Apa itu Financial Planning? Ini Pengertian & Manfaatnya

blog

Apa itu Financial Planning? Ini Pengertian & Manfaatnya

DepositoBPR by Komunal

25 Januari 2023

Financial planning memungkinkan Anda untuk mencapai tujuan keuangan, merencanakan masa depan finansial membantu orang dalam banyak hal, termasuk meningkatkan kemampuan kamu untuk menetapkan tujuan, menganggarkan, menabung, meminjam dengan bijak, berinvestasi, mengelola risiko dan pajak, merencanakan harta benda, dan banyak lagi.


Ketika kamu membuat rencana keuangan, maka kamu akan lebih mampu mencapai tujuan hidup, melakukan pembelian besar, menyediakan pendidikan anak, pensiun dengan nyaman dan menangani keadaan darurat. Perencanaan keuangan mengungkap realitas, menerapkan disiplin, dan memaparkan pada strategi-strategi yang berpotensi membantumu pada hal-hal yang belum kamu pertimbangkan sebelumnya.


Singkatnya, financial planning adalah pendekatan sistematis yang membantu Anda mengelola uang dan pengeluaran serta merencanakan tabungan dan investasi. Rencana keuangan mencakup penganggaran, asuransi, hipotek, investasi, pajak, dan perencanaan pensiun dan perumahan. Ini juga mempersiapkan potensi risiko dan kejadian tak terduga.


Cara Membuat Financial Planning


Saat Anda membangun bisnis, ada banyak hal yang harus diperhatikan, Namun ada satu elemen yang ingin harus diperhatikan sejak awal dan itu adalah financial planning untuk bisnis Anda.


Memiliki anggaran yang terperinci dan akurat adalah suatu keharusan jika Anda ingin membangun bisnis yang berkembang dan berkelanjutan. Tapi bagaimana cara membuat financial planning? Simak penjelasannya di bawah!



Biaya Setup (Setup Cost)


Salah satu yang harus ada di financial planning adalah biaya setup yakni biaya yang dikeluarkan untuk keperluan dalam menjalankan produksi. Biaya ini dianggap sebagai biaya tetap, sehingga biayanya tersebar pada jumlah unit yang diproduksi. Biaya ini meliputi berapa banyak dana yang dialokasikan untuk modal bisnis, atau berapa banyak Anda perlu berutang untuk memulai bisnis.


Biaya setup awal umumnya meliputi biaya administrasi, pemasaran awal, biaya pendaftaran, lisensi, serta legal lainnya, biaya perlengkapan dan kebutuhan aset, sekaligus modal awal (working capital).


Laporan laba rugi


Laporan laba rugi merangkum pendapatan dan pengeluaran. Pendapatan membuat bisnis Anda tetap hidup. Misalnya, jika Anda memiliki butik online, penghasilan Anda berasal dari produk yang Anda jual. Pengeluaran termasuk barang-barang seperti biaya inventaris, penggajian, pajak bisnis, asuransi bisnis, dan pembayaran pinjaman. Intinya adalah pendapatan dikurangi biaya, menunjukkan apakah perusahaan Anda menguntungkan atau tidak.


Neraca keuangan


Neraca keuangan merupakan salah satu laporan keuangan terpenting, yang menunjukkan potret posisi keuangan perusahaan. Neraca mengungkapkan apa yang dimiliki perusahaan dan utangnya dengan memecah aset, kewajiban, dan ekuitas pemilik perusahaan pada titik waktu tertentu. Ini membantu Anda menentukan kekuatan finansial dan kemampuan bisnis Anda.



Laporan arus kas


Sederhananya, laporan arus kas menunjukkan uang mengalir masuk dan keluar dari bisnis. Laporan arus kas mengukur seberapa baik perusahaan mengelola posisi kasnya, artinya seberapa baik perusahaan menghasilkan uang tunai untuk membayar kewajiban utangnya dan mendanai biaya operasionalnya.


Prediksi Penjualan


Prediksi penjualan adalah cara untuk menentukan penjualan di masa depan Anda dan merupakan elemen kunci dari setiap rencana keuangan. Tanpa ide yang kuat tentang penjualan di masa depan, hampir tidak mungkin mengelola inventaris dan arus kas Anda.


Buat Anggaran Pengeluaran


Anggaran pengeluaran akan membantu Anda memahami berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan penjualan yang telah Anda perkirakan. Pengeluaran operasional Anda meliputi sewa, utilitas, pemasaran, dan penggajian. Anda dapat membagi pengeluaran Anda dengan “biaya tetap” seperti sewa dan penggajian dan dengan “biaya variabel” seperti pemasaran.


Analisis Titik Impas


Analisis impas adalah perhitungan keuangan untuk membantu Anda menentukan kapan bisnis Anda (atau produk atau layanan) akan menguntungkan. Hal ini harus dilakukan dengan benar dan harus menunjukkan jumlah produk atau layanan yang perlu Anda jual untuk menutupi biaya Anda.


Saat Anda impas, Anda tidak menghasilkan atau kehilangan uang, tetapi semua biaya Anda sudah ditanggung.



Pertahankan Rencana Keuangan Anda


Banyak pemilik bisnis menghabiskan banyak waktu menyusun financial planning hanya untuk menyimpannya dan tidak memperhatikannya lagi. Pastikan Anda secara teratur meninjau rencana keuangan Anda dan melakukan penyesuaian bila diperlukan. Pastikan itu adalah cerminan yang akurat tentang di mana Anda berada dan ke mana Anda ingin pergi.


DepositoBPR by Komunal bisa Anda jadikan peluang investasi dengan tingkat risiko yang rendah serta berbagai pilihan jangka waktu yang sesuai dengan kebutuhan Anda. #Lebih Untung, dengan tingkat suku bunga tertinggi hingga 6,25% #Lebih Aman, karena telah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) #Lebih Praktis, lebih dari 250 BPR terseleksi di seluruh Indonesia dalam satu aplikasi. kunjungi website kami untuk informasi lebih lengkap!




share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer