7 Cara Menabung 1 Juta Dalam Sebulan untuk Anak Sekolahan

blog

7 Cara Menabung 1 Juta Dalam Sebulan untuk Anak Sekolahan

DepositoBPR by Komunal

23 Januari 2024

Bukan hal mustahil untuk mengajarkan anak menabung jutaan rupiah setiap bulannya. Tak perlu bingung, ada cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolahan yang mudah diterapkan.


Mengenalkan anak pada kebiasaan menabung sebaiknya dilakukan sejak dini. Karena, kebiasaan ini tentu akan menguntungkan di masa depan.


Selain itu, penting untuk menjelaskan tujuan menabung kepada anak mengenai tujuan menabung yang baik, sehingga mereka akan lebih bersemangat.

Lantas, bagaimana cara menabung 1 juta dalam sebulan untuk anak? Yuk, langsung saja simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.


Cara Menabung 1 Juta Dalam Sebulan


Terkadang, anak-anak atau usia muda lebih susah buat nabung. Hal ini sering kali dipengaruhi oleh keinginan untuk mengikuti tren terkini.

Selain itu, mereka juga cenderung belum mengetahui bagaimana cara mengatur keuangan. Sebagai orang tua, salah satu hal yang perlu dilakukan adalah mengajarkan anak menabung sejak dini.


Berikut adalah beberapa cara menabung 1 juta dalam sebulan untuk anak sekolahan yang dapat diterapkan dengan mudah.


1. Membuat Catatan Keuangan


Membuat catatan keuangan adalah cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolahan yang paling penting, namun sering diabaikan.


Ajarkan anak untuk mencatat setiap uang yang masuk dan keluar. Hal ini akan memudahkan anak belajar mengelola keuangan.


Ketika anak sudah mengetahui bagaimana cara mengatur keuangan dengan tepat, maka ia lebih mudah terhindar dari perilaku konsumtif maupun boros.

Selain itu, anak yang bisa mengelola keuangan dengan baik, tentu akan lebih mudah dalam mewujudkan target menabung nantinya.


2. Membuat Daftar Prioritas


Setelah mencatat keuangan, orang tua juga perlu menjelaskan kepada anak mengenai daftar prioritas barang dari yang terpenting.


Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, anak sekolahan cenderung ingin selalu mengikuti tren. Sehingga, terkadang mereka tidak sadar telah menghamburkan banyak uang untuk barang tidak penting.


Tips menabung 1 juta perbulan yang satu ini akan membuat anak menjadi lebih hemat dan mengurangi pembelian secara impulsif.



3. Menentukan Tujuan Menabung


Cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolahan akan semakin mudah dilakukan jika anak memiliki target atau tujuan menabung, misalnya membeli HP.


Dengan adanya tujuan, anak akan lebih bersemangat untuk menabung. Hal ini dipicu dengan rasa tidak sabar untuk memiliki barang impian.


Orang tua bisa mengajarkan kepada anak bahwa mereka harus menabung untuk mendapatkan hal yang diinginkan.


4. Menyisihkan Uang Saku Setiap Minggu/Bulan


Sebagian besar anak sekolahan mendapatkan sumber keuangan terbesar dari uang saku mingguan atau bulanan dari orang tuanya.


Jadi, menyisihkan sebagai uang saku tentu akan berkontribusi besar dalam terwujudnya target tabungan anak.


Menerapkan cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolahan ini memang tidak semudah yang dibayangkan. Terutama, jika anak cenderung boros.


Namun, hal ini bisa lebih mudah untuk dilakukan dengan membuat rencana pengeluaran per minggunya.


Selain itu, setelah anak mendapatkan jatah uang saku setiap minggu atau bulannya, ingatkan ia untuk langsung menyisihkan sebagian dan menyimpannya. Dengan begitu, uang tersebut akan tetap utuh.


5. Membuat Tabungan Pelajar


Setelah menyisihkan uang saku, tidak ada salahnya menyarankan anak untuk menyimpan uangnya di bank agar lebih aman dan terjamin. Kini, sudah ada berbagai produk tabungan pelajar yang bisa dimanfaatkan oleh anak sekolahan.


Menyimpan uang di tabungan bank merupakan salah satu cara menabung 1 juta per bulan untuk anak yang bisa dikatakan sangat ampuh dan praktis untuk dilakukan.


Tabungan pelajar juga tidak mengharuskan setoran besar di awal, sehingga tidak akan memberatkan anak saat memulai menabung.



6. Membawa Bekal dari Rumah


Untuk membantu anak lebih hemat, cobalah membawakannya bekal dari rumah. Sehingga, uang yang seharusnya digunakan makan di luar bisa dialokasikan untuk tabungan.


Selain itu, membawakan bekal dari rumah juga lebih menjamin kebersihan dan kesehatan makanan jika dibandingkan beli di tempat lain.


Kemudian, anak cenderung gemar melakukan hal menyenangkan seperti bermain atau hangout dengan teman-temannya.


Hal tersebut sering kali membuat anak lebih banyak mengeluarkan uang yang tidak direncanakan, sehingga lebih sulit untuk menabung.


Tidak ada salahnya untuk bermain, namun kegiatan ini sebaiknya dibatasi agar anak lebih hemat. Dengan begitu, target menabung akan cepat tercapai.


7. Mencari Penghasilan Tambahan


Cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolahan juga bisa dilakukan dengan mencari penghasilan tambahan.


Tidak ada salahnya mengenalkan anak pada bisnis sejak dini. Beberapa contohnya adalah mengajarkan mereka berjualan makanan kepada teman-temannya atau jualan secara online.


Dengan memiliki penghasilan tambahan, tentu target menabung akan lebih cepat tercapai. Selain itu, hal ini juga bisa memicu kemandirian anak.


Itu dia sederet penjelasan mengenai cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolahan yang bisa kamu coba terapkan.


Mengajarkan anak untuk menabung sejak dini merupakan hal yang penting. Dengan begitu, kebiasaan ini dapat terus dijalankan hingga dewasa.


Akan tetapi, menabung tidak hanya penting untuk anak-anak saja, lho. Anak muda dan orang tua juga perlu mempertimbangkan hal ini.


Nah, jika kamu sedang mencari solusi #PilihanCerdas untuk mengembangkan dana, gunakan saja DepositoBPR by Komunal.

DepositoBPR by Komunal membuat kegiatan menyimpan dana #LebihPraktis karena dapat menghubungkan kamu dengan BPR dari berbagai kota, sehingga kamu bisa dengan mudah memilih berbagai produk deposito dalam satu platform.


Mari lakukan pengajuan deposito secara online sekarang juga!



share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer