Kenali Perbedaan Deposito dan Tabungan, Simak Disini!

blog

Kenali Perbedaan Deposito dan Tabungan, Simak Disini!

DepositoBPR by Komunal

21 November 2022

Mungkin belum banyak yang mengetahui beberapa perbedaan deposito dan tabungan. Meskipun, keduanya dibutuhkan untuk membangun kekuatan finansial, keduanya memiliki karakteristik masing-masing yang menjadikannya tidak dapat disamakan.


Sahabat finansial, Memahami perbedaan deposito dan tabungan adalah hal yang cukup penting. Berikut perbedaannya:


Perbedaan Tabungan dan Deposito


Perbedaan deposito dan tabungan yang pertama adalah durasi penyimpanan. Dengan deposito, Anda berarti menentukan serta menyetorkan jumlah uang untuk jangka waktu yang disepakati, itu berarti Anda tidak dapat mengakses uang sampai jangka waktu habis. Sebagai imbalan nya, Anda akan mendapatkan tingkat bunga yang dijamin untuk jangka waktu yang Anda pilih, sehingga Anda akan tahu persis seperti apa uang Anda nantinya.


Sedangkan, rekening tabungan adalah rekening bank yang dirancang untuk menabung. Umumnya bunga dibayarkan atas uang di rekening sambil tetap memberikan akses ke tabungan saat dibutuhkan.


Beberapa rekening tabungan juga dapat membayar bunga bonus ketika kondisi tertentu terpenuhi, seperti meningkatkan saldo rekening pada akhir bulan. Rekening tabungan biasanya memiliki tingkat bunga yang bervariasi, sehingga jumlah bunga yang harus dibayar cenderung fluktuatif dari waktu ke waktu.


Secara sederhana perbedaan deposito dan tabungan dapat diartikan bahwa deposito adalah produk investasi yang hanya dapat diambil setelah jangka waktu tertentu. Di sisi lain, tabungan adalah simpanan biasa yang dapat ditarik kapanpun dibutuhkan.


Tentu saja jika melihat perbedaan deposito dan tabungan diatas, deposito terlihat lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan tabungan biasa. Nah kira-kira apa saja sih keuntungan yang ditawarkan oleh deposito yang tidak dimiliki oleh tabungan biasa? simak informasi lengkapnya dibawah!


Manfaat Deposito yang Bisa Anda Rasakan


Seperti yang sudah dijelaskan di atas terkait perbedaan deposito dan tabungan, deposito adalah produk perbankan dimana dana nasabah disimpan dalam jangka waktu yang lama, maksimal dua tahun. Penarikan dana simpanan hanya dapat dilakukan pada waktu-waktu tertentu, sesuai kesepakatan antara nasabah dengan pihak bank. Penarikan dana setoran di luar waktu yang ditentukan akan dikenakan penalti agar keuntungan tidak terlalu terasa.


Deposito menawarkan berbagai keuntungan bagi nasabah yang ingin menabung sekaligus berinvestasi. Manfaat deposito bersifat jangka panjang, artinya hanya dapat dinikmati setelah menyimpan dana dalam jangka waktu tertentu. Perlu dipahami bahwa investasi juga merupakan rencana keuangan jangka panjang, sehingga deposito memiliki cara kerja yang sama dengan investasi. Ini merupakan perbedaan deposito dan tabungan yang paling terlihat.


Keuntungan yang Ditawarkan Oleh Deposito


Selain mengetahui perbedaan deposito dan tabungan, Anda juga harus mengetahui apa saja keuntungan dan kelebihan deposito yang bisa dirasakan oleh nasabah. berikut ini beberapa keuntungan yang dapat Anda rasakan:


1. Suku Bunga Kompetitif


Orang lebih memilih deposito daripada tabungan biasa karena tingkat bunganya jauh lebih tinggi, bahkan dapat berbeda tiga kali lipat. Banyak bank yang memberikan bunga deposito tinggi. Hasil simpanan yang diperoleh lebih tinggi setelah menyimpan uang untuk waktu tertentu. Tidak ada biaya administrasi dalam deposito, sehingga dana Anda tidak berkurang. Dengan begitu Anda dapat melihat perbedaan deposito dan tabungan dari hal ini.

Besarnya bunga yang diberikan tergantung dari jangka waktu penyimpanan yang dipilih. Biasanya, jangka waktu yang ditawarkan berkisar antara 1, 3, 6, 12 hingga 24 bulan. Selain itu, suku bunga simpanan telah diatur dan disesuaikan dengan kebijakan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).


2. Sarana Investasi yang Menguntungkan


Saat ini banyak sekali instrumen investasi yang menggiurkan keuntungan, namun keamanannya tidak terjamin. Deposito merupakan salah satu investasi yang paling aman karena dijamin oleh LPS. Deposito tidak terlalu mempengaruhi dana pokok atau dana awal yang disetorkan, sehingga harganya stabil dan terjaga dengan baik.


Salah satu kekhawatiran saat berinvestasi adalah: “Apakah uang saya akan kembali?” Tidak seperti berinvestasi di pasar saham, deposito tetap menjamin uang kembali di akhir waktu jatuh tempo. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menunggu waktu pengembalian Anda selesai.


3. Kemudahan Mengakses


Perbedaan deposito dan tabungan salah satunya adalah Anda mungkin tidak dapat menyentuh dana yang disetorkan dalam deposito, tetapi Anda masih dapat mengakses bunganya. Bunga deposito BPR setiap bulan bisa dijadikan alternatif penghasilan.


Bunga deposito BPR dapat dinikmati dengan cara transfer ke rekening yang Anda gunakan. Bahkan jika Anda tidak ingin menikmatinya, bunga dimasukkan ke dalam rekening deposito dan keuntungan akhir yang diterima berlipat ganda.

4. Risiko Investasi Lebih Rendah


Terdapat perbedaan di resiko investasi. Jika Anda ingin berinvestasi tapi khawatir dengan risikonya, pilihlah deposito. Deposito merupakan instrumen investasi yang memiliki risiko kecil. Jika Anda menggunakan uang untuk modal usaha atau investasi lainnya, tentu akan memiliki jumlah risiko yang berbeda. Tapi dengan deposito, resikonya sangat kecil atau tidak ada sama sekali.


Bank yang terdaftar di LPS mampu menjaga simpanan Anda dengan baik dan aman sehingga terlindungi dari penyalahgunaan dan pihak yang tidak bertanggung jawab. Jadi, pilihlah bank yang sudah memiliki jaminan LPS.


5. Uang Tersimpan Dengan Aman


LPS menjamin dana simpanan sampai dengan Rp2 miliar dan tingkat bunga sampai dengan 7,5%. Kehadiran lembaga ini akan membuat uang yang Anda simpan lebih aman, apalagi jika bank tersebut sewaktu-waktu mengalami masalah atau bangkrut. Pada akhirnya, Anda akan menerima pengembalian yang lebih besar dari deposito Anda daripada dana awal.


Investasi Uang Anda Melalui Deposito BPR dari Komunal


Untuk memastikan uang Anda diinvestasikan di tempat yang tepat, layanan DepositoBPR by Komunal adalah pilihan yang tepat dan terpercaya. DepositoBPR by Komunal menyediakan layanan deposito online dalam mata uang Rupiah, dengan suku bunga yang menarik dan berbagai keuntungan lainnya. Keuntungan yang dapat Anda rasakan saat menggunakan layanan DepositoBPR by Komunal antara lain meliputi berikut ini:


    Suku bunga deposito tertinggi hingga 6,25%

  1. 2.

    Daya saing suku bunga di Deposito BPR membuat investasi Anda tumbuh lebih cepat.


  1. 3.

    Fleksibilitas Tinggi


  1. 4.

    Pilihan yang tersedia berdasarkan jangka waktu yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, yaitu: 1, 3, 6, 12, atau 24 bulan.


  1. 5.

    Anda dapat melakukan roll over deposito Anda secara otomatis (Automatic Roll Over /ARO).


  1. 6.

    Anda dapat memilih untuk menginvestasikan kembali suku bunga deposito sebagai tambahan pokok deposito atau mentransfernya ke rekening tabungan yang dapat ditarik sewaktu-waktu.


  1. 7.

    Terjamin aman karena sudah dijamin oleh LPS dan diawasi oleh OJK


  1. 8.

    Fitur mudah dan dapat diakses secara online kapanpun dan dimanapun


Demikianlah penjelasan tentang perbedaan deposito dan tabungan dan keuntungan yang ditawarkannya. Anda dapat menggunakan perbedaan deposito dan tabungan diatas sebagai pertimbangan. Sebelum melakukan deposito, pastikan reputasi bank yang Anda pilih dan jangka waktunya. Pastikan juga tingkat bunga yang Anda dapatkan adalah yang tertinggi.


Simpan uang Anda menggunakan deposito untuk persiapan masa depan yang lebih baik, DepositoBPR by Komunal menyediakan layanan deposito yang sudah terjamin oleh LPS dan terdaftar di OJK.




share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer