9 Rekomendasi Investasi untuk Mahasiswa, Cuan Sejak Dini!

blog

9 Rekomendasi Investasi untuk Mahasiswa, Cuan Sejak Dini!

DepositoBPR by Komunal

11 Desember 2023

Ada beragam investasi untuk mahasiswa yang bisa jadi pilihan untuk mulai mempersiapkan masa depan agar bisa merdeka finansial secara lebih cepat.

Dalam dunia keuangan yang terus berkembang, investasi bukan lagi eksklusif bagi kalangan profesional atau berpenghasilan tinggi saja. Sebaliknya, mahasiswa pun dapat mulai membangun portofolio investasi mereka untuk mengamankan masa depan keuangan.


Dengan memulai investasi sejak dini, mahasiswa dapat mengoptimalkan waktu untuk pertumbuhan investasi. Artikel ini akan memberikan beberapa rekomendasi investasi yang cocok untuk mahasiswa. Yuk, simak!


Rekomendasi Investasi untuk Mahasiswa


Pada dasarnya, beragam rekomendasi investasi untuk mahasiswa mencakup berbagai pilihan yang sesuai dengan berbagai profil risiko dan tujuan keuangan. Berikut di antaranya:


1. Deposito


Deposito adalah bentuk investasi dengan tingkat risiko yang sangat rendah. Mahasiswa dapat menempatkan sejumlah dana dalam deposito dengan jangka waktu tertentu dan suku bunga yang tetap. Dengan berinvestasi deposito, mahasiswa dapat memilih jangka waktu yang sesuai dengan rencana keuangan mereka.


Meskipun keuntungannya tidak sebesar investasi berisiko tinggi, deposito memberikan keamanan dan likuiditas yang tinggi. Maka dari itu, deposito bisa jadi pilihan investasi untuk mahasiswa karena memberikan kepastian dan cocok bagi mereka yang ingin merencanakan keuangan dengan lebih terstruktur.


2. Reksa Dana


Reksa dana adalah salah satu pilihan investasi untuk mahasiswa yang sangat direkomendasikan. Dalam reksa dana, dana dari banyak investor digabungkan dan dikelola oleh manajer investasi profesional. Dengan demikian, hal tersebut bisa memberikan diversifikasi yang baik dan mengurangi risiko investasi.


Investasi reksa dana juga bisa dimulai dengan modal terjangkau, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai pilihan investasi buat mahasiswa yang belum memiliki modal besar. Mahasiswa dapat memilih reksa dana saham atau campuran sesuai dengan profil risiko dan tujuan investasi mereka.


3. Saham


Meskipun terkenal akan risikonya yang relatif tinggi, saham sebetulnya juga bisa menjadi pilihan investasi untuk mahasiswa yang menarik. Pasalnya, saham menawarkan potensi keuntungan yang tinggi, terutama jika dipegang dalam jangka panjang.


Bagi mahasiswa yang ingin belajar lebih banyak tentang pasar modal, berinvestasi dalam saham dapat menjadi pengalaman berharga. Meski demikian, jika benar-benar tertarik, mahasiswa disarankan untuk melakukan riset dan analisis sebelum memilih saham tertentu.


4. Emas


Emas telah lama dianggap sebagai investasi yang relatif aman dan tahan inflasi. Mahasiswa dapat berinvestasi dalam emas fisik atau instrumen investasi emas, seperti logam mulia di pasar modal.


Emas dianggap cocok sebagai pilihan investasi untuk mahasiswa karena memiliki likuiditas tinggi dan fungsi lindung nilai terhadap fluktuasi nilai mata uang. Selain itu, emas juga dapat menjadi pilihan diversifikasi yang baik dalam portofolio investasi.


5. Peer to Peer Lending


Peer to Peer (P2P) lending adalah sebuah model investasi, di mana seseorang dapat memberikan pinjaman kepada orang lain melalui platform online. Dalam hal ini, mahasiswa dapat menjadi pemberi pinjaman dan mendapatkan keuntungan dari suku bunga yang dibayarkan oleh peminjam.


