4 Mindset Menabung untuk Membantu Meraih Life Goal

blog

4 Mindset Menabung untuk Membantu Meraih Life Goal

DepositoBPR by Komunal

21 Agustus 2024

Mindset menabung merupakan suatu hal yang perlu diterapkan sedini mungkin. Dengan memiliki mindset menabung yang tepat, maka kamu bisa secara konsisten untuk menabung sehingga bisa meraih life goal.


Perlu diketahui, sama seperti mindset orang sukses, sifat disiplin dan konsisten merupakan hal penting dalam mindset menabung, seperti yang dikatakan Samuel Rey. Buat kamu yang masih belum tahu apa saja mindset menabung, simak artikel ini sampai akhir.

Mindset Menabung yang Perlu Dibiasakan


Kemerdekaan finansial merupakan salah satu life goal yang ingin dicapai banyak orang. Untuk dapat mencapai hal tersebut, ada banyak hal yang perlu kamu lakukan, salah satunya adalah menabung. Membangun kebiasaan menabung bisa menjadi modal awal yang bagus untuk meraih life goal.


Selain konsisten dan disiplin, kamu juga perlu memiliki mindset menabung yang tepat agar kegiatan menabung bisa berjalan lebih efektif dan efisien. Adapun beberapa mindset menabung yang perlu dibiasakan sejak dini adalah sebagai berikut.


1. Jangan Menunggu Mempunyai Banyak Uang


Menabung itu bukan hanya soal nominal, tapi juga tentang konsistensi dan sifat disiplin. Di masyarakat luas, sering kali ditemui pemikiran bahwa menabung dalam nominal kecil itu kurang berguna. Jadi, lebih baik menabung ketika memiliki banyak uang saja sehingga nominal tabungannya akan tinggi. Pemikiran tersebut tentunya kurang tepat.


Tetaplah menabung walau nominalnya kecil. Pada awal berkarir, tentunya uang yang dihasilkan tidak banyak, sehingga nominal uang yang ditabungkan pun jadi rendah. Namun, hal tersebut tidak masalah karena seiring berjalannya waktu karir kamu pasti akan berkembang. Semakin berkembangnya karir, maka penghasilanmu juga akan meningkat.


Maka dari itu, biasakanlah menabung walau nominalnya sedikit. Mindset menabung yang satu ini dapat membangun kebiasaan menabung yang bagus. Di saat penghasilanmu tinggi, kamu tidak akan lupa untuk menabung karena sudah terbiasa menabung sejak berpenghasilan rendah.

Jika tidak dibiasakan menabung sejak berpenghasilan kecil, maka ketika penghasilanmu tinggi, kamu akan cenderung menghabiskan uang tersebut tanpa menabung karena sebelumnya kebiasaan tersebut memang tidak ada.



2. Tidak Harus Dalam Bentuk Uang


Perlu diingat, menabung tidak harus dalam bentuk uang. Selain menabung uang, kamu juga bisa menabung juga bisa dalam bentuk lain, seperti emas contohnya. Emas bisa menjadi instrumen menabung yang baik karena memiliki nilai yang stabil serta tidak terlalu terpengaruh dengan inflasi. Selain emas, kamu juga bisa menabung dalam bentuk deposito.


Deposito merupakan salah satu jenis investasi yang bisa kamu jadikan tabungan. Deposito termasuk dalam investasi dengan risiko kecil sehingga cocok buat kamu yang baru saja mengenal investasi. Salah satu deposito paling menguntungkan yang bisa kamu coba adalah DepositoBPR by Komunal.

DepositoBPR by Komunal menawarkan bunga yang lebih tinggi dari produk deposito lain, sehingga akan lebih menguntungkan. Maka dari itu, DepositoBPR by Komunal bisa menjadi pilihan utamamu ketika hendak memulai investasi.


3. Menabung Itu Bukan Beban


Mindset menabung selanjutnya yang perlu kamu terapkan adalah menabung itu bukan beban. Terlalu memaksakan diri dalam menabung bukanlah hal baik karena akan membuat dirimu merasa kalau menabung adalah sebuah beban. Jadi, bangunlah kebiasaan menabung tanpa perlu membuat diri sendiri merasa terbebani.


Bangun kebiasaan menabung sefleksibel mungkin, dengan begitu kamu akan bisa dengan mudah menjalaninya. Agar tidak merasa terbebani, kamu bisa menerapkan persentase yang rendah jika pertama kali menabung, misal kamu bisa menerapkan persentase tabungan sebesar 10% dari penghasilan. Ketika menganggap bahwa menabung bukanlah suatu beban, maka kamu akan dapat lebih mudah mencapai tujuan menabung, yakni untuk meraih life goal.


4. Buat Skala Prioritas


Skala prioritas bisa membantu kamu dalam mengontrol keuangan sehingga alokasi dana untuk menabung bisa terjaga. Dengan skala prioritas, kamu juga bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Jika mampu membedakan kedua hal tersebut, maka kondisi keuangan kamu akan jadi lebih baik dan kebutuhanmu juga akan tetap terpenuhi.


Selain itu, kamu juga bisa menetapkan anggaran biaya berdasarkan skala prioritas yang sudah disusun sebelumnya. Anggaran biaya di sini berfungsi sebagai pedoman bagi kamu untuk mengeluarkan uang. Pastikan dalam anggaran tersebut kamu sudah memasukkan anggaran untuk menabung.



Mencapai Life Goal dengan Investasi di DepositoBPR by Komunal


Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, menabung tidak harus dalam bentuk uang, tapi juga bisa dalam bentuk deposito. Salah satu deposito paling menguntungkan yang bisa kamu coba adalah DepositoBPR by Komunal. DepositoBPR by Komunal menawarkan bunga yang tinggi jika dibandingkan dengan produk deposito lain, yakni sebesar 6,75% p.a. Sebagai gambaran, kamu bisa melihat simulasi perhitungan deposito di bawah ini.


4 Mindset Menabung untuk Membantu Meraih Life Goal

Dari perhitungan tersebut dapat dilihat bahwa, dengan modal awal Rp2.000.000 kamu bisa mendapatkan keuntungan akhir sebesar Rp2.135.000. Jadi, #PastikanPilihYangTepat untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak.


Itulah beberapa informasi mengenai mindset menabung yang perlu kamu ketahui. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kamu bisa membangun kebiasaan menabung dengan melakukan investasi di DepositoBPR by Komunal. DepositoBPR by Komunal bisa memberikanmu keuntungan lebih tinggi jika dibandingkan menabung biasa karena bunga yang ditawarkan sebesar 6,75% p.a.

Selain itu, DepositoBPR by Komunal juga berstatus direkomendasikan oleh OJK. Jadi tunggu apalagi? Ayo #PilihYangTepat untuk Menang! Dan raih life goal impianmu bersama dengan DepositoBPR by Komunal.


share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer