Estimasi Rincian Modal Nikah Sederhana Budget 20 Juta, Simak!

blog

Estimasi Rincian Modal Nikah Sederhana Budget 20 Juta, Simak!

DepositoBPR by Komunal

22 November 2023

Bagi yang sedang merencanakan pernikahan, pernahkan kamu penasaran berapa modal nikah sederhana?



Hingga kini, pernikahan dianggap sebagai momen sakral yang membuat beberapa orang menilai bahwa pesta tersebut harus dirayakan semewah mungkin. Di sisi lain, tidak semua calon pengantin merupakan pasangan yang memiliki tabungan besar dan secara finansial mampu melangsungkan pesta dengan budget fantastis.


Perlu dipahami, biaya nikah sederhana ataupun mewah tidak akan membuat kesakralan itu sendiri berkurang. Sebab, kesakralan pernikahan jauh lebih bergantung pada komitmen, cinta, dan kebersamaan dua individu yang memutuskan untuk bersatu dalam ikatan suci.



Artikel berikut akan mengulas lebih lanjut seputar perencanaan modal nikah sederhana yang bisa dijadikan sebagai inspirasi. Yuk, simak!


Rekomendasi Modal Nikah Sederhana


Sebelum membahas berapa modal nikah sederhana lebih dalam, penting untuk diingat bahwa istilah “sederhana” sangatlah relatif dan mungkin dapat berbeda bagi setiap orang.


Namun, umumnya, pernikahan dengan budget Rp20 jutaan sudah bisa dianggap “sederhana” dan dapat dilakukan dengan konsep wedding intimate bersama keluarga inti saja.



Di bawah ini, kamu bisa melihat beberapa poin penting dalam merencanakan modal nikah sederhana dengan anggaran sekitar Rp20 juta.


Rekomendasi Modal Nikah Sederhana Budget Rp20 Juta


Dengan budget maksimal Rp20 juta, pengantin bisa memilih venue outdoor atau semi outdoor dengan konsep intimate dan dekorasi minimalis. Berikut rincian lengkapnya.


  • Seserahan lamaran: Rp1.000.000 (Beli barang-barang diskon di e-commerce).

  • Biaya nikah dari KUA: Rp600.000 (Biaya tersebut ditujukan bagi pasangan yang ingin melangsungkan akad di rumah. Jika akad diadakan di KUA, maka biayanya gratis).

  • Mahar pernikahan: Rp100.000 (Seperangkat alat ibadah).

  • Cincin pernikahan: Rp3.000.000 (Beli cincin dengan berat dan kadar emas yang rendah).

  • Sewa lokasi resepsi: Rp2.000.000 (Biasanya balai desa atau lapangan bisa disewa dengan harga terjangkau).

  • Undangan: Rp100.000 (Gunakan undangan digital agar lebih hemat).

  • Katering: Rp5.000.000 (Asumsi undangan 100 pax, maka budget tersebut bisa diusahakan dengan mencari vendor katering yang memberi harga Rp50.000/pax).

  • Dekorasi pernikahan: Rp1.200.000 (Cari dekorasi sederhana).

  • Suvenir: Rp500.000 (Cari souvenir murah, seperti gantungan kunci atau yang lainnya).

  • Hiburan dan pengisi acara: Rp1.000.000

  • Dokumentasi: Rp3.000.000

  • Rias dan baju pengantin: Rp2.000.000

  • Biaya tak terduga: Rp500.000

Rekomendasi Modal Nikah Sederhana Budget di Bawah Rp20 Juta


Sebagai alternatif, kamu juga bisa mempertimbangakan modal nikah sederhana berikut dengan total di bawah Rp20 juta.


  • Seserahan lamaran: Rp500.000 (Beli barang-barang diskon di e-commerce).

  • Biaya nikah dari KUA: Rp600.000 (Biaya tersebut ditujukan bagi pasangan yang ingin melangsungkan akad di rumah. Jika akad diadakan di KUA, maka biayanya gratis).

  • Mahar pernikahan: Rp100.000 (Seperangkat alat ibadah).

  • Cincin pernikahan: Rp2.000.000 (Beli cincin silver atau emas putih).

  • Undangan: Rp100.000 (Gunakan undangan digital agar lebih hemat).

  • Katering: Rp4.000.000 (Asumsi undangan 80 pax, maka budget tersebut bisa diusahakan dengan mencari vendor katering yang memberi harga Rp50.000/pax).

  • Dekorasi pernikahan: Rp1.200.000 (Cari dekorasi sederhana).

  • Suvenir: Rp500.000 (Cari souvenir murah, seperti gantungan kunci atau yang lainnya).

  • Hiburan dan pengisi acara: Rp1.000.000

  • Dokumentasi: Rp3.000.000

  • Rias dan baju pengantin: Rp2.000.000

  • Biaya tak terduga: Rp500.000

Rincian modal nikah sederhana mungkin tercapai dengan melangsungkan acara pernikahan di rumah sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk sewa lokasi. Jika ingin lebih hemat, kamu juga bisa melangsungkan akad nikah di KUA pada hari kerja.



Perencanaan Modal Nikah Sederhana


Dalam menyusun rincian modal nikah sederhana, tentu kamu perlu melakukan perencanaan agar acara pernikahan tetap bisa berlangsung secara maksimal walau dengan budget minimal. Berikut penjelasannya.


1. Undangan dan Suvenir


Alokasi budget untuk undangan dan suvenir dapat menjadi salah satu bagian yang dapat dihemat. Kamu bisa membuat undangan digital melalui layanan perencana pernikahan online yang lebih terjangkau.



Selain itu, suvenir pernikahan juga dapat dibuat sendiri atau homemade untuk memberikan sentuhan pribadi.


2. Wedding Organizer


Apabila berencana untuk melangsungkan pernikahan di gedung atau lokasi tertentu, kamu dapat mempertimbangkan untuk menggunakan WO.



Dengan biaya pernikahan sederhana, kamu dapat memilih WO yang menawarkan paket lengkap yang sering kali lebih ekonomis karena biayanya sudah termasuk katering, dekorasi, gedung, dan suvenir.


3. Cincin Kawin


Cincin kawin adalah salah satu simbol penting dalam pernikahan. Namun, kamu tidak harus selalu memilih cincin emas dengan berlian mahal. Ada banyak alternatif yang lebih terjangkau, seperti cincin perak atau emas putih.



Dalam hal ini, kamu juga bisa menggunakan cincin lamaran yang lebih sederhana dan mengalokasikan budget untuk cincin pernikahan.


4. Tema Pernikahan


Perencanaan modal nikah sederhana sedikit banyak juga dipengaruhi oleh tema yang dipilih. Dalam hal ini, kamu dapat mengadopsi konsep pernikahan intimate yang lebih hangat.



Jika anggaran pernikahan terbatas, kamu dapat mencari berbagai ide alternatif seperti desain minimalis yang sederhana namun tetap berkesan. Jangan ragu juga untuk mencari inspirasi dari berbagai sumber agar tema pernikahan tetap bisa sesuai dengan keinginanmu dan pasangan.


5. Dekorasi Pernikahan


Dekorasi pernikahan adalah elemen penting dalam perencanaan pernikahan. Dengan mengadopsi anggaran pernikahan sederhana, kamu bisa memilih dekorasi simpel, seperti dekorasi ala rustic, yang dapat menghemat biaya.



Dengan dekorasi tersebut, kamu bisa menggunakan bahan-bahan yang sudah ada, seperti potongan-potongan kayu, dedaunan, dan bunga-bunga.


6. Katering


Biasanya, katering adalah salah satu elemen yang memakan sebagian besar anggaran pernikahan. Oleh karena itu, carilah vendor katering yang menawarkan harga terjangkau dan tetap memastikan kualitas makanan yang baik.



Perlu diingat juga bahwa jumlah tamu undangan memengaruhi besaran biaya katering. Jadi, coba pertimbangkan untuk membatasi jumlah tamu yang akan diundang.




7. Mahar Pernikahan


Mahar adalah aspek penting dalam suatu pernikahan yang dapat berupa uang tunai, alat ibadah, atau emas.



Untuk menghemat biaya, pertimbangkan untuk memilih mahar berupa alat ibadah atau uang tunai dengan nominal yang sesuai dengan tanggal pernikahan. Selain menghemat biaya, tips ini juga memungkinkanmu untuk membuat pernikahan lebih berkesan.


8. Busana dan Tata Rias


Alih-alih membeli yang baru, kamu dapat menyewa gaun agar lebih hemat dan praktis. Apalagi, gaun pengantin biasanya hanya digunakan sekali seumur hidup.



Sementara untuk tata rias, kamu dapat mengandalkan kemampuan sendiri atau meminta tolong teman yang pandai make up.


9. Dokumentasi


Jasa dokumentasi pernikahan umumnya telah mencakup paket foto dan video. Dalam hal ini, kamu bisa melakukan riset untuk menemukan vendor yang sesuai dengan anggaranmu.



Sebagai alternatif yang lebih hemat, kamu juga bisa meminta bantuan teman terdekat yang memiliki keterampilan fotografi atau videografi.


10. Paket Hiburan


Untuk hiburan, kamu bisa mengundang teman atau anggota keluarga yang memiliki bakat musikal atau vokal untuk memeriahkan acara. Selain menghemat anggaran, hal ini juga akan menciptakan suasana yang lebih hangat dan intim.



Selain itu, kamu juga bisa mencari paket hiburan akustik yang biasanya melibatkan satu atau dua orang saja, sehingga biayanya akan lebih terjangkau.


11. Biaya Administrasi


Terakhir dan tak kalah penting, pastikan untuk memasukkan biaya administrasi dalam perencanaan modal nikah sederhana.



Biaya administrasi ini diperlukan untuk pendaftaran di Kantor Urusan Agama (KUA) yang biasanya sudah mencakup biaya berkas pernikahan, buku nikah, dan biaya pendaftaran.



Agar lebih hemat, kamu dan pasangan juga dapat mempertimbangkan untuk mengadakan pernikahan di KUA yang biayanya lebih terjangkau.



Itu dia rekomendasi modal nikah sederhana yang bisa kamu pertimbangkan dengan pasangan.



Pada intinya, melangsungkan pernikahan memerlukan sejumlah budget. Oleh karenanya, kamu bisa menabung bersama pasangan sedini mungkin untuk memaksimalkan biaya pernikahan.



Salah satu tips agar menabung menjadi makin untung adalah dengan menyimpan danamu di aplikasi DepositoBPR by Komunal.


DepositoBPR by Komunal adalah aplikasi yang menyediakan produk deposito dari BPR, baik konvensional maupun syariah.



Adapun salah satu keuntungan dari DepositoBPR by Komunal adalah tingkat suku bunga sebesar 6,75%. Selain itu, DepositoBPR by Komunal juga sudah tercatat dan diawasi oleh OJK sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan keamanannya.



Jadi tunggu apa lagi? Yuk, buat dana tabungan pernikahanmu #MakinMaksimal di DepositoBPR by Komunal dan nikmati #SimpananRasaInvestasi sekarang juga!




share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer