blog
Ketahui Tujuan Menabung Dan 5 Cara Efektif Mewujudkannya
DepositoBPR by Komunal
09 Desember 2022
Ketahui Tujuan Menabung Dan 5 Cara Efektif Mewujudkannya

Salah satu cara terbaik untuk mengendalikan keuangan Anda dalam ekonomi yang tidak menentu saat ini adalah dengan memiliki rekening tabungan yang sehat dan mengetahui tujuan menabung Anda dengan detail.



Bahkan penelitian yang dilakukan oleh Northwestern Mutual menemukan bahwa orang-orang yang "perencana" dan melakukan hal-hal yang berorientasi pada masa depan seperti menetapkan tujuan dan mengambil langkah seperti menabung untuk mencapai tujuan tersebut merasa lebih bahagia, dan lebih baik dalam hidup, daripada mereka yang tidak melakukannya.



Jelas, menabung sedini mungkin dan sesering mungkin adalah hal yang penting jika Anda ingin memanfaatkan peluang hidup sebaik-baiknya dan pensiun dengan percaya diri. Lalu bagaimana cara menabung yang efektif? simak penjelasan berikut!



5 Cara Efektif Untuk Menabung


Terkadang hal tersulit dalam menabung adalah saat memulainya dan setiap orang memiliki tujuan menabung dan cara mereka sendiri untuk melakukannya. 5 cara di bawah ini dapat membantu Anda mengembangkan strategi yang sederhana dan realistis, sehingga Anda dapat menabung untuk semua tujuan jangka pendek maupun jangka panjang Anda.



1. Hilangkan Utang Anda


Tambahkan lebih banyak uang untuk membayar utang Anda setiap bulan. Setelah Anda bebas dari membayar bunga atas utang Anda, uang itu dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam tabungan.



2. Tetapkan Tujuan Menabung


Jika ingin memiliki motivasi, tetapkan target dan tujuan menabung beserta timeline agar menabung lebih efektif.



3. Hindari Liburan Mahal


Alih-alih mengeluarkan beberapa juta untuk tiket pesawat ke luar negeri, ada baiknya untuk menunda dan pertimbangkan untuk liburan tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar dan sisanya dapat digunakan untuk mewujudkan tujuan menabung Anda.



4. Bawa Sendiri Makan Siang Anda


Dengan membawa bekal makan siang dari rumah, Anda bisa menyisihkan sebagian pengeluaran Anda untuk disimpan sebagai dana darurat yang nantinya bisa digunakan untuk biaya kuliah atau persiapan masa pensiun.



5. Buat Tabungan Berbunga


Jika sasaran Anda lebih bersifat jangka panjang, pertimbangkan produk dengan tingkat imbal hasil lebih tinggi seperti deposito atau Pasar Uang untuk penghematan yang lebih baik dan mencapai tujuan menabung Anda dengan cepat.



5 Jenis Tabungan yang Perlu Diketahui


Kini Anda sudah mengetahui tujuan menabung dan cara efektif untuk mewujudkannya. Berikut adalah beberapa jenis rekening yang tersedia dan bisa Anda pertimbangkan.



1. Rekening Tabungan Reguler


Tabungan jenis ini cocok untuk orang yang perlu menabung untuk jangka pendek atau panjang dan tidak terlalu peduli untuk mendapatkan tingkat bunga terbaik. Ini adalah rekening tabungan yang biasanya Anda temukan di bank.



2. Rekening tabungan dengan hasil tinggi


Rekening tabungan yang satu ini mirip dengan rekening tabungan biasa hanya saja terdapat satu perbedaan besar yakni suku bunga lebih tinggi, memungkinkan Anda untuk menumbuhkan tabungan Anda lebih cepat tanpa mengorbankan keamanan dan likuiditas.



3. Rekening tabungan khusus pelajar


Rekening tabungan pelajar cenderung memiliki fitur yang membuat perbankan terasa lebih mudah bagi kaum muda dengan sarana keuangan yang sederhana. Anda dapat menemukan rekening tanpa setoran pembukaan minimum dan tanpa biaya layanan bulanan.



4. Rekening tabungan dengan fitur tabungan otomatis


Penabung yang menginginkan bantuan ekstra untuk mencapai tujuan menabung mereka dapat mempertimbangkan untuk memilih fitur tabungan otomatis yang mengatur pemotongan otomatis dari gaji Anda dan memindahkan uang ke rekening tabungan.



5. Rekening Deposito


Deposito salah satu produk bank yang bisa Anda gunakan untuk mewujudkan tujuan menabung Anda. Deposito biasanya memberikan hasil yang lebih tinggi daripada rekening tabungan pada umumnya karena Anda setuju untuk membiarkan bank menyimpan uang Anda untuk jangka waktu tertentu. Berbeda dengan keempat jenis tabungan di atas, deposito adalah simpanan berjangka dengan jangka waktu (tenor) beragam. Jangka waktu tersebut kemudian menentukan persentase besaran imbal hasil yang akan diterima ketika pencairan. Meskipun memberikan imbal hasil tinggi, namun instrumen deposito tetap aman karena dijamin oleh LPS.



Anda juga bisa menabung melalui depositoBPR by Komunal yang menawarkan tingkat suku bunga hingga 6,25% dengan pilihan jangka waktu penempatan (tenor) yang beragam.


Simpan uang Anda menggunakan deposito untuk persiapan masa depan yang lebih baik, Komunal menyediakan layanan deposito yang sudah terjamin oleh LPS dan terdaftar di OJK. Kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut di DepositoBPR by Komunal

share

Bagikan