Kisaran Gaji Fresh Graduate Berdasarkan Bidang & Pendidikannya

blog

Kisaran Gaji Fresh Graduate Berdasarkan Bidang & Pendidikannya

DepositoBPR by Komunal

22 Januari 2024

Selesai menuntaskan pendidikan membuatmu otomatis menyandang titel fresh graduate. Bagi yang ingin lanjut kerja, sudah tahukah kamu berapa besar gaji fresh graduate?


Fresh graduate adalah julukan yang digunakan untuk menyebut siapa saja yang baru menyelesaikan jenjang pendidikannya, baik itu tingkat SMA, SMK, maupun perguruan tinggi.


Sebagai fresh graduate, kamu tidak lagi memiliki afiliasi dengan institusi pendidikan dan bebas untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi atau langsung bekerja.


Namun, sebelum masuk dunia kerja, pastikan dulu untuk mengetahui cara mengatur keuangan pribadi dengan bijak agar tidak kesulitan mengatur uang nantinya.

Jika sudah memantapkan diri untuk memasuki dunia kerja, mari cari tahu dulu berapa rata-rata gaji fresh graduate berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik di bawah ini.


Faktor yang Memengaruhi Gaji Fresh Graduate


Gaji yang tinggi merupakan impian semua orang, tidak terkecuali fresh graduate dengan antusiasme dan semangatnya yang tinggi.


Pendapatan yang masuk ke kantong sendiri tidak hanya prestasi tersendiri selepas lulus, namun juga upaya untuk meningkatkan stabilitas finansial.


Namun perlu diketahui bahwa penetapan besar gaji individu didasarkan oleh beberapa faktor, termasuk bidang pekerjaan dan jenjang pendidikan terakhir.


a. Bidang Pekerjaan


Data yang dikumpulkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) berdasarkan Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) pada Agustus 2022 yang mencakup standar gaji untuk fresh graduate S1, ditemukan besar rata-rata gaji yang dibagi menjadi beberapa bidang, yaitu:



Berdasarkan data yang diambil dari survei pada tahun 2022 tersebut, bisa dilihat bahwa gaji tertinggi ada di sektor pertambangan dan penggalian, sedangkan gaji terendah adalah di sektor pendidikan.



b. Jenjang Pendidikan


Rata-rata gaji fresh graduate bisa dilihat berdasarkan jenjang pendidikan. Data yang dirilis oleh BPS pada bulan Juni 2023 menunjukkan bahwa rata-rata gaji bulanan pekerja dari seluruh jenjang pendidikan di Indonesia adalah sebesar Rp2,94 juta.


Berdasarkan data tersebut, fresh graduate yang menyelesaikan jenjang pendidikan S1 memperoleh rata-rata gaji per bulan sebesar Rp4,46 juta.


Menyusul setelahnya adalah fresh graduate dengan pendidikan diploma dengan rata-rata gaji per bulan sebesar Rp3,72 juta.


Pada level sekolah menengah yaitu SMA dan SMK, rata-rata gaji per bulan tercatat sebesar Rp2,79 juta untuk SMA dan Rp2,93 juta untuk SMK.


Untuk lulusan SMP, rata-rata gaji yang didapatkan adalah sebesar Rp2,23 juta per bulan. Sedangkan, rata-rata gaji per bulan untuk lulusan SD berada pada angka Rp1,98 juta.


Bagi yang tidak tamat SD, rata-rata gaji per bulannya adalah Rp1,63 juta. Adapun rata-rata gaji bulanan untuk yang tidak menempuh pendidikan sama sekali adalah Rp1,56 juta.


Cara Menentukan Gaji Fresh Graduate


Terdapat dua cara menentukan gaji fresh graduate yang umumnya diterapkan, yaitu menggunakan metode hitungan prorata dan bulanan. Berikut adalah penjabaran singkatnya:


1. Prorata


Gaji untuk fresh graduate bisa dihitung dengan metode prorata yang berarti proporsional. Secara sederhana, gaji prorata adalah jumlah upah untuk karyawan yang memulai masa kerjanya bukan di awal bulan dan jumlahnya dihitung berdasarkan waktu kerja yang telah dihabiskan.


Maka, secara otomatis, jumlah gaji prorata akan lebih kecil daripada gaji yang tertera di dalam kontrak.


Adapun cara menghitung gaji fresh graduate dengan metode prorata juga berbeda dengan gaji bulanan mengingat banyak indikator yang memengaruhinya.


Rumus dari gaji prorata sendiri adalah jumlah jam kerja dikalikan dengan upah yang ditentukan per jam.


2. Bulanan


Di sisi lain, gaji bulanan adalah jumlah gaji pokok yang diberikan beserta berbagai tunjangan yang menjadi hak fresh graduate.


Dengan kata lain, besar gaji bulanan merupakan gaji yang telah disepakati dalam perjanjian atau kontrak kerja.


Namun perlu diketahui bahwa gaji fresh graduate cenderung lebih kecil dari kontrak kerja karena harus mengikuti training terlebih dahulu.


Apabila proses training telah selesai, maka nominal gaji setelahnya akan disesuaikan dengan kesepakatan dalam kontrak kerja.


Itulah pembahasan seputar gaji fresh graduate yang meliputi rata-rata per bulan untuk setiap bidang dan jenjang pendidikan.


Agar mendapatkan hakmu sebagai karyawan, pastikan untuk selalu melakukan pengecekan kontrak kerja.


Jangan khawatir, gajimu sebagai fresh graduate yang masih tidak seberapa bisa dikumpulkan dan dijadikan modal untuk investasi nantinya guna mendapatkan keuntungan lebih.


Jika dana sudah terkumpul, kamu bisa mulai berinvestasi dengan DepositoBPR by Komunal yang menawarkan bunga hingga 6,75% p.a. Terbukti lebih tinggi dari bunga deposito bank umum, lho.


Tidak perlu khawatir, proses investasi DepositoBPR by Komunal dijamin aman karena sudah tercatat dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


Cukup sekali daftar, kamu bisa menikmati kemudahan untuk membuka deposito di ratusan BPR yang terseleksi.


Sudah siap menikmati #SimpananRasaInvestasi ala DepositoBPR by Komunal? Yuk, unduh aplikasinya di smartphone-mu dan daftarkan dirimu segera!



share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer