediksi akan terdampak. Bunga deposito yang bersaing dengan tingkat return reksa dana bisa membuat masyarakat beralih ke deposito untuk mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi.



Strategi Menghadapi Dampak Perubahan BI Rate


Dalam menghadapi dampak perubahan BI rate yang sulit diprediksi, masyarakat disarankan untuk melakukan diversifikasi portofolio investasi. Diversifikasi menjadi solusi terbaik, di mana masyarakat tidak hanya mengandalkan satu jenis instrumen investasi saja. Lebih lanjut, Vera juga menekankan pentingnya mengelola risiko portofolio investasi dengan bijak.


Strategi diversifikasi ini juga akan membantu mengurangi dampak perubahan suku bunga terhadap seluruh portofolio, sehingga investor dapat lebih efektif mengatasi fluktuasi pasar.


Aplikasi DepositoBPR by Komunal, Solusi Praktis untuk Diversifikasi


Untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan diversifikasi investasi, aplikasi DepositoBPR by Komunal hadir sebagai solusi. Aplikasi ini menjadi marketplace yang menyediakan produk Deposito BPR dari lebih dari 200 BPR terseleksi di seluruh Indonesia.


Melalui aplikasi DepositoBPR by Komunal, masyarakat dapat dengan mudah melakukan diversifikasi ke produk simpanan dengan keamanan terjamin dan potensi keuntungan yang cukup tinggi.


Dengan hanya satu kali pendaftaran melalui aplikasi, masyarakat dapat menempatkan deposito di ratusan BPR dengan lebih praktis.


Vera menegaskan bahwa seluruh BPR yang tergabung sebagai peserta penjaminan LPS memberikan keamanan dan penawaran bunga deposito yang sesuai dengan ketentuan LPS.


Keamanan deposito BPR terjamin karena telah mendapat perlindungan penjaminan dari LPS hingga Rp 2 miliar per nasabah per bank. Jadi, masyarakat tidak perlu khawatir dalam melakukan diversifikasi investasi ke produk Deposito BPR.


Dengan aplikasi DepositoBPR by Komunal, masyarakat dapat dengan mudah dan praktis melakukan diversifikasi investasi ke produk Deposito BPR, merasakan keuntungan yang kompetitif, serta mengelola risiko portofolio mereka secara efektif.


Selain itu, dengan penawaran bunga deposito yang tinggi dan kemudahan diversifikasi melalui aplikasi DepositoBPR by Komunal, masyarakat juga diharapkan dapat lebih percaya diri dan nyaman dalam mengelola portofolio investasi mereka di tengah perubahan kondisi pasar yang dinamis.


Jadi, tunggu apa lagi? Yuk gunakan DepositoBPR by Komunal sekarang juga supaya bisa merasakan #SimpananRasaInvestasi!


Kamu juga bisa berdiskusi dan berbagi informasi terkini seputar deposito BPR bersama pengguna lainnya dengan bergabung komunitas DepositoBPR by Komunal di aplikasi Telegram.


share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer