Simulasi Perhitungan Bunga Deposito Seabank 1 Juta vs BPR

blog

Simulasi Perhitungan Bunga Deposito Seabank 1 Juta vs BPR

DepositoBPR by Komunal

03 April 2024

Jika kamu memiliki uang 1 juta dan ingin menempatkannya di suatu bank, tentunya ingin mengetahui bunga deposito yang akan kamu dapatkan serta simulasi perhitungannya, misalnya di Seabank. Lantas, berapa bunga deposito Seabank 1 juta?

Seabank sendiri merupakan bank digital berbasis aplikasi yang mulai digunakan oleh banyak orang pada masa kini. Untuk produk depositonya sendiri, Seabank menawarkan suku bunga yang beragam, tergantung pada tenor yang dipilih oleh nasabah.


Agar kamu bisa menentukan opsi yang paling menguntungkan, kamu perlu tahu cara menghitung bunga deposito 1 juta. Jadi, baca artikel ini sampai selesai untuk mempelajari cara menghitung bunga deposito dan contoh simulasi yang ada.


Apa itu Deposito?


Deposito adalah sebuah instrumen keuangan yang menawarkan solusi bagi individu dan perusahaan untuk menyimpan dan mengamankan dana mereka. Dilansir dari Otoritas Jasa Keuangan, deposito adalah simpanan atau tabungan yang hanya dapat ditarik dalam periode dan kondisi tertentu.


Keuntungan utama membuka deposito yang perlu kamu ketahui adalah kestabilan suku bunga. Suku bunga deposito biasanya lebih tinggi daripada tabungan biasa serta bernilai tetap selama jangka waktu tertentu. Hal ini tentu membuat deposito menjadi pilihan menarik bagi mereka yang mencari investasi yang lebih aman dan stabil.



Cara Menghitung Bunga Deposito


Jika kamu ingin mengetahui berapa besar bunga yang akan didapat dari deposito 100 juta, berikut adalah rumus yang bisa digunakan:


Bunga Deposito = Dana Investasi x (Suku Bunga per Tahun / 12) x Masa Tenor


Penjelasan:


Dana Investasi = Jumlah uang yang akan didepositokan.


Suku Bunga per Tahun = Persentase bunga yang ditawarkan bank per tahun.


Masa Tenor = Jangka waktu deposito dalam hitungan bulan.


Untuk menghitung nilai bunga yang akan dihasilkan dari deposito senilai 1 juta, kamu dapat menggunakan serangkaian rumus di atas.


Pada dasarnya, bunga deposito ini juga bisa dikenakan pajak sebesar 20%. Namun, menurut peraturan yang berlaku, pajak deposito hanya berlaku untuk setiap nasabah yang memiliki deposito dengan nilai lebih dari Rp7,5 juta. Dengan kata lain, bunga deposito Seabank 1 juta tidak akan dikenakan pajak oleh negara.


Simulasi Perhitungan Bunga Deposito Seabank 1 Juta vs. BPR


Deposito Seabank sering kali dibandingkan dengan deposito dari bank BPR, mengingat keduanya juga menawarkan suku bunga yang kompetitif. Suku bunga deposito Seabank cenderung beragam sesuai dengan tenor yang diambil oleh nasabah. Adapun suku bunga deposito yang ditawarkan oleh Seabank adalah sebagai berikut:


  • Tenor 1 bulan: 5,00% per tahun.

  • Tenor 3 bulan: 5,50% per tahun.

  • Tenor 6 bulan: 6,00% per tahun.

Lantas, apakah deposito Seabank dijamin LPS? Perlu diketahui bahwa Seabank termasuk sebagai bank umum, di mana suku bunga yang dijamin oleh LPS hanya mencapai 4,25% per tahun.


Sementara itu, deposito BPR juga menawarkan suku bunga yang bervariasi, tergantung dengan kebijakan masing-masing pihak bank. Namun, secara umum, BPR dapat menawarkan suku bunga deposito hingga mencapai 6,75% per tahun. Tenang, suku bunga ini sudah mendapatkan penjaminan dari LPS, kok.


Agar lebih paham, berikut adalah simulasi perhitungan bunga deposito Seabank 1 juta vs. BPR pada beberapa tenor.



Itulah informasi mengenai simulasi perhitungan besaran bunga deposito Seabank 1 juta vs. BPR yang perlu kamu ingat. Setelah melihat hasil simulasi tersebut, kamu dapat melihat bahwa berinvestasi di DepositoBPR by Komunal adalah pilihan yang lebih aman dan menguntungkan secara finansial.

DepositoBPR by Komunal menawarkan tingkat bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan bank lain, yaitu hingga 6,75% per tahun. Hal ini berarti kamu akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar dalam jangka waktu yang sama.


Selain itu, dana kamu dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sehingga #LebihAman dan terlindungi. Jadi, pastikan kamu membuat #PilihanTepat dengan menikmati #SimpananRasaInvestasi bersama DepositoBPR by Komunal sekarang juga!



share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer