5 Cara Menganalisis Laporan Keuangan Sederhana & Efektif

blog

5 Cara Menganalisis Laporan Keuangan Sederhana & Efektif

DepositoBPR by Komunal

02 Oktober 2024

Sudahkah kamu tahu bagaimana cara menganalisis laporan keuangan sederhana? Bagi para pemilik usaha, hal tersebut patut untuk dipahami sebab analisis laporan keuangan dapat menggambarkan kesehatan perusahaan dan pengembangan bisnis ke depannya.

Jika kamu masih belum mengetahui cara menganalisis laporan keuangan, maka jangan khawatir. Artikel ini akan membahas informasi lengkapnya, mulai dari cara, metode, hingga tujuan menganalisis laporan keuangan.


Tetapi sebelum membahasnya lebih jauh, kamu harus tahu kalau investasi di DepositoBPR sekarang semakin menguntungkan. Dengan membagikan kode referral dan mengajak teman menabung di DepositoBPR by Komunal, kamu bisa memperoleh cashback hingga Rp1,5 juta.


Kesempatan tersebut dapat kamu peroleh melalui program “Ajak Teman Dapat Bonus”. Yuk, klik di sini agar mendapatkan update informasinya dan ajak teman sebanyak-banyaknya untuk menabung mulai dari Rp1 juta saja di DepositoBPR by Komunal.

5 Cara Menganalisis Laporan Keuangan Sederhana & Efektif

Cara Menganalisis Laporan Keuangan Sederhana


Prosedur analisis laporan keuangan sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah. Kamu hanya harus memahami beberapa hal dasar yang menyangkut keuangan. Adapun cara menganalisis laporan keuangan sederhana adalah sebagai berikut.


1. Memahami Latar Belakang Data Keuangan Perusahaan


Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menganalisis laporan keuangan adalah memahami latar belakang data keuangan perusahaan. Hal-hal tersebut, seperti model bisnis, sistem penjualan, kebijakan akuntansi, produk yang ditawarkan, dan lain-lain.


Tujuan dilaksanakannya cara ini adalah agar kamu dapat memahami aliran uang, operasi perusahaan, dan lain sebagainya. Dengan demikian, perhitungan dan pencarian hasil saat melakukan analisis bisnis dapat dilakukan secara mudah.


2. Memperhatikan Segala Faktor yang Berpengaruh pada Perusahaan


Cara menganalisis laporan keuangan sederhana lainnya adalah dengan memperhatikan segala faktor yang berpengaruh pada perusahaan. Faktor-faktor tersebut adalah inflasi, perombakan manajemen, pajak, tingkat suku bunga, pendapatan per kapita, dan lain-lain.

Selain itu, faktor kemajuan teknologi dan industri pun tidak bisa diabaikan serta perlu diperhitungkan. Hal ini karena kedua hal tersebut bisa memengaruhi selera konsumen atau tingkat permintaan pasar.


3. Mempelajari dan Mengamati Laporan Keuangan Secara Menyeluruh


Berikutnya, cara menganalisis laporan keuangan adalah dengan mempelajari dan mengamati laporan secara keseluruhan. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa laporan keuangan telah menggambarkan data yang relevan, jelas, dan sesuai standar akuntansi keuangan. Langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk me-review adalah sebagai berikut.


  • Memeriksa validitas setiap angka di dalam laporan keuangan.

  • Mencari tahu cara yang dilakukan akuntan dalam membuat laporan keuangan tersebut.

4. Menganalisis Rasio Laporan Keuangan


Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah menganalisis rasio laporan keuangan. Kamu bisa menggunakan beragam metode yang ada untuk menginterpretasikan kondisi keuangan perusahaan dengan benar.


5. Membuat Kesimpulan


Terakhir, cara menganalisis laporan keuangan sederhana adalah membuat kesimpulan akhir atas analisis yang telah dilakukan sebelumnya. Kesimpulan tersebut bisa diambil dari hasil perhitungan analisis rasio laporan keuangan yang kamu buat.



Metode Menganalisis Laporan Keuangan


Secara umum, ada banyak metode yang bisa digunakan untuk menganalisis laporan keuangan. Berikut ini adalah metode menganalisis laporan keuangan tersebut:


1. Metode Analisis Horizontal


Metode analisis horizontal merupakan perbandingan data keuangan pada tahun terakhir (sedang berjalan) dengan data tahun sebelumnya. Umumnya, analisis perbandingan tersebut berdasarkan dua atau tiga periode lebih awal. Metode analisis horizontal bisa dibedakan menjadi empat jenis, yaitu analisis trend (indeks), perubahan laba kotor, sumber modal kerja, dan sumber penggunaan kas.


2. Metode Analisis Vertikal


Metode ini akan membandingkan hubungan pada tiap komponen yang ada dengan seluruh akun di dalam laporan keuangan tunggal. Metode ini bertujuan untuk memudahkan dalam perolehan informasi jika terjadi perbedaan pengeluaran, laba, dan pembiayaan. Ada empat pembagian dalam analisis ini, yaitu analisis common size, break even, rasio keuangan, teknik pertumbuhan.


3. Metode Komparatif


Metode analisis laporan keuangan ini dilakukan dengan membandingkan angka-angka di dalam laporan keuangan pada tahun berjalan dan sebelumnya. Cara ini memungkinkan perusahaan untuk membandingkan setiap pos laporan keuangan dengan lebih relevan. Perusahaan pun dapat membandingkan dua kuantitas. Rasio di dalamnya akan selalu mewakili satu angka yang berkaitan dengan angka lainnya.


4. Metode Index Time Series


Metode analisis ini dilakukan dengan cara menjadikan laporan keuangan sebagai indeks yang kemudian dipilih sebagai tahun dasar. Biasanya, tahun dasar yang telah dipilih atau ditentukan akan diberi indeks 100. Analisis ini didasarkan pada historis dari data perkiraan atau rencana ke depan perusahaan dengan laporan keuangannya.


5. Metode Analisis Pertumbuhan


Metode ini disusun dengan cara membandingkan kenaikan atau penurunan posisi laporan keuangan di suatu periode tertentu dan periode lainnya. Perbandingan tersebut dilakukan menggunakan analisis nilai persentase.


6. Metode Analisis Industri


Metode analisis ini melibatkan perbandingan perusahaan dengan perusahaan lainnya pada industri yang sama. Hal tersebut bertujuan untuk melihat bagaimana perusahaan melakukan investasi secara finansial yang dibandingkan dengan industri lain.

Untuk membuat perbandingan, maka diperlukan rasio rata-rata dari perusahaan Anda dengan perusahaan lain di industri yang sama.



Tujuan Menganalisis Laporan Keuangan


Pada dasarnya, analisis laporan keuangan dibuat untuk mencari dasar pengambilan keputusan strategis dan dasar informasi perihal nilai bisnis. Di sisi lain, ada beberapa tujuan penting yang ingin dicapai oleh perusahaan saat melakukan analisis laporan keuangan. Adapun tujuan menganalisis laporan keuangan adalah sebagai berikut.


  • Memahami potensi perusahaan dalam memanfaatkan aset yang dimilikinya untuk menghasilkan keuntungan.

  • Memproyeksikan seperti apa bisnis perusahaan yang berjalan di periode berikutnya.

  • Memahami potensi perusahaan untuk melunasi bunga dan utang dalam jangka panjang maupun pendek.

  • Membandingkan nilai perusahaan sendiri dengan nilai milik kompetitor.

  • Menilai kinerja bisnis pada periode yang sedang berjalan.

  • Mengetahui perusahaan dalam posisi keuangan pada suatu periode.

  • Mengidentifikasi bagian keuangan yang sedang mengalami kendala.

  • Mengetahui seberapa besar kerusakan yang sedang terjadi.

  • Menjadi bahan pertimbangan untuk investor jika ingin berinvestasi di perusahaan tertentu.

  • Menentukan perkembangan yang sedang dialami perusahaan.

  • Menjadi bahan acuan pemerintah dalam menentukan nilai pajak yang harus dibayar oleh perusahaan.

Itulah penjelasan seputar cara menganalisis laporan keuangan sederhana yang perlu kamu ketahui. Pengetahuan terkait hal tersebut sangatlah krusial. Dengan memahami analisis laporan keuangan, kamu bisa mengelola keuangan perusahaan lebih baik lagi.


Berbicara tentang mengelola keuangan, kamu bisa melakukannya dengan memilih investasi deposito di DepositoBPR by Komunal. DepositoBPR by Komunal menawarkan suku bunga deposito yang relatif tinggi hingga 6,75% p.a.

Hal tersebut akan sangat menguntungkan karena keuntungan akhir yang akan didapatkan nantinya pun relatif besar. Yuk, kelola keuangan lebih baik dan mudah dengan memilih investasi deposito di DepositoBPR by Komunal!



share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer