7 Cara Menabung untuk Umrah yang Konsisten dan Praktis

blog

7 Cara Menabung untuk Umrah yang Konsisten dan Praktis

DepositoBPR by Komunal

04 Februari 2024

Ingin pergi umrah tapi dana yang dibutuhkan belum ada? Cobalah cara menabung untuk umrah yang konsisten dan praktis dilakukan. Mengumpulkan dana untuk umrah membutuhkan dedikasi waktu dan disiplin. Agar dana yang dibutuhkan segera terkumpul, kamu perlu menabung dengan praktis dan sesuai dengan kemampuan.

Biaya umrah sendiri diatur sesuai dengan standar yang ditentukan oleh Kementerian Agama RI, yaitu antara Rp24 juta hingga Rp28 juta. Lantas, bagaimana cara menabung agar bisa umrah yang efektif dan sesuai dengan target? Mari simak pembahasan di bawah ini untuk mendapatkan jawabannya.


Cara Menabung untuk Umrah


Umrah adalah ibadah yang dilakukan di tanah suci dengan waktu pelaksanaan sepanjang tahun dan tidak terbatas kuota layaknya haji. Mengingat waktu pelaksanaannya yang fleksibel, menabung untuk kebutuhan ibadah tersebut pun bisa diatur dengan lebih mudah. Di samping pelaksanaannya yang fleksibel, biaya umrah pun tidak semahal biaya haji.


Jadi, sudah siap kah kamu untuk mengenali cara menabung buat umrah? Inilah beberapa cara praktis untuk mengumpulkan tabungan umrah:


1. Menentukan Target Tabungan Umrah


Terdapat paket-paket umrah yang umumnya ditawarkan. Umumnya, harga paket yang dipatok sekitar Rp27 juta hingga Rp35 juta per orang dengan rincian perjalanan 9 hari. Selain itu, ada paket umrah yang digabung dengan wisata. Harga paket ini pun otomatis lebih mahal sehingga mengharuskanmu untuk mengumpulkan uang lebih.


Agar bisa menentukan cara menabung untuk umrah secara efektif, pilihlah paket yang sesuai dengan kebutuhanmu. Setelah menentukan paket, barulah tetapkan target dan mulailah menabung secara rutin.


2. Menggunakan Anggaran yang Sesuai


Cara menabung untuk umrah kedua adalah memilih anggaran yang sesuai dengan kemampuan keuangan dan kebutuhanmu. Biasanya, sistem anggaran yang dipakai adalah 50-30-20 dengan rincian sebagai berikut:


  • 50% : Belanja kebutuhan sehari-hari.

  • 30% : Belanja untuk hal-hal yang diinginkan.

  • 20% : Menabung atau investasi.

Adapun anggaran dalam cara menabung untuk umrah ini bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial dan kebutuhan masing-masing orang. Jadi, metode anggaran 50-30-20 tidak harus dijadikan anggaran. Tentukan anggaran tabungan sesuai dengan kondisimu agar bisa mencapai target dalam waktu yang ditentukan.


3. Memanfaatkan Program Perbankan Khusus Umrah


Jika tidak begitu yakin dengan menabung sendiri, cobalah untuk menggunakan program perbankan yang menawarkan tabungan khusus umrah. Tips menabung untuk umrah ini dapat membantumu mencapai target lebih cepat.


Cobalah melakukan riset tentang program tabungan umrah yang ditawarkan oleh berbagai bank. Bandingkan benefit dan sistem tabungannya. Pilihlah yang sesuai dengan kemampuan finansialmu. Jika menemukan pilihan yang cocok, segeralah mendaftar dan mulai menabung sesuai waktu yang telah disepakati.



4. Menabung Secara Konsisten


Apabila kamu memilih untuk menabung sendiri, maka penting diingat untuk melakukannya secara konsisten. Pastikan untuk menyediakan uang sesuai dengan anggaran tabungan umrah yang sudah ditentukan.


Jangan sampai bolos menabung agar target bisa dicapai sesuai dengan jangka waktu yang ditetapkan. Jika prosesnya tersendat, maka uang tabungan umrah pun akan makin lama terkumpul.


5. Menjalani Gaya Hidup Hemat


Tidak hanya anggaran dan konsistensi menabung yang penting, gaya hidup pun juga perlu disesuaikan. Cara menabung untuk umrah ini dapat membantumu mencapai target lebih cepat. Mengapa? Dengan mengurangi pengeluaran, anggaran menabung pun dapat ditingkatkan. Hasilnya, uang tabungan umrah pun akan semakin mudah terkumpul dalam waktu singkat.


6. Mencari Tambahan Pendapatan


Salah satu cara mengumpulkan uang untuk umrah dengan cepat adalah dengan mencari tambahan pendapatan. Jika gaji bulanan saja dirasa tidak cukup, kamu bisa memanfaatkan keahlianmu yang lain, seperti memasak, menulis, dan membuat konten, untuk mendapatkan cuan yang lebih banyak. Dengan begitu, target tabungan pun akan lebih cepat dicapai.


7. Mempertimbangkan Investasi


Ingin menambah uang tanpa effort? Cobalah untuk berinvestasi. Terdapat berbagai macam pilihan investasi yang dapat mendatangkan keuntungan. Salah satunya adalah DepositoBPR by Komunal yang merupakan produk simpanan berjangka dari Bank Perekonomian Rakyat dengan suku bunga tinggi hingga 6,75% p.a.


Deposan bisa memilih tenor (jangka waktu penempatan) mulai dari 1 bulan hingga 12 bulan dari 1.500 produk deposito. Investasi melalui DepositoBPR by Komunal aman dan stabil karena tercatat dan diawasi oleh OJK.

Itulah beberapa cara menabung untuk umrah yang dapat dipraktikkan secara praktis dan konsisten. Salah satu cara unik yang dapat kamu coba adalah menabung dengan menggunakan produk deposito dari DepositoBPR by Komunal. Suku bunganya tinggi dan tenor yang bisa disesuaikan bisa membuat proses menabung lebih efektif.


Dengan satu kali daftar, kamu bisa membuka deposito di ratusan BPR terpilih. Jadi, sudah siap untuk menikmati #SimpananRasaInvestasi dari DepositoBPR by Komunal? Unduh aplikasinya ke smartphone-mu dan segera daftar!


share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer