blog
5 Tips Mapan Finansial Sebelum Umur 30
DepositoBPR by Komunal
23 Januari 2023
5 Tips Mapan Finansial Sebelum Umur 30

Bayangkan kondisi dimana Anda tidak perlu terus-menerus stres tentang uang. Anda memiliki cukup uang untuk menutupi tagihan, pengeluaran rutin, hobi, dan lainnya. Di luar itu, Anda ingin mengelola keuangan Anda sehingga Anda akhirnya mampu memenuhi gaya hidup yang benar-benar ingin Anda jalani. Semua hal ini sangat memungkinkan ketika Anda mencapai mapan finansial.



Ketika Anda berada di kondisi mapan finansial dan stabil secara finansial, Anda merasa percaya diri dengan situasi keuangan Anda. Anda tidak perlu khawatir membayar tagihan karena Anda tahu Anda akan memiliki dana. Anda bebas hutang, Anda memiliki tabungan uang untuk tujuan masa depan Anda dan Anda juga memiliki tabungan yang cukup untuk menutupi keadaan darurat.



Stabilitas keuangan bukanlah tentang menjadi kaya. Sebenarnya, itu bukan angka sama sekali. Ini lebih kepada penerapan pola pikir. Ketika Anda memiliki stabilitas keuangan, Anda tidak perlu stres tentang uang dan Anda dapat memfokuskan energi Anda pada bagian lain dari hidup Anda.


Ini mungkin terdengar seperti mimpi, tetapi stabilitas keuangan adalah sesuatu yang dapat Anda capai. Ini akan memakan waktu dan Anda harus bekerja keras. Di sini, kami telah mencantumkan aspek yang dapat membantu mengukur kesehatan finansial Anda.




5 Tips Mapan Secara Finansial



Memiliki sedikit atau tidak sama sekali hutang


Kartu kredit dan pinjaman lainnya dapat menempatkan apa yang Anda inginkan dalam jangkauan keuangan Anda. Tetapi pembayaran dapat meregangkan anggaran bulanan Anda melebihi batas yang nyaman. Mengurangi atau menghilangkan hutang itu benar-benar dapat membebaskan uang yang kemudian dapat Anda gunakan untuk keadaan darurat, investasi, atau perbaikan rumah sehingga menjadikan Anda mapan finansial.




Dapat membayar pengeluaran bulanan hanya dengan penghasilan


Apakah Anda sudah menikah, dan apakah Anda dan pasangan Anda berpenghasilan? Anda berada dalam kondisi mapan finansial dan keuangan yang sangat baik jika Anda dapat menutupi pengeluaran tetap bulanan seperti tagihan listrik hanya dengan penghasilan Anda atau pasangan Anda. Sisa dari penghasilan dapat digunakan untuk tabungan atau pengeluaran diskresioner, seperti makan di luar dan liburan.



Membayar tagihan tepat waktu


Anda berada dalam situasi keuangan yang sehat dan mapan finansial jika Anda selalu memiliki cukup uang untuk membayar tagihan tepat waktu. Ini juga berarti bahwa Anda tidak akan kehilangan waktu tidur karena keuangan Anda. Mengapa? Karena ketika Anda pergi tidur setiap malam, Anda akan tahu bahwa semua tagihan Anda telah dibayar dan ada sisa uang untuk pengeluaran bulanan lainnya, dan dunia Anda baik-baik saja.



Memiliki dana darurat yang memadai


Hidup selalu memberikan kejutan keuangan yang tidak menyenangkan seperti perbaikan mobil atau kehilangan pekerjaan, dana darurat yang cukup (biaya sekitar enam bulan) atau asuransi dapat membantu Anda mengatasi krisis. Jika tidak, Anda mungkin akan meminjam untuk menutup kebutuhan. Hal ini dapat membuat Anda terjerumus dalam lingkaran utang dan ketidakamanan finansial, sehingga sulit bagi Anda untuk menabung.



Kekayaan bersih Anda tumbuh dari tahun ke tahun


Kekayaan bersih Anda mengalami pertumbuhan yang cukup konsisten setiap tahun. Ini seharusnya sebagai hasil dari pertumbuhan yang didorong oleh kombinasi tabungan Anda, kontribusi reguler ke portofolio investasi Anda, dan hasil investasi yang baik.



Belum sempat mencapai kehidupan yang mapan finansial? Jangan khawatir. Anda dapat meningkatkan kesehatan finansial Anda di depan uang dengan beberapa perencanaan keuangan yang cerdas.



Komponen penting dari perencanaan keuangan adalah investasi, yang dapat membantu Anda menjadi seorang yang mapan finansial dan mencapai tujuan keuangan tertentu. Misalnya, deposito dengan imbal hasil nya yang dapat menjadi solusi untuk penciptaan kekayaan dalam jangka panjang.



Anda mungkin berpikir bahwa hanya dengan mengklik jari Anda dan memenangkan lotre akan menyelesaikan semua masalah Anda. Telah terbukti bahwa uang instan bukanlah pemecah masalah yang tepat.



Tetapi lebih dari sekadar memiliki uang, Anda juga harus tahu bagaimana menjaga kestabilannya. Memiliki stabilitas keuangan tidak berarti menjadi kaya, tetapi itu berarti tidak lagi hidup dari gaji ke gaji. Anda benar-benar memiliki kendali atas pengeluaran Anda, dan Anda mungkin tidak memiliki jutaan di rekening bank Anda, tetapi Anda juga tidak perlu khawatir.



Yuk mulai simpan danamu sekarang juga dengan mudah dan praktis untuk wujudkan masa depan yang lebih mapan secara finansial melalui DepositoBPR by Komunal #Lebih Untung, dengan tingkat suku bunga tertinggi hingga 6,25% #Lebih Aman, karena telah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) #Lebih Praktis, lebih dari 250 BPR terseleksi di seluruh Indonesia dalam satu aplikasi. kunjungi website kami untuk informasi lebih lengkap!




share

Bagikan