Namun, perlu diingat bahwa P2P lending memiliki risiko kredit. Oleh karenanya, cara berinvestasi untuk mahasiswa yang satu ini mengharuskan seseorang untuk memiliki pemahaman yang baik tentang mekanisme dan risiko yang terlibat.



6. Obligasi Pemerintah


Obligasi pemerintah adalah instrumen investasi berbentuk utang yang diterbitkan oleh pemerintah. Obligasi pemerintah dianggap relatif aman karena melibatkan pemerintah sebagai penerbitnya, sehingga bisa jadi salah satu pilihan investasi bagi mahasiswa.


Mahasiswa dapat memilih obligasi pemerintah sebagai investasi dengan risiko rendah dan imbal hasil stabil. Obligasi biasanya memiliki jangka waktu tertentu dan memberikan pembayaran kupon secara periodik.


7. Cryptocurrency


Cryptocurrency, seperti Bitcoin dan Ethereum, telah menjadi instrumen investasi modern yang dianggap menjanjikan. Mahasiswa yang memiliki pemahaman tentang teknologi blockchain mungkin tertarik untuk berinvestasi dalam cryptocurrency.


Namun, penting untuk diingat bahwa pasar cryptocurrency sangat volatil. Oleh karenanya, investasi untuk mahasiswa ini disarankan bagi mereka yang telah memahami berbagai risikonya. Mahasiswa juga dianjurkan untuk hanya mengalokasikan sebagian kecil dari portofolio investasi mereka, jika tertarik terjun ke dunia cryptocurrency.


8. Non Fungible Token (NFT)


Non Fungible Token atau NFT adalah token unik yang dihasilkan oleh teknologi blockchain. NFT biasanya digunakan untuk mewakili kepemilikan aset digital unik, seperti seni digital atau koleksi digital lainnya. Oleh karenanya, mahasiswa yang memiliki minat dalam seni dan teknologi blockchain dapat mempertimbangkan untuk investasi NFT.


Namun, karena NFT merupakan pasar yang baru dan masih berkembang, pahami juga berbagai risikonya jika memang tertarik dalam investasi untuk mahasiswa satu ini.


9. Tabungan Berjangka


Tabungan berjangka adalah produk perbankan yang menawarkan suku bunga tetap selama jangka waktu tertentu. Meskipun suku bunga tabungan berjangka cenderung lebih rendah dibandingkan dengan investasi lainnya, instrumen ini memberikan keamanan dan likuiditas yang tinggi, sehingga cocok sebagai pilihan investasi untuk mahasiswa.


Jadi, bagi mahasiswa yang memiliki tujuan jangka pendek atau membutuhkan dana darurat, tabungan berjangka bisa jadi salah satu rekomendasi terbaik.


Itu dia beberapa rekomendasi investasi untuk mahasiswa yang bisa jadi pilihan. Jika kamu ingin berinvestasi secara praktis, aman, dan memiliki imbal hasil yang tinggi, menempatkan dana melalui DepositoBPR by Komunal bisa jadi pilihan tepat!


Melalui DepositoBPR by Komunal, kamu bisa buka deposito tanpa rekening. Bahkan, cukup dengan membuka satu akun saja, kamu sudah bisa mengembangkan dana pada ratusan produk deposito BPR yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. #LebihPraktis, ‘kan?

DepositoBPR by Komunal adalah aplikasi yang menjembatani nasabah dengan produk deposito dari BPR, baik konvensional maupun syariah. DepositoBPR by Komunal menawarkan suku bunga lebih tinggi dari deposito bank umumnya dan sesuai dengan ketentuan LPS yaitu mencapai 6,75% p.a.


Selain itu, DepositoBPR by Komunal juga sudah tercatat dan diawasi oleh OJK, sehingga keuanganmu akan tersimpan dengan aman. Jadi, yuk gunakan DepositoBPR by Komunal sekarang juga supaya kamu bisa merasakan sensasi #SimpananRasaInvestasi!



share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer