Berapa Bunga Deposito DBS? Cek Perbandingannya dengan BPR!

blog

Berapa Bunga Deposito DBS? Cek Perbandingannya dengan BPR!

DepositoBPR by Komunal

26 Juni 2024

DBS adalah penyedia jasa keuangan di Asia yang memiliki kantor pusat di Singapura. Bank DBS Indonesia yang merupakan bagian dari Grup DBS telah berdiri sejak tahun 1989 memiliki 32 kantor cabang dan 2 kantor kas di lebih 13 kota besar di Indonesia. Salah satu produk yang ditawarkan oleh Bank DBS Indonesia adalah deposito.

Tentunya, bunga deposito DBS berbeda dengan bank lainnya yang ada di Indonesia, termasuk BPR (Bank Perkreditan Rakyat). Lantas, berapa bunga DBS dan bagaimana perbandingannya dengan deposito dari BPR? Sebelum mengamati rinciannya, pahami dulu konsep produk deposito secara singkat di bawah ini.


Apa itu Deposito?


Deposito adalah produk simpanan berupa uang tunai yang menawarkan bunga lebih tinggi dari tabungan biasa. Berbeda dengan produk tabungan, deposito memiliki tenor atau jangka waktu yang bisa dipilih. Adapun pilihan tenor ini berbeda antara satu bank dan lainnya.


Di samping tenor, deposito masing-masing bank memiliki suku bunga yang berbeda. Maka dari itu, penting bagi investor untuk membandingkan nilai bunga masing-masing bank agar dapat mempertimbangkan peluang keuntungan yang didapat.

Rincian Besar Bunga Deposito DBS


Produk deposito yang ditawarkan digibank by DBS memiliki tingkatan bunga yang berbeda dengan DepositoBPR by Komunal. Besar bunga deposito digibank DBS dapat dijabarkan berdasarkan nominal yang didepositokan dan tenor mulai dari 1 hingga 12 bulan. Berikut rinciannya:




Simulasi Perhitungan Bunga Deposito DBS vs BPR


Berdasarkan tabel di atas, dapat disimpulkan bahwa nilai maksimal bunga deposito DBS untuk tenor 1 bulan adalah 4,50% p.a. yang berlaku untuk nominal deposito minimal Rp1 juta dan maksimal lebih dari atau sama dengan Rp500 juta.


Jika dibandingkan dengan produk deposito BPR, bunga DBS sebenarnya lebih rendah. Produk deposito BPR menawarkan bunga maksimal senilai 6,75% p.a. untuk tenor mulai dari 1 hingga 24 bulan. Bagi kamu yang penasaran dengan hitungan bunga deposito, gunakan rumus berikut:


Bunga Deposito = Nominal yang Didepositokan × (Suku Bunga / 12 × Tenor


Sebelum mengambil keuntungan akhir, bunga yang diberikan akan dikurangi dengan pajak sebesar 20%. Namun, hitungan pajak ini hanya berlaku bagi deposito yang nilainya lebih dari Rp7,5 juta. Cara hitungnya adalah sebagai berikut:


Pajak Bunga = Bunga Deposito × 20%


Sebagai gambaran, kamu ingin berinvestasi deposito sebesar Rp10 juta. Maka, berapa estimasi keuntungan yang bisa didapatkan dari deposito di DBS dan BPR? Cek simulasi berikut ini:



Itulah informasi singkat seputar bunga deposito DBS dan perbandingannya dengan produk deposito dari BPR. Nilai bunga yang besar tentunya dapat mendatangkan keuntungan lebih. Untuk itu, deposito di BPR bisa menjadi pilihan karena #LebihUntung.


Investasi deposito di BPR juga #LebihPraktis karena bisa dilakukan di mana saja melalui aplikasi DepositoBPR by Komunal. Prosedur investasi di DepositoBPR by Komunal pun juga #LebihAman karena dijamin penuh oleh LPS hingga Rp2 miliar per nasabah per bank.


Jadi, mari nikmati #SimpananRasaInvestasi dari investasi deposito di BPR. Yuk, unduh aplikasi DepositoBPR by Komunal segera!


share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer