7 Ide Aktivitas Liburan Keluarga yang Seru dan Menyenangkan

blog

7 Ide Aktivitas Liburan Keluarga yang Seru dan Menyenangkan

DepositoBPR by Komunal

03 Juli 2024

Liburan keluarga bisa menjadi solusi bagi kamu yang sudah merasa kelelahan karena kesibukan sehari-hari. Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga perlu melakukan refreshing agar mereka tidak merasa jenuh dan lebih semangat ketika kembali bersekolah.


Budget liburan merupakan salah satu hal penting yang harus kamu perhatikan ketika hendak melaksanakan liburan bersama keluarga. Meski begitu, ada beberapa opsi kegiatan liburan keluarga yang tidak memerlukan banyak budget. Buat kamu yang masih bingung mengenai ide kegiatan liburan asyik bersama keluarga, simak artikel ini sampai habis.

Ide Kegiatan Liburan Keluarga


Selain untuk refreshing dari kegiatan sehari-hari, liburan keluarga bisa menjadi waktu yang tepat untuk membuat momen berharga serta mempererat hubungan. Selain memperhatikan tanggal libur nasional, kamu juga perlu menyiapkan ide kegiatan yang akan dilakukan agar liburan jadi lebih seru. Bagi kamu yang ingin melakukan liburan bersama keluarga, simak beberapa rekomendasi ide kegiatannya berikut ini.

1. Staycation


Staycation merupakan salah satu ide kegiatan yang bisa kamu jadikan referensi liburan bersama keluarga. Staycation sendiri mulai populer ketika pandemi menyerang. Dengan staycation, kamu bisa menikmati liburan tanpa perlu pergi ke manapun. Pada umumnya, orang-orang akan menyewa hotel maupun vila sebagai tempat staycation.


Dengan memanfaatkan berbagai fasilitas yang disediakan hotel maupun vila, kamu bisa menikmati liburan yang menyenangkan bersama keluarga. Beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan selama staycation antara lain melihat film bersama, bermain gim bersama, menikmati hidangan dari hotel, dan masih banyak lagi.


Agar kegiatan staycation bisa berjalan lancar, kamu perlu menyiapkan budget yang pas. Sebagai contoh, kamu perlu menyiapkan uang kurang lebih Rp1.000.000 per kamar (kapasitas 2 orang) untuk melakukan staycation 1 hari di Jakarta.


Angka tersebut belum termasuk biaya akomodasi apabila kamu berasal dari luar Jakarta. Maka dari itu, usahakan untuk menyiapkan budget tersebut sejak jauh-jauh hari dengan menabung atau membuat simpanan dalam bentuk deposito.


2. Berkemah


Berkemah bisa menjadi salah satu ide kegiatan yang patut kamu coba ketika liburan bersama keluarga. Berkemah sendiri bisa dibilang fleksibel dan tidak harus dilakukan di daerah hutan maupun pegunungan. Bagi yang ingin liburan ke pantai bersama keluarga, kamu tetap bisa melakukan kemah di tempat tersebut.


Jika ingin berkemah bersama keluarga, kamu bisa mencari paket berkemah yang disediakan jasa travel dan sebagainya. Sebagai referensi, kamu memerlukan biaya kurang lebih Rp750.000 per orang untuk berkemah di gunung Bromo bersama keluarga.


3. Pergi ke Taman Hiburan


Meskipun terdengar biasa saja, tapi pergi ke taman hiburan merupakan salah satu ide liburan keluarga yang menyenangkan. Di taman hiburan ada banyak sekali wahana maupun atraksi yang bisa kamu nikmati bersama dengan keluarga. Selain itu, ada juga beberapa taman hiburan yang menawarkan wahana edukasi bagi anak-anak.


Tidak hanya menikmati wahana dan atraksi, di taman hiburan juga sering kali terdapat pasar maupun tempat berjualan kuliner khas daerah tersebut sehingga kamu bisa sekalian melakukan wisata kuliner di taman hiburan tersebut.


Sebagai referensi, kamu perlu menyiapkan budget kurang lebih sebesar Rp500.000 per orang untuk dapat berlibur ke taman hiburan Selecta di Batu, Jawa Timur. Angka tersebut hanya perkiraan semata, maka dari itu kamu perlu membuat anggaran biaya yang lebih rinci lagi agar kegiatan liburan bisa berjalan lancar.



4. Berolahraga Bersama


Berolahraga bersama bisa menjadi pilihan utama kamu yang ingin melaksanakan liburan keluarga tapi memiliki budget yang pas-pasan. Tak perlu melakukan olahraga yang rumit, kamu bisa melakukan olahraga sederhana, seperti lari pagi dan bersepeda bersama keluarga. Ajaklah mereka ke alun-alun kota atau tempat CFD (Car Free Day) dan berolahragalah bersama di sana.


