blog
Usia Muda Kenapa Susah Banget Untuk Menabung?
DepositoBPR by Komunal
11 Januari 2023
Usia Muda Kenapa Susah Banget Untuk Menabung?

Usia muda adalah usia produktif. Namun, kaum muda sering disebut sebagai kelompok yang sulit menabung. Apa yang membuat generasi muda sulit menyimpan uangnya?



Kecenderungan sulit menyimpan uang di usia muda terutama yang sering terjadi pada generasi milenial saat ini adalah perasaan yang mudah bosan dan selalu ingin mengikuti trend terkini. Misalnya, smartphone terbaru yang biasanya dirilis setiap tahun oleh sejumlah merek selalu dipadati kaum muda yang sibuk mengantri untuk membelinya. Padahal harga smartphone terbaru ini tidak murah lho!



Nah, jika kamu termasuk muda mudi yang suka mengganti barang lama dengan yang terbaru, coba tanyakan dulu pada dirimu sendiri. Apakah barang lama Anda rusak dan harus diganti? Apakah ada kebutuhan yang belum terpenuhi oleh barang lama Anda? Jika Anda masih ragu untuk menjawab kedua pertanyaan tersebut, sebaiknya tunda pembelian dan simpan uang untuk kebutuhan lainnya.



Yuk ketahui lebih jauh mengapa sulit sekali menyimpan uang di usia muda, agar kamu bisa memperbaiki diri dan mulai rutin menghemat dan menyimpan uang.



Fenomena First Jobber yang Sulit Menabung


Sulit menabung banyak dialami oleh generasi muda khususnya para first jobber yang didasari oleh beberapa hal berikut ini:


Mindset “You Only Live Once”


Kebanyakan kaum muda terutama generasi milenial saat ini sering mengatakan “you only live once (YOLO)” setiap kali mereka melakukan sesuatu yang impulsif. Itu benar; hidup harus dinikmati tanpa penyesalan. Namun, apa jadinya jika Anda menghambur-hamburkan uang setelah menerima gaji, lalu hidup dalam kemiskinan menjelang akhir bulan? Jika Anda selalu kehabisan uang dan tidak bisa menabung, artinya Anda tidak punya kendali atas masa depan Anda!



Hal ini justru akan membawa Anda pada kesenangan sesaat, dimana nantinya ketika Anda bertambah tua, Anda akan menanggung beban keuangan yang berat.


Gaji yang Stagnan


Apakah Anda merasa pengeluaran Anda terus meningkat sementara gaji Anda tetap? ini adalah fenomena yang dialami oleh banyak generasi milenial yang membuat mereka semakin sulit untuk menabung. Terkadang, mengurangi pengeluaran saja tidak cukup.



Bingung Tentang Bagaimana Mengelola Keuangan


Sayangnya, masih banyak generasi muda yang buta finansial. Dalam beberapa kasus, kebanyakan orang dengan usia muda cenderung tidak menjadwalkan pengeluaran rutinnya, seperti tagihan listrik dan internet, sehingga mengakibatkan keterlambatan pembayaran dan denda. Belum lagi, banyak dari mereka yang hanya memiliki satu rekening tabungan dan tidak memiliki asuransi.



Apa efek sampingnya? Milenial sulit menabung karena gaji bulanannya selalu habis.



Tips Mudah Menabung di Usia Muda


Ingin meningkatkan tabungan Anda dengan membuat perubahan kecil? Coba tips menabung dengan mudah ini. Menabung tidak mudah ketika Anda melewati department store favorit Anda dalam perjalanan pulang kerja setiap hari. Lain kali, daripada menghabiskan uang tanpa berpikir, ciptakan kebiasaan menghemat dan menyisihkan uang Anda dengan cara berikut:



Kembangkan "pola pikir orang kaya"


Kita sering melihat ke individu terkaya untuk melihat kebiasaan finansial apa yang mereka miliki yang mungkin juga bisa kita adopsi. Namun, lebih dari sekadar tindakan mereka, pertimbangkan pola pikir finansial mereka, atau cara mereka berpikir tentang uang mereka. Mereka selalu tahu bagaimana menggunakan uang dengan tepat, salah satunya dengan mempertimbangkannya untuk investasi dibandingkan untu hal-hal yang tidak penting.



Tentukan nilai-nilai hidup Anda


Setelah Anda memutuskan bahwa Anda akan menjadi kaya, Anda harus menentukan alasan Anda menginginkan kesuksesan finansial ini.



Fokus pada apa yang benar-benar penting bagi Anda


Ketika datang untuk membangun kekayaan dan memperbaiki pola pikir uang Anda, Anda harus mengikuti apa yang berhasil untuk Anda dan penting untuk tidak terjebak dalam standar yang ditentukan oleh dunia. Apa pun tujuan Anda, fokuslah pada standar Anda sendiri dan apa arti uang bagi Anda terkait dengan apa yang Anda inginkan dalam hidup Anda.



Yuk mulai bangun mindset finansial yang baik dan tabung uang Anda untuk masa depan yang lebih baik. Anda juga bisa menabung melalui program DepositoBPR by Komunal.



#Lebih Untung, dengan tingkat suku bunga tertinggi hingga 6,25% #Lebih Aman, karena telah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) #Lebih Praktis, lebih dari 250 BPR terseleksi di seluruh Indonesia dalam satu aplikasi. kunjungi website kami untuk informasi lebih lengkap!Kunjungi websitenya sekarang juga dan dapatkan penawaran menarik!


share

Bagikan