6 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 3 Juta

blog

6 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 3 Juta

DepositoBPR by Komunal

02 Oktober 2024

Bagaimana mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta sebulan? Sebagai ibu rumah tangga, kamu mungkin kebingungan dengan kondisi finansial tersebut karena memang tidak mudah. Namun, ada cara mengatur keuangan rumah dengan gaji 3 juta yang bisa diterapkan.

Dengan pengelolaan yang tepat, kamu bisa lebih realistis dalam mengalokasikan pengeluaran. Alhasil, tidak hanya kebutuhan sehari-hari yang terpenuhi, kamu pun dapat menyisihkan uang untuk menabung atau berinvestasi.


Terlebih, saat ini melakukan investasi di DepositoBPR by Komunal menjadi semakin menguntungkan. Kamu bisa memperoleh kesempatan cashback sampai Rp1,5 juta melalui program “Ajak Teman Dapat Bonus”.


Caranya, cukup bagikan kode referral-mu dan ajak teman sebanyak-banyaknya untuk menabung di DepositoBPR by Komunal mulai dari Rp1 juta. Klik di sini untuk mendapatkan update informasinya. Yuk, simak penjelasan terkait cara mengatur uang rumah tangga berikut.

6 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 3 Juta

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 3 Juta


Pada dasarnya, kunci sukses dalam mengelola keuangan terletak pada pemahaman akan prioritas penggunaan sumber penghasilan secara efektif. Adapun cara mengatur uang 3 juta dalam sebulan adalah sebagai berikut.


1. Mengenali Pengeluaran


Langkah awal yang perlu dilakukan agar pengaturan gaji 3 juta berjalan secara efektif adalah mengenali pengeluaran setiap bulan. Cobalah membuat kategori pengeluaran utama, seperti kebutuhan rutin, investasi, gaya hidup, dan cicilan utang, kemudian mencatatnya per kategori.

Cara ini akan membantu kamu mengendalikan cash flow dengan lebih baik. Dengan demikian, kamu bisa membuat anggaran keuangan, menganalisis pengeluaran yang perlu diatur ulang atau dipangkas, dan mengevaluasi keuangan per bulan secara berkala.

2. Menggunakan Formula 4-3-2-1


Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta selanjutnya adalah menggunakan formula 4-3-2-1. Dalam pendekatan tersebut, berarti 40% dari total penghasilan dialokasikan untuk keperluan pokok, seperti makanan, transportasi, dan tempat tinggal.

Kemudian, 30% digunakan untuk membayar cicilan utang apabila kamu memilikinya. Selanjutnya, 20% ditujukan untuk kegiatan yang bisa meningkatkan kualitas hidup, seperti jalan-jalan. Terakhir, 10% dari penghasilan disisihkan untuk menabung atau berinvestasi.


3. Menerapkan Prinsip Hidup Hemat


Salah satu aspek penting dalam cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta adalah bisa memahami perbedaan keinginan dan kebutuhan.

Pemahaman terhadap keduanya akan membantu kamu menghemat jumlah uang yang cukup signifikan setiap bulannya. Pasalnya, kamu dapat membatasi penggunaan uang untuk hal yang tidak terlalu penting dan mengalokasikannya pada hal-hal prioritas saja.



4. Mencari Penghasilan Tambahan


Mencari penghasilan tambahan adalah salah satu cara mengatur uang rumah tangga yang cerdas. Saat ini, banyak peluang yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan sesuai dengan waktu dan keahlian kamu. Sebagai contoh, kamu bisa membuka bisnis online, menjadi freelancer, dan lain sebagainya.

5. Menghindari Kredit Barang


Untuk memaksimalkan penghasilan 3 juta dapat memenuhi keperluan sehari-hari, maka sebaiknya hindari pengeluaran di luar kebutuhan pokok, seperti kredit barang. Jika ingin membeli barang akan lebih baik kalau kamu menabung terlebih dahulu sehingga siklus kredit barang bisa dihindari.


6. Menyisihkan Uang untuk Investasi


Berikutnya, cara mengatur uang 3 juta dalam sebulan adalah dengan berinvestasi. Investasi dapat membuat kamu memperoleh passive income. Kamu pun bisa memilih berbagai jenis investasi dengan risiko rendah, misalnya deposito di DepositoBPR by Komunal. Proses penempatannya sangat mudah dan tidak rumit.


Investasi deposito di DepositoBPR by Komunal sangatlah menguntungkan sebab suku bunga yang ditawarkan mencapai 6,75% p.a. Tingkat besaran tersebut tentu relatif tinggi jika dibandingkan dengan suku bunga bank lainnya.


Semakin tinggi suku bunga, maka semakin besar pula keuntungan akhir yang akan didapatkan. Selain itu, penempatan dana deposito di DepositoBPR by Komunal pun terjamin keamanannya. Menarik sekali, bukan?

Dengan berinvestasi deposito, kamu bisa mengelola uang secara lebih mudah dan aman.  Pengelolaan keuangan yang baik akan mendatangkan dampak positif bagi kondisi finansialmu. Jadi, tunggu apa lagi? #PilihYangTepat sekarang juga hanya di DepositoBPR by Komunal!


share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer