blog
Pensiun Dini: 5 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menjalaninya
DepositoBPR by Komunal
20 Januari 2023
Pensiun Dini: 5 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menjalaninya

Selama beberapa dekade, usia 65 dianggap sebagai waktu standar untuk transisi menuju pensiun. Dalam beberapa tahun terakhir, gagasan untuk pensiun dini telah menarik bagi sebagian orang Indonesia. Tren ini bertepatan dengan ketertarikan pada gerakan kemerdekaan finansial yang menganjurkan strategi tabungan terfokus untuk pensiun di usia muda.



Pensiun di usia muda terlihat seperti mimpi indah bagi banyak orang. Anda telah bekerja selama beberapa dekade. Anda telah berfokus pada pekerjaan dengan tujuan menikmati sisa hidup Anda dengan cara Anda sendiri.



Pensiun dini dari pekerjaan yang melelahkan atau pekerjaan dengan tingkat stres yang tidak proporsional dapat membantu Anda mempertahankan, atau mendapatkan kembali kesehatan Anda yang baik dan mempertahankannya lebih lama.



5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Untuk Pensiun Dini


Jika Anda ingin pensiun pada usia 40, Anda memerlukan panduan untuk membantu Anda mencapainya. Berikut adalah tips terbaik bagi siapapun yang ingin pensiun dini.


1. Memperoleh aset yang menghasilkan pendapatan


Dapatkan properti dan aset yang menghasilkan pendapatan saja. Hiduplah secara konservatif, pergi berlibur sederhana dan beli mobil yang bisa Anda simpan setidaknya selama tujuh tahun. Dapatkan saham berkualitas yang membayar dividen secara konsisten. Seiring waktu, kurangnya hutang dan biaya hidup yang rendah, digabungkan dengan aset penghasilan Anda, akan mewujudkan pensiun di usia muda.



2. Bayar diri Anda terlebih dahulu


Saat gaji Anda masuk ke rekening bank, selanjutnya apa yang terjadi? Apakah itu akan diam di sana, menunggu Anda membayar tagihan dan pengeluaran? Atau apakah sebagian dari gaji Anda secara otomatis ditransfer ke rekening tabungan? Membayar diri Anda terlebih dahulu adalah cara yang bagus untuk mengotomatiskan proses tabungan Anda dan, pada gilirannya, masa pensiun Anda. Siapkan transfer otomatis untuk memasukkan sebagian dari gaji Anda ke dalam tabungan setiap periode pembayaran.



3. Bekerja keras dan disiplin


Ada beberapa cara untuk mewujudkan pensiun dini, tetapi semuanya membutuhkan kerja keras dan disiplin. Salah satunya adalah mengambil pekerjaan bergaji tinggi dan menabung sebanyak mungkin dari penghasilan Anda. Lainnya adalah memulai bisnis. Anda juga dapat mencoba berinvestasi secara agresif, tetapi ini tidak selalu membuahkan hasil. Kerja keras dan disiplin adalah cara paling handal untuk pensiun di usia muda.


4. Mulailah berinvestasi sejak dini


Jika Anda ingin pensiun dini, berinvestasilah lebih awal. Meskipun Anda mungkin menghasilkan lebih banyak di usia 40-an dan dapat berkontribusi lebih banyak, menunggu sampai saat itu tidak cukup jika Anda ingin pensiun dini. Saran terbaik kami adalah mulai berinvestasi besar-besaran di usia 20-an, karena kekayaan Anda akan memiliki waktu lebih dari dua dekade untuk meraup keuntungan dari bunga majemuk.



5. Rencanakan, rencanakan dan rencanakan lagi


Apa arti pensiun bagi Anda? Berapa banyak yang Anda butuhkan untuk hidup nyaman? Memiliki tujuan spesifik berarti Anda dapat menyusun strategi tabungan dan investasi yang cerdas untuk membawa Anda ke tempat yang Anda inginkan. Dan bagaimana jika jalan Anda menyimpang? Rencanakan hal yang tidak terduga, selalu: perubahan pada pekerjaan Anda, ekonomi, dan keluarga Anda. Jadi rencanakan lebih awal dan sering, dan tetap disiplin.



Nah itu dia 5 hal yang perlu Anda pertimbangkan apabila berminat untuk pensiun di usia muda. Untuk Anda yang ingin mencapai kebebasan finansial dan berencana untuk pensiun dini, menyimpan uang melalui DepositoBPR by Komunal bisa jadi pilihan yang tepat sebagai peluang investasi Anda.



#Lebih Untung, dengan tingkat suku bunga tertinggi hingga 6,25% #Lebih Aman, karena telah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) #Lebih Praktis, lebih dari 250 BPR terseleksi di seluruh Indonesia dalam satu aplikasi. kunjungi website kami untuk informasi lebih lengkap!


share

Bagikan