Selain dapat berolahraga, di tempat-tempat tersebut juga sering kali terdapat banyak pedagang makanan. Jadi, setelah berolahraga kamu bisa makan bersama dengan keluarga. Untuk melakukan kegiatan ini, kamu cukup menyediakan budget kurang lebih sebesar Rp200.000 saja untuk makan dan akomodasi.


5. Memasak Bersama


Memasak bersama bisa menjadi salah satu pilihan kegiatan kamu ketika liburan keluarga. Meskipun terlihat sederhana, kegiatan memasak bersama bisa menciptakan momen berharga serta mempererat hubungan keluarga. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mencoba kegiatan yang satu ini ketika liburan.


Tak perlu memasak sesuatu yang rumit, kamu bisa memasak makanan kesukaan anak-anak yang cara pembuatannya sederhana. Dengan begitu, mereka akan antusias untuk ikut memasak makanan tersebut. Untuk dapat membuat makanan sederhana, diperkirakan hanya akan memerlukan biaya kurang lebih sebesar Rp100.000 saja.


6. Bersih-Bersih Rumah


Bersih-bersih rumah bisa kamu jadikan kegiatan selama liburan karena dapat mengajarkan rasa kemandirian dan tanggung jawab pada anak-anak. Agar kegiatan ini semakin menyenangkan, kamu bisa mengajak anak-anak untuk membuat dekorasi kamar mereka terlebih dahulu. Selain membuat anak-anak lebih tertarik, membuat dekorasi juga dapat memacu kreativitas mereka.


Setelah selesai membuat dekorasi, berilah mereka tanggung jawab untuk membersihkan satu area rumah. Tak hanya itu, beri mereka hadiah juga jika mampu membersihkan area yang menjadi tanggung jawabnya. Dengan begitu, momen-momen kebersamaan bisa tercipta dan dapat mempererat hubungan keluarga. Selain bisa menciptakan momen kebersamaan, kegiatan ini juga sangat hemat karena kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali.



7. Berkebun


Berkebun merupakan salah satu ide kegiatan liburan keluarga yang tidak membutuhkan budget besar. kamu hanya perlu menyiapkan beberapa jenis bibit dan peralatan berkebun untuk dapat melakukannya. Jika kamu tidak punya lahan untuk dijadikan kebun, maka kamu bisa membeli kit berkebun hidroponik terlebih dahulu yang tersedia di online shop dengan harga Rp80.000 - Rp300.000.


Setelah menyiapkan peralatan serta bibit tumbuhan, maka kamu bisa memulai kegiatan berkebun bersama keluarga. Ketika berkebun, kamu juga bisa memberikan edukasi kepada anak-anak tentang tumbuhan yang sedang di tanam. Tak hanya itu, tumbuhan tersebut juga dapat kamu manfaatkan setelah memasuki masa panen.


Siapkan Dana Liburan Keluarga bersama DepositoBPR by Komunal!


Itulah beberapa informasi mengenai ide kegiatan liburan keluarga yang patut kamu coba. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, budget liburan merupakan salah satu hal penting dalam persiapan melaksanakan liburan keluarga.


Meskipun ada beberapa jenis ide kegiatan liburan yang tidak memerlukan budget tinggi, bukan berarti kamu tidak perlu mempersiapkannya sama sekali.


Misalnya, kalau keluargamu dengan total 4 orang ingin staycation dan pergi ke taman hiburan, kemudian dilanjutkan berkemah pada selama 1 hari 1 malam, maka perlu mempersiapkan dana seperti berikut ini:



Supaya persiapan budget liburanmu lebih ringan, kamu bisa berinvestasi di DepositoBPR by Komunal dari beberapa waktu sebelumnya. Soalnya, DepositoBPR by Komunal mempunyai produk deposito dengan bunga yang tinggi, yakni hingga 6,75% p.a.

Sebagai contoh, untuk memperoleh dana liburan sebesar Rp7.000.000, kamu bisa menempatkan deposito di DepositoBPR by Komunal dengan ketentuan seperti berikut ini:



Artinya, kamu bisa mendepositokan uang di DepositoBPR by Komunal sebesar Rp6.600.000 pada 12 bulan sebelum pergi liburan keluarga untuk memangkas dana sebanyak Rp445.500. Cukup menguntungkan, bukan?


Selain itu, DepositoBPR by Komunal juga berstatus direkomendasikan oleh OJK. Pilih tenor yang paling sesuai dengan waktu liburan kamu dan siapkan budget liburan kamu dengan #SimpananRasaInvestasi di DepositoBPR by Komunal.



share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer