Ide Kegiatan Liburan Sekolah yang Seru Bersama Keluarga

blog

Ide Kegiatan Liburan Sekolah yang Seru Bersama Keluarga

DepositoBPR by Komunal

04 Juli 2024

Libur telah tiba, hati pun gembira. Sudah siap untuk menghabiskan liburan sekolah dengan berbagai kegiatan seru bersama keluarga? Realisasikan rencana liburanmu dengan menentukan hal-hal seru yang ingin dilakukan bersama keluarga.


Tentunya, persiapan liburan sekolah tidak akan lengkap tanpa anggaran biaya yang perlu disiapkan dari jauh hari. Budget liburan sekolah tidak hanya menjamin berlangsungnya agenda berkumpul bersama keluarga, namun juga membantu menentukan kegiatan yang cocok untuk mengisi waktu.

Untuk membantumu menentukan kegiatan liburan sekolah yang cocok dengan agendamu bersama keluarga, cek dulu beberapa rekomendasi berikut ini.


1. Berwisata ke Luar Kota


Di antara ide liburan sekolah anak yang sering kali dipilih untuk mengisi waktu setelah semester usai adalah wisata ke luar kota. Pilih destinasi yang ingin kamu kunjungi bersama keluarga. Jangan lupa untuk menanyakan pendapat anak-anak karena mereka lah yang menjadi fokus dari agenda liburan kali ini.


Agar pengalaman liburan bersama keluarga lebih mengesankan, kamu bisa memilih destinasi yang memiliki rute bentangan panorama alam sepanjang perjalanan. Anak-anak pun dapat menikmati pemandangan alam yang memukau saat di jalan sebelum sampai di lokasi tujuan dan menikmati momen liburan dengan hati berbunga.


Sebagai contoh, bepergian dari Jakarta ke Yogyakarta bersama dengan keluarga selama tiga hari dan dua malam membutuhkan estimasi biaya sebesar Rp11 juta. Besar biaya tersebut sudah termasuk tiket kereta api, transportasi lokal, akomodasi, makanan, minuman, dan hal-hal lainnya.


2. Menjelajahi Alam


Jika ingin menyegarkan pikiran dan tubuh selama liburan sekolah, maka jelajah alam bisa menjadi kegiatan pilihan. Bersama keluarga, kamu bisa berkunjung ke berbagai macam destinasi wisata alam, seperti air terjun, hutan, pegunungan, dan pantai. Tidak hanya menyenangkan, momen liburan ini juga bisa menjadi pembelajaran bagi anak dalam menumbuhkan kesadaran untuk melestarikan alam.


Misalnya, wisata ke Kebun Raya Bogor mengharuskanmu menyiapkan berbagai biaya, baik untuk bensin, tol, dan tiket masuk objek wisata. Dari Jakarta ke Bogor, kamu perlu menyiapkan dana yang cukup. Agar aman, kamu bisa menyiapkan sekitar Rp4,5 juta untuk menikmati wisata alam di Bogor bersama keluarga.


3. Piknik Bersama


Salah satu contoh kegiatan liburan sekolah yang bisa dicoba selanjutnya adalah piknik dengan keluarga. Ide ini bisa direalisasikan tanpa budget besar. Untuk menghemat pengeluaran, kamu bisa menyiapkan spot piknik di halaman rumah.


Namun, jika kamu ingin berpiknik di tempat wisata tertentu, seperti taman wisata, maka sebaiknya siapkan budget lebih. Selain belanja bahan-bahan untuk membuat bekal piknik, kamu pun perlu menyediakan biaya transportasi dan tiket masuk area wisata. Persiapkan biaya sekitar Rp800 ribu untuk mencukupi semua kebutuhan ide liburan sekolah tersebut.


4. Mengunjungi Museum


Kunjungan ke museum bukan hanya ide liburan sekolah yang menyenangkan, namun dapat menajamkan wawasan anak. Meskipun masih tergolong sebagai aktivitas pembelajaran, jalan-jalan di museum berbeda dengan belajar di dalam ruang kelas. Anak-anak tetap bisa menghabiskan waktu dengan santai sambil memperluas wawasannya.


Pilih destinasi museum yang sesuai dengan kebutuhan liburan untuk membantu menyiapkan budget. Tiket masuk ke museum pun tergolong cukup murah. Bahkan, ada beberapa museum yang bebas biaya masuk atau gratis. Contohnya, kamu bisa mengunjungi Museum Nasional Jakarta hanya dengan membayar tiket sebesar Rp15 ribu.



5. Bereksperimen di Dapur


Liburan sekolah tidak harus dihabiskan di luar rumah. Momen bersama keluarga di rumah juga bisa menjadi pengalaman berkesan. Untuk mengisi waktu di rumah selama liburan, kamu bisa mencoba memasak dengan buah hati.


Agar pengalaman memasak bersama lebih membekas di memori, libatkan anak dalam segala langkah. Mulai dari belanja bahan-bahan yang dibutuhkan hingga proses memasak, pengalaman ini bisa mengasah kreativitas dan membuat anak tertarik untuk mengembangkan resepnya sendiri. Untuk ide liburan sekolah ini, kamu bisa menyiapkan budget sekitar Rp100 ribu, tergantung dengan resep yang dibuat.


6. Berkemah di Alam Terbuka


Salah satu ide kegiatan liburan sekolah anak yang seru adalah berkemah. Untuk merasakan suasana yang berbeda, cobalah untuk memilih situs perkemahan di alam terbuka. Kamu pun bisa menggabungkan agenda liburan ini dengan wisata alam yang direncanakan sebelumnya.


Bila tidak ada waktu untuk perjalanan jauh, kamu juga bisa menyiapkan tenda kemah di halaman rumah dengan menyediakan barbecue untuk meramaikan suasana. Agar bisa berkemah di rumah, kamu bisa membeli tenda seharga Rp500 ribu hingga Rp2 juta. Jika ingin hemat, sewa tenda dengan estimasi harga mulai dari Rp50 ribu hingga Rp200 ribu yang dihitung per hari.


7. Menghadiri Festival Budaya


Selain mengunjungi museum, kunjungan ke festival budaya bisa menjadi pilihan wisata untuk menambah wawasan. Saat membuat agenda liburan, cek acara festival budaya yang diadakan dalam waktu dekat. Baik itu festival seni,musik, tarian, dan jajanan lokal dapat menjadi momen menyenangkan untuk dinikmati bersama keluarga. Adapun harga tiket festival budaya bervariasi. Contohnya, tiket Dieng Culture Festival dijual dengan harga Rp450 ribu.


8. Staycation dengan Keluarga


Liburan di dalam ruangan atau staycation banyak diminati sejak pandemi Covid-19. Hingga saat ini, masih tersedia berbagai pilihan hunian di area wisata yang menyediakan layanan staycation. Namun, staycation tidak harus diadakan di vila. Jika budget terbatas, kamu bisa mengadakan staycation dengan keluarga di rumah.


Agar tidak bosan, siapkan rencana kegiatan liburan yang berbeda-beda setiap harinya. Kamu bisa mengajak anak untuk menanam tanaman baru, menonton film bersama, hingga melukis dengan bahan-bahan yang sudah disiapkan.


Apa pun kegiatannya, pastikan anak tidak merasa bosan dan tetap merasa nyaman menghabiskan waktu di rumah selama liburan. Untuk mewujudkan ide liburan sekolah ini, kamu bisa menyiapkan sekitar Rp200 ribu untuk mengisi jenis kegiatan yang kamu rencanakan.


Itulah beberapa ide liburan sekolah yang bisa menjadi inspirasi untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga. Bepergian ke suatu destinasi wisata kerap kali menjadi pilihan liburan. Namun, kamu tetap bisa memilih untuk menghabiskan waktu liburan di rumah dengan mengadakan berbagai kegiatan menarik.


Jika budget saat ini belum mencukupi untuk liburan ke luar kota atau luar negeri, maka simpanlah agenda tersebut dan mulailah menyimpan uang guna mewujudkannya di lain waktu. Agar budget liburan tercukupi pada waktunya, kamu bisa mencoba berinvestasi deposito mulai sekarang.

Berbeda dengan menabung seperti umumnya, deposito menawarkan bunga lebih besar. Adapun salah satu produk deposito yang menawarkan bunga besar yaitu deposito BPR dengan bunga paling tinggi mencapai 6,75% p.a. Jadi, kamu bisa #LebihUntung dibandingkan berinvestasi deposito di bank lainnya.


Sebagai gambaran, wisata dari Jakarta ke Yogyakarta sekeluarga yang terdiri dari dua orang dewasa dan dua anak bisa diwujudkan dengan menyiapkan beberapa kebutuhan dengan estimasi biaya sebagai berikut:



Berdasarkan hitungan dari DepositoBPR by Komunal, kamu bisa menabung sebesar 43% dari total biaya yang diperlukan untuk liburan ke Yogyakarta di atas. Untuk mendapatkan tambahan biaya wisata tersebut, kamu bisa mengumpulkannya dalam waktu 12 bulan dengan bunga deposito tahunan sebesar 6,75%.



Penempatan deposito di BPR pun juga dijamin LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) hingga Rp2 miliar per nasabah per bank sehingga prosesnya #LebihAman. Tidak hanya itu, investasi deposito di BPR pun #LebihPraktis dengan satu kali pendaftaran dan kesempatan untuk membuka deposito di ratusan BPR terseleksi di Indonesia.


Yuk, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati #SimpananRasaInvestasi dan mendapatkan dana tambahan sebelum liburan dengan DepositoBPR by Komunal!



share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer