TIDAK ASAL PILIH, BEGINI PROSES SELEKSI KETAT MITRA BPR KOMUNAL

blog

TIDAK ASAL PILIH, BEGINI PROSES SELEKSI KETAT MITRA BPR KOMUNAL

Bhaskara Chandra Prasetya

18 Juli 2023

DepositoBPR by Komunal kini telah bermitra dengan lebih dari 280 BPR dan BPRS di seluruh Indonesia. Namun, tahukah kamu bahwa sebenarnya perakhir tahun 2022, jumlah BPR dan BPRS di Indonesia mencapai angka 1.608? 


Tidakkah kalian bertanya-tanya, mengapa hanya sekitar 17% BPR yang masuk ke dalam platform DepositoBPR by Komunal? Jawabannya sederhana, dalam bermitra dengan BPR, Komunal melakukan seleksi secara ketat terhadap seluruh calon mitra BPR. Berikut penjelasan lengkapnya!


Bagaimana proses seleksi yang dilakukan Komunal terhadap mitra BPR?


1. Tim DepositoBPR by Komunal melakukan screening dan mencari BPR potensial


Pada awalnya, Tim DepositoBPR by Komunal melakukan pengamatan secara online terhadap seluruh BPR yang ada di Indonesia. Tim yang melakukan pengamatan ini adalah divisi di Komunal yang bertugas dan bertanggungjawab untuk melebarkan sayap kemitraan antara Komunal dengan BPR. Di dalam proses pengamatan ini, Tim akan mengelompokkan BPR ke dalam dua jenis, yaitu BPR potensial dan BPR rentan.


2. Tahapan pengajuan kerjasama


Setelah mendapatkan data-data terkait BPR potensial, Tim DepositoBPR selanjutnya akan melakukan assesment awal dan interview dengan pengurus BPR untuk menjelaskan maksud dan tujuan. Pada proses assesment awal ini, tim DepositoBPR juga akan melakukan kunjungan langsung ke BPR terkait. Tahapan ini menjadi penting bagi Komunal untuk membangun rasa kepercayaan yang tinggi terhadap calon mitra BPR. Apabila ditemukan respon positif dari BPR tersebut, Komunal kemudian akan memberikan surat pengajuan kerjasama.


3. Proses negosiasi dan penandatanganan kerjasama


Selama proses pengajuan kerjasama tersebut, Komunal senantiasa melakukan follow-up terhadap calon mitra BPR, memberikan keyakinan kepada mereka bahwa platform DepositoBPR by Komunal akan bermanfaat dalam membantu meningkatkan inklusi keuangan melalui pengenalan produk BPR itu sendiri, yaitu deposito. Dalam tahapan ini juga, calon mitra BPR harus memenuhi dokumen persyaratan yang diperlukan, meliputi legalitas badan usaha, identitas pengurus, dan laporan keuangan terbaru. Apabila sudah terpenuhi, proses akan dilanjutkan dengan penandatanganan kerjasama.


4. Sosialisasi lanjutan dan technical training


Setelah proses penandatanganan kerjasama, BPR harus melakukan pendaftaran di platform DepositoBPR.id. Komunal kemudian meminta kepada BPR tersebut untuk menyusun SOP khusus terhadap produk-produk deposito yang ditawarkan. Di sisi lain, mitra BPR juga harus menunjuk PIC mereka yang akan mengoperasikan platform. Selanjutnya, dari Tim DepositoBPR akan memberikan technical training kepada mitra BPR sebelum BPR tersebut onboarding ke dalam platform.



5. Onboarding BPR ke dalam platform DepositoBPR by Komunal


Setelah melewati tahapan-tahapan di atas, pada akhirnya BPR secara resmi onboard ke dalam platform DepositoBPR by Komunal, dengan berbagai produk deposito yang siap ditawarkan kepada deposan.



Apa saja kriteria yang ditetapkan Komunal dalam memilih mitra BPR?


Tidak asal pilih, untuk bisa masuk ke dalam platform DepositoBPR by Komunal, tentunya mitra BPR Komunal harus memenuhi sejumlah kriteria sebagai berikut:



1. Pengurus BPR harus sudah melek digital


Hal ini menjadi sangat fundamental, mengingat platform DepositoBPR by Komunal berbasis website dan aplikasi. Maka setidaknya calon mitra BPR harus memiliki jaringan internet yang stabil dan dapat mengoperasionalisasikan komputer dan/atau gadget.



2. Tingkat Kesehatan BPR (TKS) berada di angka≥ 75%


TKS sendiri terbagi menjadi empat kelompok, yaitu sehat, cukup sehat, kurang sehat, dan tidak sehat. Dalam praktiknya, Komunal akan memilih BPR yang benar-benar sehat atau berada di angka≥ 75%. TKS ini juga turut menjadi pertimbangan Bank Indonesia untuk tetap mengizinkan BPR tersebut beroperasi atau justru harus diberhentikan.



3. Memenuhi ketentuan minimum modal inti sesuai POJK yang berlaku


Modal inti yang ditentukan oleh POJK sendiri berada di angka≥ 6 miliar. Apabila didapati calon mitra BPR telah memenuhi kriteria tersebut, maka dapat dikatakan layak untuk diajak bekerjasama.



4. Memenuhi CAR ratio≥ 12% dancashratio≥ 10%


CAR ratio dan cash ratio ini menjadi penting untuk meminimalisir potensi gagal bayar. Dengan kata lain, Komunal senantiasa mengupayakan yang terbaik bagi keamanan deposan atas penempatan deposito yang dilakukan.



Komitmen Komunal untuk selalu menjalin hubungan baik dengan mitra BPR


Setelah berhasil bermitra dengan BPR, Komunal tentu saja akan terus menjalin hubungan mutualisme di antara keduanya. Tim DepositoBPR akan secara rutin memberikan operate training kepada BPR, bersama-sama menyusun upaya merespon komplain, hingga merancang risk management system. Bahkan potensi kerjasama dengan mitra BPR dapat diperluas lebih dari sekadar menjual produk deposito, melainkan juga cross-selling core-banking system dan sindikasi kredit. 


Dengan proses seleksi ketat yang dilakukan oleh Komunal dan jaminan keamanan dari LPS (Lembaga Penjamin Simpanan), sudah tidak ada lagi alasan buat kamu untuk meragukan keamanan deposito di DepositoBPR by Komunal. Download aplikasinya sekarang dan nikmati suku bunga kompetitif hingga 6,75%!



share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer