Lebih Baik Buka Usaha atau Kerja? Simak Perbandingannya!

blog

Lebih Baik Buka Usaha atau Kerja? Simak Perbandingannya!

DepositoBPR by Komunal

14 Juli 2023

Apakah kamu sedang merasa bingung memilih antara buka usaha atau kerja? Jika iya, maka kamu mendatangi artikel yang tepat!


Merasa bimbang harus membuka usaha sendiri atau jadi karyawan memang merupakan hal yang wajar, apalagi kalau kamu sedang berada di usia 25 tahun ke atas.


Biasanya, banyak karyawan merasa sulit untuk mencapai financial independence di usia muda. Tapi di sisi lain, mengembangkan usaha dari nol juga tidak mudah.

Oleh karena itu, yuk simak beberapa pertimbangan berikut sebelum kamu memutuskan mau cari kerja atau buka usaha!


Kelebihan Buka Usaha Sendiri


Menjadi karyawan atau usaha sendiri memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Itulah sebabnya, kamu perlu melihat potensi dirimu lebih ke arah mana.


Nah, jika kamu ingin membangun semuanya dari awal, mungkin menjadi seorang pebisnis cocok untuk potensimu.


Sebelum memutuskannya, yuk ketahui apa saja kelebihan buka usaha sendiri berikut ini.


1. Fleksibilitas Waktu


Sebelum memutuskan akan buka usaha atau kerja, kamu perlu mempertimbangkan kelebihan yang satu ini jika ingin membangun bisnis sendiri.


Berbeda dengan karyawan yang secara umum jam kerjanya sudah ditentukan selama 8 jam atau lebih, pengusaha mempunyai kebebasan fleksibilitas waktu tersendiri untuk bekerja, beristirahat, hingga menentukan kapan harus libur.


Dengan begitu, kamu bisa bekerja kapanpun yang diinginkan. Namun, membangun usaha sendiri juga perlu melakukan manajemen waktu, agar bisnis berjalan dengan terstruktur.


2. Sesuai Minat


Jika kamu merupakan orang yang senang berinovasi dan memiliki kreativitas tinggi, mungkin menjadi pebisnis cocok untukmu.


Ketika menjalani usaha, kamu akan berlatih untuk menciptakan inovasi baru dan unik untuk membuat konsumen tertarik pada produk atau jasa yang ditawarkan.


Itulah mengapa, sebelum memutuskan ingin buka usaha atau kerja, kamu perlu mengetahui potensi dirimu terlebih dahulu agar nantinya bisnis bisa berjalan dengan tepat.


3. Belajar Mengembangkan Usaha


Selain berlatih menciptakan inovasi, kamu juga akan memiliki kendali penuh atas pengambilan keputusan dan strategi bisnis yang akan dijalani.


Selain itu, kamu juga dapat menyesuaikan rencana bisnis yang dimiliki dengan suatu tindakan, di mana semua keputusan untuk mengembangkan usaha ada di tanganmu.


4. Membuka Lapangan Kerja


Jika ditanya lebih baik jadi karyawan atau usaha sendiri, kelebihan yang satu ini mungkin bisa menjadi bahan pertimbanganmu.


Yap, jika kamu ingin memberikan manfaat besar bagi orang lain, membangun usaha sendiri hingga berhasil akan membuka peluang lapangan pekerjaan bagi mereka yang membutuhkan.


Kekurangan Buka Usaha Sendiri


Bagaimana, setelah mengetahui berbagai kelebihan membangun bisnis tersebut, apakah kamu sudah mulai memutuskan akan buka usaha atau kerja saja?


Well, selain mendapatkan banyak keuntungan bagi diri sendiri dan orang lain, membangun usaha pribadi dari nol pun ada kekurangannya, di antaranya yaitu seperti:


1. Memerlukan Banyak Biaya


Untuk membuka usaha sendiri, kamu membutuhkan banyak modal jika ingin membangunnya dari awal, mulai dari biaya membeli atau menyewa tempat bisnis, bahan baku produksi, gaji karyawan, hingga dana administrasi dan perizinan.


Hal ini yang perlu kamu pertimbangkan ulang sebelum akhirnya memutuskan akan buka usaha atau kerja.



2. Ada Tuntutan dari Konsumen


Saat menjadi pebisnis, meskipun kamu tidak akan mendapatkan tuntutan dari atasan, namun jangan lupakan kemungkinan berbagai permintaan oleh para konsumen.


Apalagi, setiap konsumen yang datang memiliki karakteristik berbeda-beda. Maka dari itu, sebelum membuka usaha pun, kamu perlu memahami target customer dari bisnismu.


Jika ingin mendapatkan konsumen loyal, kamu harus berusaha untuk memenuhi permintaan serta kebutuhan mereka terhadap suatu produk atau jasa yang ditawarkan.


3. Sulit Cari Modal


Salah satu kekurangan dalam membuka usaha sendiri adalah mungkin kamu akan kesulitan dalam mencari modal jika sebelumnya tidak memiliki relasi atau networking yang bisa membuka peluang untuk membantumu mendapatkan dana bisnis.


Sementara itu, jika meminjam modal kepada lembaga keuangan, seperti bank, cenderung lebih berisiko dan harus memenuhi banyak persyaratan.


Namun, tak perlu khawatir, kamu tetap bisa memperoleh modal dengan mencari sponsor, bantuan dari pemerintah, atau melalui investor yang menawarkan pendanaan.


4. Ada Potensi Kebangkrutan


Selain modal, hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memilih untuk buka usaha atau kerja adalah tingkat potensi kebangkrutan.


Dalam dunia bisnis, kondisi pasar tidak selalu berada dalam posisi yang stabil, sehingga ia akan berubah-ubah dan bersifat tak tetap.


Itulah mengapa, kamu perlu mempersiapkan mental fisik, dan strategi untuk menghadapi kemungkinan ini.


Kelebihan Kerja Jadi Karyawan


Setelah mengetahui keunggulan dan kekurangan saat membangun bisnis sendiri, berikut adalah kelebihan menjadi karyawan yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memilih akan buka usaha atau kerja, antara lain yaitu:


1. Dapat Gaji Tetap Tiap Bulan


Salah satu kelebihan utama menjadi karyawan yang mungkin sudah kamu ketahui adalah menerima gaji tetap setiap bulannya.


Sebelum memutuskan akan jadi karyawan atau usaha sendiri, kelebihan mendapatkan gaji tetap ini bisa dipertimbangkan jika kamu ingin memiliki penghasilan yang stabil.


Namun, balik lagi, keputusan ingin buka usaha atau kerja sehingga mendapatkan gaji tetap juga perlu melakukan pengelolaan keuangan yang baik, agar tidak berujung pada perilaku konsumtif.



2. Mendapat Berbagai Benefit di Luar Gaji


Selain gaji, kelebihan menjadi karyawan adalah kamu akan mendapatkan berbagai benefit yang disediakan oleh perusahaan, seperti tunjangan kesehatan, cuti tahunan dan dibayar, asuransi, serta masih banyak lagi.


3. Melatih Skill Kerja Sama


Meski dengan menjadi pengusaha juga akan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, namun seorang karyawan lebih intens terlibat dalam hubungan rekan kerja atau satu tim ketika melakukan tugasnya.


Dengan demikian, hal ini dapat memberikan kesempatanmu untuk melatih keterampilan komunikasi, kepemimpinan, dan kerja sama yang baik.


Keterampilan ini penting di dalam dunia kerja dan akan selalu dibutuhkan untuk membantu mengembangkan sikap profesionalitasmu.


4. Ada Jenjang Karir


Umumnya, ada banyak perusahaan yang akan memberikan peluang bagi para karyawannya untuk mengembangkan karier, salah satunya yaitu melalui penawaran kenaikan jabatan.


Apabila kamu mencapai keterampilan yang dibutuhkan oleh perusahaan, hal ini bisa mengantarkanmu kepada kesempatan dan pengalaman tersebut.


Namun, entah akan memutuskan jadi karyawan atau usaha sendiri, selama kamu bisa memanfaatkan peluang yang ada, hal ini dapat memperluas jaringan kariermu di masa depan.


Kekurangan Kerja Jadi Karyawan


Setelah mengetahui kelebihan menjadi pegawai, apakah kamu sudah memutuskan akan buka usaha atau kerja sebagai karyawan?


Eits, sebelum benar-benar memutuskannya, ketahui dahulu kekurangan kerja menjadi karyawan yang mungkin akan kamu hadapi nantinya, antara lain yaitu:


1. Penghasilan Relatif Tetap


Meskipun penghasilan tetap bisa membuatmu memiliki kondisi finansial yang stabil, namun hal ini juga menjadikan kamu hanya diam di tempat saja.


Maksudnya yaitu, mungkin kamu tidak bisa memiliki potensi penghasilan yang tak terbatas seperti seorang pengusaha.


Terlebih lagi, kenaikan gaji biasanya akan terjadi dalam kurun waktu tertentu yang cukup lama, sehingga kamu perlu menunjukkan hasil kinerjamu selama beberapa periode untuk mendapatkannya.


Maka dari itu, hal ini juga yang perlu menjadi pertimbanganmu sebelum memilih akan buka usaha atau kerja sebagai karyawan.


2. Tunduk pada Atasan


Sebagai seorang karyawan, mungkin kamu harus patuh pada atasan atau manajer di dalam perusahaan untuk mengikuti arahan serta keputusan dari mereka.


Jika terus menerus melakukan hal tersebut, ini bisa membatasi kreativitas dan inisiatif pribadimu dalam menjalankan suatu pekerjaan.


3. Tidak Fleksibel


Berbeda dengan pengusaha yang bebas menentukan waktu kerjanya, jam karyawan cenderung lebih tidak fleksibel.


Yap, kamu harus hadir di kantor pada jam kerja yang telah ditentukan oleh perusahaan, sehingga hal ini dapat membatasi kebebasanmu dalam mengatur jadwal pribadi.


4. Ada Potensi Mendapat Lingkungan Kerja Toxic


Perlu diketahui, mungkin tidak semua lingkungan kerja adalah tempat yang sehat dan produktif.


Kemungkinan kamu akan mengalami potensi mendapatkan lingkungan kerja yang toxic, sehingga hal ini dapat memengaruhimu dalam produktivitas, hingga kesejahteraan mental dan fisik.


Namun, memilih untuk buka usaha atau kerja tidak menutup kemungkinan kamu akan menghadapi lingkungan yang toxic dalam menjalankan bisnis.


Itu dia uraian lengkap tentang kelebihan dan kekurangan buka usaha atau kerja yang perlu kamu pertimbangkan.


Jika masih bingung lebih baik jadi karyawan atau usaha sendiri, pastikan kamu mempertimbangkan berbagai faktor luar, seperti kemampuan finansial dan kondisi keluarga.


Nah, kalau misalnya di antara buka usaha atau kerja, kamu lebih memilih untuk membangun bisnis sendiri dan butuh pembiayaan tambahan, buka saja Deposito di aplikasi DepositoBPR by Komunal!

Sebab, dengan membuka deposito dan menyimpan dana di DepositoBPR by Komunal, imbal hasil yang kamu peroleh akan #MakinMaksimal yaitu hingga 6,75% p.a. per tahunnya.


Karena sudah pasti lebih untung, kamu pun nggak perlu mengeluarkan banyak usaha dan waktu untuk melakukan berbagai strategi investasi atau analisis pasar modal.


Bagaimana, apakah kamu tertarik? Jika iya, segera unduh aplikasinya di App Store atau Google Play Store.

Yuk, raih keuntungan tambahan dan nikmati #SimpananRasaInvestasi di DepositoBPR by Komunal!



share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer