5 Cara Membuat Uang Bekerja Untuk Kamu, Dijamin Cuan!

blog

5 Cara Membuat Uang Bekerja Untuk Kamu, Dijamin Cuan!

DepositoBPR by Komunal

21 November 2023

Di ekonomi sekarang ini, semakin banyak orang menyadari bahwa penting untuk mempersiapkan finansial di masa depan. Banyak yang mencari cara membuat uang bekerja untuk kita agar dapat mencapai tujuan dan keinginan semua orang: memiliki tabungan masa depan.


Tidak bisa dipungkiri bahwa bekerja adalah cara untuk mendapatkan pemasukan aktif. Namun, untuk mencapai tujuan financial freedom di masa depan, kamu tidak bisa hanya berpegang pada pemasukan utama. Strategi menyimpan uang dan passive income juga diperlukan.

Berkenaan dengan menyimpan uang, kamu akan merasa bahwa jumlah uang yang ditabung awal periode menabung tidak sebesar itu.



Terlebih lagi, jika hanya mengandalkan pemasukan utama dari pekerjaanmu, yang mungkin akan cepat habis karena alokasi kebutuhan hidup, kamu tidak akan bisa menabung dengan cepat.



Maka dari itu, strategi mengelola uang yang tepat sangat dibutuhkan agar tujuan kebebasan finansial dapat tercapai dengan mudah dan cepat.


Kita perlu tahu cara agar uang bekerja untuk kita dan bukan kita bekerja untuk uang. Lantas, bagaimana cara agar uang bekerja untuk kita? Yuk, simak pembahasan berikut.


Apa yang Harus Dipersiapkan Sebelum Membuat Uang yang Bekerja Untuk Kita?


Sebelum mengaplikasikan cara membuat uang bekerja untuk kita, ada baiknya untuk menentukan kekayaan bersih terlebih dahulu.


Misalnya, kamu harus melihat bagaimana cara mengalokasikan pemasukan setiap harinya sehingga dapat menemukan metode yang tepat untuk menyisihkan uang.



Tidak hanya itu, kamu perlu menetapkan tujuan kekayaan. Apa yang akan kamu lakukan dengan uang ini? Tentukan target untuk mencapai tujuan dan seberapa cepat kamu bisa memenuhi target.



Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk mengatur target pengelolaan uang yang realistis. Hal ini bisa dimulai dengan target jangka pendek agar dapat melihat bagaimana kamu bisa mengelolanya.



Dengan begitu, kamu bisa melihat gambaran cara mencapai target jangka panjang dan lebih termotivasi untuk target masa depan.


Setelah memiliki target yang jelas, cara membuat uang bekerja untuk kita akan bisa diterapkan lebih efektif.



Cara Membuat Uang Bekerja untuk Kamu


Apa yang dimaksud “uang yang bekerja untuk kita”? Yang dimaksud dari istilah tersebut adalah cara kamu mengendalikan dan mengatur uang agar tetap stabil.


Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui cara membuat uang bekerja untuk kita. Berikut adalah beberapa cara agar uang bekerja untuk kita yang bisa diterapkan.


1. Periksa Keuangan dan Tetapkan Anggaran


Pastikan untuk memeriksa pengeluaran dan tabungan yang kamu miliki untuk melacak keuangan.

Coba lihat berapa persen pemasukan kamu yang sudah dialokasikan untuk kebutuhan hidup dan berapa persen sisa yang bisa disisihkan untuk menabung.



Selain itu, tetapkan anggaran yang sesuai dengan keuangan kamu. Kamu bisa menggunakan aplikasi pengatur keuangan untuk mempermudah melacak uang yang masuk dan keluar dari rekening.


2. Ubah Cara Kamu Melihat Uang


Banyak yang beranggapan bahwa kita hidup hanya untuk bekerja dan menghasilkan uang.


Pola pikir seperti ini tidak akan bisa membuat uang bekerja pada kita. Ubah pola pikir terhadap uang menjadi kamu yang mengendalikan uang.



Kamu perlu mencari cara bagaimana tetap menghasilkan uang sekaligus mengendalikan uang tersebut.


Dengan begitu, kamu punya kendali penuh atas kekayaan yang dimiliki, termasuk membuat tabungan masa depan.



Setelah kamu mengubah pola pikir kamu terhadap uang, kamu bisa mulai menerapkan cara membuat uang bekerja untuk kita.


3. Hindari Berutang


Utang adalah awal mula terjadinya permasalahan pada keuangan kamu. Apalagi, akhir-akhir ini marak penyedia pinjaman online yang mudah dan menjanjikan dana bagi peminjam serta fitur paylater yang menggiurkan.



Jika ingin memiliki keuangan yang stabil, hindari berutang dan belanjalah sesuai anggaran yang telah ditetapkan. Jangan juga berutang untuk investasi. Atur prioritas kebutuhan agar sebisa mungkin tidak memiliki utang.



4. Siapkan Dana Darurat


Selain mengatur anggaran untuk kebutuhan hidup, kamu juga perlu menyiapkan dana darurat agar bisa lebih siap menghadapi kejadian tidak terduga di masa depan yang membutuhkan uang.



Sisihkan sedikit dari pemasukan kamu untuk masuk ke kantong dana darurat. Sesuaikan dengan alokasi anggaran agar tidak terjadi ketimpangan dana dan kebutuhan. Jika perlu, buat rekening baru khusus dana darurat agar pengelolaannya lebih rinci.


5. Berinvestasi


Berinvestasi bisa menjadi sumber pemasukan lain di luar pemasukan utama kamu. Apabila kamu masih baru dalam dunia investasi dan belum punya cukup dana untuk investasi skala besar, kamu bisa mencoba deposito.



Tidak kalah penting, pilihlah platform investasi yang tepat. Sesuaikan dengan anggaran dan tujuan kamu berinvestasi, termasuk kelebihan dan kekurangan dari investasi yang kamu inginkan. Jangan terlalu berlebihan dalam berinvestasi dan tetap tenang.


Itulah cara membuat uang bekerja untuk kita. Untuk mencapai kebebasan finansial di masa depan, perlu untuk mengatur kembali keuangan dan mengendalikan uang yang kamu punya.



Awali dengan memiliki pola pikir “kamu yang mengendalikan uang” agar tidak melulu menghasilkan uang tetapi tidak bisa mengaturnya. Kemudian, lihat kondisi keuangan kamu, lalu mulai buat anggaran.


Mulailah atur skala prioritas kebutuhanmu agar tetap sesuai anggaran. Jangan lupa siapkan dana darurat untuk masa depan.


Terakhir, cobalah untuk berinvestasi untuk mendapat pemasukan lain. Dengan mengaplikasikan cara membuat uang bekerja untuk kita, tujuan kamu untuk mendapat financial freedom akan tercapai dengan cepat.



Untuk menunjang upaya cara membuat uang bekerja untuk kita, kamu juga bisa menggunakan DepositoBPR by Komunal. DepositoBPR by Komunal merupakan aplikasi yang menawarkan produk deposito BPR secara konvensional dan syariah.



Kamu bisa mendapatkan penjaminan oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sampai 2 Miliar per BPR. Tenang saja, DepositoBPR by Komunal sudah tercatat dan diawasi oleh OJK sehingga data dan keamanan kamu akan terjamin.



Tunggu apalagi, gunakan DepositoBPR by Komunal agar finansialmu #MakinMaksimal dan rasakan manfaat #SimpananRasaInvestasi.



share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer