blog
E-Deposito Digital Jadi Terobosan, BPR Menuju Digital Dengan Komunal
Komunal Indonesia
27 Juli 2022
E-Deposito Digital Jadi Terobosan, BPR Menuju Digital Dengan Komunal

Modernisasi adalah kunci bagi perusahaan-perusahaan dewasa ini untuk mempertahankan kapitalisasi market. Hal ini membuat perusahaan-perusahaan start-up bertumbuh pesat dengan memanfaatkan teknologi demi mengikuti perkembangan zaman. Modernisasi ini dibutuhkan oleh Bank Perkreditan Rakyat (BPR) untuk mengembangkan usaha. Akan tetapi, mayoritas BPR berlokasi di wilayah yang tidak mudah untuk dijangkau sehingga sisi aksesibilitas dan perkembangan teknologi cenderung terhambat.



Digitalisasi Deposito BPR


Salah satu langkah dilakukan oleh BPR untuk mengikuti perkembangan zaman ini, adalah memsubstitusi bilyet fisik dengan advis deposito. Berbeda dengan bilyet yang adalah bukti kepemilikan deposito, advis deposito adalah surat bukti penempatan deposito yang diberikan bank kepada nasabah.


E-Deposito terbentuk dikarenakan beberapa hal, salah satunya adalah hasil kerjasama dengan aplikasi DepositoBPR by Komunal yang merupakan aplikasi penghubung BPR dan deposan secara online sehingga pembukaan deposito BPR dari seluruh Indonesia dapat dilakukan dengan sentuhan jari melalui smartphone. Hanya saja, Ketika BPR masih menggunakan bilyet fisik maka bilyet tersebut harus dikirimkan kepada nasabah. Hal ini menimbulkan biaya dan upaya tambahan. Lalu Ketika akan mencairkan deposito, bilyet tersebut juga harus dikirimkan kembali kepada BPR karena deposito hanya bisa dicairkan ketika bilyet sudah diterima oleh BPR.



Manfaat Pembukaan Deposito melalui DepositoBPR by Komunal


Pelayanan pembukaan depositoBPR dan penyediaan E-Deposito membawa banyak manfaat yang nyata bagi deposan maupun BPR. Manfaat-manfaat digitalisasi depositoBPR bagi deposan antara lain:


  • Dana deposan pasti aman karena dijamin oleh pemerintah melalui Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

  • Menjamin keamanan data deposan karena DepositoBPR sudah memiliki sertifikasi ISO27001 untuk seluruh sistem operasionalnya

  • Mendapatkan bunga yang lebih tinggi dibandingkan bank umum dan tanpa resiko karena dijamin oleh LPS

  • Tidak perlu datang secara fisik untuk memproses pembukaan deposito

  • Dapat dilakukan kapanpun dan di manapun sesuai dengan kondisi deposan

  • Terdapat promo-promo yang menarik yang disediakan oleh DepositoBPR

  • Jangka waktu penyimpanan yang cenderung singkat (1-12 bulan)

  • Tercatat dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga seluruh operasionalnya diawasi oleh OJK.

Dan manfaat bagi Bank Perkreditan Rakyat sebagai berikut:


  • Mendapatkan channel penghimpunan dana deposito BPR dari seluruh Indonesia sehingga dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas

  • Menambah arus kas perusahaan sehingga dapat memberikan kredit yang lebih banyak kepada UMKM-UMKM sekitar

  • Mendapatkan publikasi gratis melalui platform DepositoBPR ke seluruh Indonesia

  • Membantu edukasi mengenai BPR dan bagaimana BPR bekerja

  • Memudahkan konsumen BPR untuk bertransaksi secara online

  • Mengurangi biaya promosi seperti promo, iklan, cashback, bonus dan sebagainya


Cara Mendapatkan E-Deposito


Anda dapat melakukan penempatan deposito pada BPR yang menyediakan E-Deposito. Setelah pembayaran atas nominal deposito yang diajukan, deposan tidak akan mendapatkan Bilyet fisik melainkan Advis Deposito yang dapat diakses melalui aplikasi DepositoBPR. Produk E-Deposito ini belum ditawarkan semua BPR, ada beberapa BPR yang menyediakan E-Deposito tetapi mayoritas masih menggunakan bilyet fisik. Deposan dapat memilih sesuai dengan preferensi masing-masing.



Proses Pengajuan sampai Pencairan Deposito


Deposan dapat mengunduh aplikasi DepositoBPR by Komunal terlebih dahulu. Aplikasi DepositoBPR dapat diunduh di App Store dan Play Store. Berikut adalah langkah-langkah melalkukan pengajuan sampai dengan pencairan deposito.



  • Pilih produk deposito yang disediakan dalam aplikasi, serta minimal penempatan, bunga deposito, dan tenor yang sesuai dengan kondisi keuangan deposan sekarang jangan lupa pilih yang tertera label E-Deposito.


  • Lakukan pengisian Nominal Deposito dan jika ada kode promo, silahkan mengisi di kolom yang disediakan dan klik "Terapkan" lalu klik Ajukan Deposito.

  • Setelah penandatanganan, BPR akan mengulas pengajuan deposan kurang lebih 3 hari kerja sampai disetujui. Pada saat tersebut, deposan baru dapat melakukan pembayaran melalui halaman "Depositoku" di App DepositoBPR

  • Deposan dapat melakukan pembayaran dari semua rekening bank yang dimiliki deposanDeposan juga tidak harus mentransfer dana melalui rekening bank yang sama dengan yang diisi di halaman registrasi.

  • Setelah itu, BPR akan memproses dan mengaktifkan deposito deposan dan menerbitkan bilyet fisik atau advis deposito sesuai dengan produk BPR yang dipilih oleh deposan

  • Kemudian, deposito akan memasuki masa jatuh tempo. Pada masa ini, deposan dapat melakukan pencairan deposito melalui aplikasi DepositoBPR untuk menjadwalkan pengembalian bilyet fisik, namun untuk pengguna E-Deposito cukup melakukan konfirmasi pencairan saja. Kurir akan dijadwalkan untuk mengambil bilyet fisik deposan di alamat yang dicantumkan oleh deposan dan setelah itu dana akan dicairkan sesuai dengan tanggal jatuh tempo atau pada hari kerja selanjutnya.

  • Selain pencairan deposito, deposan dapat melakukan konfirmasi ARO atau Automatic Roll Over melalui App DepositoBPR sehingga pokok deposito dapat diperpanjang dan hanya bunga yang akan dicairkan pada saat tanggal jatuh tempo.

Preview E-Deposito :



Untuk mendaftarkan diri sebagai deposan dengan cara mengunduh aplikasi DepositoBPR by Komunal melalui Play Store atau Apple App Store.



share

Bagikan