Bunga Deposito Bank Permata, Ini Perbandingannya dengan BPR

blog

Bunga Deposito Bank Permata, Ini Perbandingannya dengan BPR

DepositoBPR by Komunal

26 Juni 2024

Bank Permata merupakan salah satu bank swasta yang mempunyai banyak cabang di Indonesia. Bank ini memiliki berbagai macam produk keuangan, salah satunya adalah deposito. Dalam hal ini, tahukah kamu berapa bunga deposito Bank Permata?


Perlu diingat, deposito merupakan salah satu investasi yang menguntungkan dan aman untuk dilakukan. Produk ini memberikan tingkat bunga yang cukup tinggi daripada tabungan biasa sehingga bisa mengembangkan keuangan secara optimal.

Sebagai salah satu bank swasta terbesar di Indonesia, Bank Permata memberikan suku bunga yang kompetitif kepada nasabahnya. Untuk mengetahui berapa besaran bunga deposito Bank Permata, mari simak ulasan lengkap di bawah ini.


Apa itu Deposito?


Sebelum membahas mengenai bunga deposito Bank Permata, kamu perlu mengenal pengertian dari produk keuangan ini. Deposito adalah produk simpanan yang memberikan penawaran bunga lebih tinggi daripada tabungan biasa, namun penarikannya hanya boleh dilakukan sesuai kesepakatan bersama antara nasabah dan bank.


Dana dari deposito ini akan “dikunci” terlebih dahulu dalam jangka waktu tertentu, mulai dari 1 bulan hingga 24 bulan tergantung dari bank yang kamu pilih. Selama masa itu, kamu tidak akan dapat menarik dana sebelum waktu jatuh tempo perjanjian. Namun, kamu berkesempatan untuk mendapatkan bunga yang kompetitif dari deposito.


Ketentuan Deposito Bank Permata


Membuka deposito di Bank Permata tentu mempunyai beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh nasabah. Berikut adalah beberapa ketentuan dari membuka deposito di Bank Permata untuk nasabah perorangan:


  • Menyerahkan fotokopi KTP yang masih berlaku.

  • Menyerahkan fotokopi NPWP.

  • Menyediakan spesimen tanda tangan.

    Mengisi formulir dan dokumen pembukaan rekening yang disediakan bank.

    Nasabah harus berusia minimal 21 tahun.


Besaran Bunga Deposito Bank Permata


Bank Permata menawarkan bunga deposito yang bervariasi, tergantung dengan nominal yang yang akan didepositokan dan tenor pilihan nasabah. Agar lebih jelas, berikut adalah besaran bunga deposito Bank Permata 2024:



Bunga deposito Bank Permata yang ditawarkan cukup kompetitif dan berjangka hingga 12 bulan. Untuk menempatkan dana pada deposito dari Bank Permata, kamu perlu melakukannya pada kantor cabang maupun secara online.


Perlu diketahui, besaran suku bunga deposito Bank Permata di atas bergantung dengan acuan suku bunga dari Bank Indonesia atau BI. Hal ini berarti setiap perubahan suku bunga pada BI berpengaruh dengan suku bunga deposito Bank Permata.

Simulasi Perhitungan Bunga Deposito Bank Permata vs. BPR


Untuk menghitung Bank Permata deposito, kamu bisa menggunakan rumus yang biasanya digunakan. Rumus perhitungan bunga deposito di Bank Permata adalah sebagai berikut:


Bunga Deposito = Setoran x (Suku bunga/12) x Masa Tenor


Setelah mendapatkan total bunga deposito untuk bank Permata, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah menghitung jumlah besaran pajak yang harus dibayarkan. Adapun rumusnya adalah sebagai berikut:


Total Pajak Deposito = Bunga Deposito x Nilai Pajak


Perlu diketahui, nilai pajak dari deposito adalah 20%. Meski begitu, pajak ini hanya berlaku apabila uang yang kamu depositokan melebihi Rp7,5 juta.


Kemudian, keuntungan akhir dari bunga deposito Bank Permata setelah dipotong pajak bisa dihitung menggunakan rumus berikut:


Total Bunga Deposito = Bunga Deposito - Total Akhir Pajak


Perhitungan bunga investasi deposito BPR pun dapat dilakukan dengan rumus yang sama. Perlu diketahui, besaran bunganya berbeda dengan Bank Permata, yaitu 6,75% setiap tahun. Sebagai informasi, bunga deposito dari BPR telah mendapatkan jaminan dari LPS sehingga dana yang kamu simpan lebih aman.

Sebagai contoh, jika kamu mendepositokan dana sebesar Rp100 juta, maka simulasi perhitungan antara bunga deposito Bank Permata dan BPR adalah sebagai berikut:




Demikianlah ulasan mengenai bunga deposito Bank Permata serta perbandingannya dengan BPR. Dalam hal ini, kamu telah mengetahui bahwa simulasi perhitungan bunga deposito menunjukkan bahwa keuntungan BPR semakin besar sesuai dengan masa tenornya.


Apabila tertarik untuk melakukan investasi deposito, jangan lupa memilih DepositoBPR by Komunal sebagai aplikasi investasi. DepositoBPR by Komunal akan menjembatani nasabah dan calon nasabah dalam saat menggunakan produk BPR di era digital.

Selain itu, proses investasinya pun ringkas dan telah tercatat dalam pengawasan OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Jadi, yuk #PilihYangTepat dan cobain #SimpananRasaInvestasi bersama DepositoBPR by Komunal sekarang juga!


share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer