9 Investasi di Pedesaan yang Potensial, Bisa Jadi Aset!

blog

9 Investasi di Pedesaan yang Potensial, Bisa Jadi Aset!

DepositoBPR by Komunal

15 Oktober 2023

Saat ini, banyak sekali jenis investasi di pedesaan yang bisa dilakukan untuk memperoleh dan menyimpan aset berlimpah.

Buat kamu yang belum tahu, investasi adalah kegiatan menanamkan modal, seperti uang atau aset berharga, untuk mendapatkan keuntungan di masa depan.


Meskipun pedesaan memiliki berbagai macam potensi untuk diinvestasikan, seperti tanah atau infrastruktur lainnya, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu.


Kamu harus tahu apa kebiasaan dan kebutuhan masyarakat di daerah tujuanmu. Dengan mempelajari kebiasaan mereka, maka kamu bisa tahu seperti apa sirkulasi keuangannya.


Nah, setelah menganalisis hal tersebut, baru deh kamu bisa menerapkan beberapa jenis investasi di desa berikut ini. Yuk, simak!


Jenis Investasi di Pedesaan


Alasan mengapa banyak yang tertarik investasi di pedesaan adalah harga bahan baku dan ongkos produksi lebih rendah daripada perkotaan, namun menjanjikan penghasilan tinggi.


Kalau kamu tertarik untuk mengikuti jejak orang-orang, maka di bawah ini adalah jenis investasi di pedesaan yang bisa dilakukan, yaitu:


1. Investasi Pariwisata


Pertama, jenis investasi di pedesaan yang bisa kamu coba adalah membuka bisnis pariwisata.


Hal ini bisa kamu lakukan apabila desa pilihanmu memiliki lokasi strategis, konsep dan sumber daya alam menarik, serta masyarakat yang mudah diajak bekerja sama.


Investasi pariwisata sudah terbukti dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi sehingga dianggap sebagai sektor yang penting oleh pemerintah.


2. Investasi Pertanian


Selanjutnya, investasi di pedesaan yang bisa kamu coba adalah pertanian modern. adapun beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk investasi pertanian adalah lahan, potensi, modal, dan peluang.


Apabila pedesaan yang dipilih memiliki lahan kecil, maka kamu bisa mencoba membuat pertanian sayur organik, bisnis tanaman hias, atau menjual bibit untuk para petani.


3. Investasi Peternakan


Beternak juga bisa menjadi salah satu investasi di desa yang patut dicoba. Kamu bisa mencoba membuat peternakan sapi perah, ayam kampung, sampai ternak lele.


Membuka investasi peternakan dapat menghasilkan omzet besar karena termasuk salah satu penyokong konsumsi masyarakat yang sangat besar.


Meski begitu, ada baiknya apabila kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli peternakan untuk menambah pengetahuan dan meminimalkan risiko.


4. Investasi Oleh-Oleh & Suvenir


Setiap desa pasti memiliki keunikannya masing-masing dan hal itu bisa kamu manfaatkan dengan membuat bisnis suvenir.


Investasi di desa ini bisa meningkatkan penghasilan yang lebih besar apabila suvenir tersebut berupa handmade masyarakat atau dijual di dekat area wisata.


Selain itu, bisnis ini termasuk investasi low risk karena minim modal dan ada beberapa suvenir kecil yang banyak terjual, seperti gantungan kunci, magnet, atau pembatas buku.


5. Investasi Perdagangan


Jenis investasi ini bisa kamu coba apabila tertarik meraih keuntungan sebagai wirausaha.

Namun, sebelum melakukan investasi di pedesaan yang satu ini, kamu harus memetakan demografi masyarakat sekitar terlebih dahulu.


Setelah itu, kamu bisa membuat jenis franchise modern atau toko kelontong yang menyediakan berbagai macam kebutuhan sesuai target pasar masyarakat pedesaan.


6. Investasi Jasa Service


Selain perkotaan, saat ini banyak masyarakat desa yang membutuhkan bantuan teknologi untuk menjalani rutinitas sehari-hari.


Oleh sebab itu, kamu bisa membuka bisnis jasa service alat elektronik, seperti telepon atau komputer, untuk investasi di pedesaan.


Dengan begitu, masyarakat sekitar tidak perlu repot untuk pergi ke perkotaan demi mendapatkan jasa service dan kamu pun bisa meraih keuntungan.


7. Investasi Tanah


Salah satu cara memulai bisnis properti untuk meningkatkan keuntungan secara signifikan adalah dengan berinvestasi di tanah pedesaan.

Investasi di pedesaan ini bersifat jangka panjang karena harga yang tak pernah turun dan semakin maraknya pembangunan infrastruktur.


Selain itu, tanah yang diinvestasikan dapat dijual kembali dengan harga tinggi, terutama apabila berada di lokasi strategis.


8. Investasi Jasa Katering


Membuka jasa katering termasuk salah satu investasi di pedesaan yang menjanjikan.


Hal ini dikarenakan sering kali ada acara-acara besar atau hal lainnya yang diselenggarakan di pedesaan.


Oleh sebab itu, masyarakat memerlukan jumlah makanan yang besar sehingga kamu bisa membantu mereka dengan membuka jasa katering.


9. Investasi Jasa Sewa Barang


Terakhir, investasi di pedesaan yang dijamin untung adalah membuka jasa sewa barang.


Biasanya, masyarakat pedesaan akan menghindari pembelian barang yang terlalu mahal dan jarang dipakai.


Jadi, kamu bisa mengembangkan usaha jasa sewa barang yang berfokus di satu bidang, seperti transportasi atau fotografi, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pedesaan.

Itu dia ulasan seputar jenis investasi di pedesaan yang bisa dicoba untuk meningkatkan jumlah aset.


Jangan lupa ya, sebelum melakukan investasi di desa, kamu harus menganalisis seperti apa kebiasaan serta kebutuhan masyarakat, dan memahami potensi daerah yang dimiliki.


Selain memilih apa jenis investasi yang akan diterapkan di pedesaan, kamu juga bisa memanfaatkan DepositoBPR by Komunal.


DepositoBPR by Komunal adalah aplikasi yang menjembatani nasabah dengan produk deposito BPR, baik konvensional maupun syariah.


Selain produknya yang jelas aman karena tercatat dan diawasi oleh OJK, DepositoBPR by Komunal juga menawarkan suku bunga hingga 6.75% per tahun, lho.


Lalu, DepositoBPR by Komunal sangat cocok bagi kamu yang tertarik investasi di pedesaan.


Hal ini dikarenakan BPR adalah bank yang dapat menjangkau daerah-daerah terpencil serta menyalurkan dana untuk menunjang pertumbuhan dan modernisasi ekonomi pedesaan.


Yuk, bikin investasimu #MakinMaksimal bersama DepositoBPR by Komunal dan rasakan sensasi #SimpananRasaInvestasi sekarang juga!



share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer