blog
DepositoBPR by Komunal
27 Juli 2022
Modernisasi adalah kunci bagi perusahaan-perusahaan dewasa ini untuk mempertahankan kapitalisasi market. Hal ini membuat perusahaan-perusahaan start-up bertumbuh pesat dengan memanfaatkan teknologi demi mengikuti perkembangan zaman. Modernisasi ini dibutuhkan oleh Bank Perkreditan Rakyat (BPR) untuk mengembangkan usaha. Akan tetapi, mayoritas BPR berlokasi di wilayah yang tidak mudah untuk dijangkau sehingga sisi aksesibilitas dan perkembangan teknologi cenderung terhambat.
Salah satu langkah dilakukan oleh BPR untuk mengikuti perkembangan zaman ini, adalah memsubstitusi bilyet fisik dengan advis deposito. Berbeda dengan bilyet yang adalah bukti kepemilikan deposito, advis deposito adalah surat bukti penempatan deposito yang diberikan bank kepada nasabah.
E-Deposito terbentuk dikarenakan beberapa hal, salah satunya adalah hasil kerjasama dengan aplikasi DepositoBPR by Komunal yang merupakan aplikasi penghubung BPR dan deposan secara online sehingga pembukaan deposito BPR dari seluruh Indonesia dapat dilakukan dengan sentuhan jari melalui smartphone. Hanya saja, Ketika BPR masih menggunakan bilyet fisik maka bilyet tersebut harus dikirimkan kepada nasabah. Hal ini menimbulkan biaya dan upaya tambahan. Lalu Ketika akan mencairkan deposito, bilyet tersebut juga harus dikirimkan kembali kepada BPR karena deposito hanya bisa dicairkan ketika bilyet sudah diterima oleh BPR.
Pelayanan pembukaan depositoBPR dan penyediaan E-Deposito membawa banyak manfaat yang nyata bagi deposan maupun BPR. Manfaat-manfaat digitalisasi depositoBPR bagi deposan antara lain:
Dan manfaat bagi Bank Perkreditan Rakyat sebagai berikut:
Anda dapat melakukan penempatan deposito pada BPR yang menyediakan E-Deposito. Setelah pembayaran atas nominal deposito yang diajukan, deposan tidak akan mendapatkan Bilyet fisik melainkan Advis Deposito yang dapat diakses melalui aplikasi DepositoBPR. Produk E-Deposito ini belum ditawarkan semua BPR, ada beberapa BPR yang menyediakan E-Deposito tetapi mayoritas masih menggunakan bilyet fisik. Deposan dapat memilih sesuai dengan preferensi masing-masing.
Deposan dapat mengunduh aplikasi DepositoBPR by Komunal terlebih dahulu. Aplikasi DepositoBPR dapat diunduh di App Store dan Play Store. Berikut adalah langkah-langkah melalkukan pengajuan sampai dengan pencairan deposito.
Preview E-Deposito :
Untuk mendaftarkan diri sebagai deposan dengan cara mengunduh aplikasi DepositoBPR by Komunal melalui Play Store atau Apple App Store.
Layanan Pengaduan Konsumen
PT. Komunal Sejahtera Indonesia
Telepon : (+62) 31 9921 0252
WhatsApp : +62-851-6310-6672
Email : [email protected]
Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI
WhatsApp : +62-853-1111-1010