5 Tips Menabung Bagi Pemula yang Efektif dan Mudah Dilakukan

blog

5 Tips Menabung Bagi Pemula yang Efektif dan Mudah Dilakukan

DepositoBPR by Komunal

23 Januari 2024

Salah satu cara untuk mengendalikan keuangan Anda yaitu dengan menabung. Sebelum melakukannya, pahami tips menabung yang efektif agar usaha Anda tidak sia-sia.


Penelitian yang dilakukan oleh Northwestern Mutual menemukan bahwa orang-orang yang "perencana" seperti menetapkan tujuan menabung akan merasa lebih bahagia dan hidup lebih baik, daripada mereka yang tidak melakukannya.


Menabung sejak dini dan dilakukan dengan konsisten adalah hal yang penting jika Anda ingin mempersiapkan dana pensiun dengan percaya diri. Mari simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui tips menabung yang efektif.


Tips Menabung yang Efektif


Terkadang hal tersulit dalam menabung adalah saat memulainya. Setiap orang pasti memiliki tujuan menabung dan cara mereka sendiri untuk melakukannya. Berikut ini 5 tips menabung yang efektif dan mudah dilakukan:


1. Hilangkan Utang Anda


Tambahkan lebih banyak uang untuk membayar utang Anda setiap bulan. Setelah Anda bebas dari membayar bunga atas utang Anda, uang itu dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam tabungan.


2. Tetapkan Tujuan Menabung


Jika ingin memiliki motivasi, tetapkan target dan tujuan menabung beserta timeline agar menabung lebih efektif.


3. Hindari Liburan Mahal


Alih-alih mengeluarkan beberapa juta untuk tiket pesawat ke luar negeri, ada baiknya untuk menunda dan pertimbangkan untuk liburan tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar dan sisanya dapat digunakan untuk mewujudkan tujuan menabung Anda.



4. Bawa Sendiri Makan Siang Anda


Dengan membawa bekal makan siang dari rumah, Anda bisa menyisihkan sebagian pengeluaran Anda untuk disimpan sebagai dana darurat yang nantinya bisa digunakan untuk biaya kuliah atau persiapan masa pensiun.


5. Buat Tabungan Berbunga


Jika sasaran Anda lebih bersifat jangka panjang, pertimbangkan produk dengan tingkat imbal hasil lebih tinggi seperti deposito atau pasar uang untuk penghematan yang lebih baik dan mencapai tujuan menabung Anda dengan cepat.

Jenis-Jenis Tabungan yang Perlu Diketahui


Ketika Anda sudah mengetahui tujuan menabung dan cara efektif untuk mewujudkannya, selanjutnya ketahui jenis-jenis tabungan yang ada. Berikut adalah beberapa jenis-jenis tabungan yang bisa Anda pertimbangkan.


1. Rekening tabungan reguler


Tabungan jenis ini cocok untuk orang yang perlu menabung untuk jangka pendek atau panjang dan tidak terlalu peduli untuk mendapatkan tingkat bunga terbaik. Ini adalah rekening tabungan yang biasanya Anda temukan di bank.


2. Rekening tabungan dengan hasil tinggi


Rekening tabungan yang satu ini mirip dengan rekening tabungan biasa hanya saja terdapat satu perbedaan besar yakni suku bunga lebih tinggi. Hal ini memungkinkan Anda untuk menumbuhkan tabungan Anda lebih cepat tanpa mengorbankan keamanan dan likuiditas.



3. Rekening tabungan khusus pelajar


Rekening tabungan pelajar cenderung memiliki fitur yang membuat perbankan terasa lebih mudah bagi kaum muda dengan sarana keuangan yang sederhana. Anda dapat menemukan rekening tanpa setoran pembukaan minimum dan tanpa biaya layanan bulanan.


4. Rekening tabungan dengan fitur tabungan otomatis


Penabung yang menginginkan bantuan ekstra untuk mencapai tujuan menabung mereka dapat mempertimbangkan untuk memilih fitur tabungan otomatis yang mengatur pemotongan otomatis dari gaji Anda dan memindahkan uang ke rekening tabungan.


5. Rekening Deposito


Deposito salah satu produk bank yang bisa Anda gunakan untuk mewujudkan tujuan menabung Anda. Deposito biasanya memberikan hasil yang lebih tinggi daripada rekening tabungan pada umumnya.


Berbeda dengan keempat jenis tabungan di atas, deposito adalah simpanan berjangka dengan jangka waktu (tenor) beragam. Jangka waktu tersebut kemudian menentukan persentase besaran imbal hasil yang akan diterima ketika pencairan.

Meskipun memberikan imbal hasil tinggi, namun instrumen deposito tetap aman karena dijamin oleh LPS.


Anda juga bisa menabung melalui depositoBPR by Komunal yang menawarkan tingkat suku bunga hingga 6,25% dengan pilihan jangka waktu penempatan (tenor) yang beragam.

Simpan uang Anda menggunakan deposito untuk persiapan masa depan yang lebih baik, Komunal menyediakan layanan deposito yang sudah terjamin oleh LPS dan terdaftar di OJK. Kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut di DepositoBPR by Komunal

share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer