blog
Fintech Funding Agent DepositoBPR by Komunal, Ini yang harus dipahami & manfaatnya
Bhaskara Chandra Prasetya
30 Agustus 2022
Fintech Funding Agent DepositoBPR by Komunal, Ini yang harus dipahami & manfaatnya
Industri fintech Indonesia merupakan salah satu yang paling kompetitif dan dinamis di Asia Tenggara yang dibuktikan dengan munculnya berbagai perusahaan rintisan unicorn dan decacorn. Dilansir dari ASEAN Briefing, Indonesia menjadi rumah bagi lebih dari 20 persen perusahaan fintech di area Asia Tenggara dengan harapan dapat menghasilkan pendapatan sebanyak 8,6 milyar USD selama lima tahun ke depan.

Dikutip dari “The World in 2050: Will the shift in global economy power continue?” yang dilansir dari PwC, Indonesia diproyeksikan menjadi ekonomi terbesar keempat. Salah satu elemen kunci berkembangnya berbagai jenis fintech di Indonesia adalah dengan memanfaatkan potensi ekonomi dan memfasilitasi akses pembiayaan yang lebih baik.

Salah satu jenis fintech di Indonesia yang tengah naik daun saat ini adalah fintech funding agent. Berdasarkan data OJK yang dilansir dari IDX Channel, per 31 Desember 2020, terdapat 36 perusanaan fintech funding agent yang beroperasi di Indonesia. Jumlah perusahaan jenis fintech funding agent tersebut terus bertambah dari tahun ke tahun.

Nah, kali ini setelah artikel sebelumnya menjelaskan mengenai 5 Jenis Fintech Paling Populer di Indonesia, kami akan membahas lebih detail mengenai fintech funding agent.


Apa itu Fintech Funding Agent?


Mengutip laman Sikapiuangmu OJK, Fintech funding agentadalahplatform layanan berbasis digital atau online, yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan memilih berbagai produk keuangan dengan disertai penjelasan informasi dari masing-masingnya. Cara kerjanya sebenarnya terbilang sederhana. Tujuannya fintech funding agentsendiri agar pengguna bisa membandingkan antara satu dan lainnya, hingga kemudian bisa memutuskan produk manakan yang akan dibeli. Hal ini akan mempermudah konsumen dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan yang mereka inginkan. Pengguna dapat menggunakan layanan fintech funding agent untuk mencari informasi mengenai produk finansial, mulai dari KPR, kartu kredit, jenis tabungan, produk asuransi, investasi bahkan deposito.

Menggunakan jasa fintech funding agent memang sangat menguntungkan, apalagi di zaman digital yang serba praktis dan cepat, kehadiran jenis fintech di Indonesia ini sangatlah membantu. Melalui fintech funding agent, diharapkan konsumen dapat mempersingkat waktu pengambilan keputusan pada produk keuangan.


Fintech funding agentsebagai layanan yang bergerak di bidang jasa keuangan, tentunya aktivitas operasionalnya harus berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Mengacu kepada data ter-update OJK per bulan Juli 2022, terdapat setidaknya 36 layanan fintech funding agentdi Indonesia, salah satunya DepositoBPR by Komunal. 


Apa itu DepositoBPR by Komunal?


DepositoBPR by Komunaladalah produk unggulan dari Komunal Indonesia, sebagai platform fintech funding agentpertamayang menjadi penghubung antara Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dengan calon deposan. Di bawah naungan PT. Komunal Sejahtera Indonesia, DepositoBPR by Komunal telah tercatat dan diawasi OJK sejak bulan Juni 2021, dengan nomor pencatatan No. S-178/MS.72/2021. Platform ini menawarkan produk deposit channeling serta bertujuan untuk mewadahi (sebagai marketplace) dari BPR dalam memasarkan produk-produk deposito. Selain itu, DepositoBPR by Komunal juga memiliki visi untuk menjadi platform fintechfunding agent yang aman, transparan, dan mudah diakses oleh masyarakat, baik melalui website maupun aplikasi.

Secara mikro, DepositoBPR by Komunal hadir untuk memberikan kemudahan bagi perusahaan (BPR) dalam menggait konsumen (deposan). Dengan memanfaatkan teknologi dan digitalisasi, investasi deposito yang dulunya hanya dapat dilakukan onsite (datang ke bank terdekat), maka sekarang hanya perlu mengakses melalui website atau aplikasi, sehingga menjadi lebih praktis. Untuk memahami betul apa itu deposito dan berbagai jenis deposito yang aman, Anda dapat membaca panduan lebih lengkap pada artikel “Pengertian Deposito Dan 3 Jenisnya,”

Sedangkan secara makro, DepositoBPR by Komunal hadir platform fintech funding agentjuga berupaya untuk mendukung pertumbuhan perekonomian dan inklusi keuangan di Indonesia.




Cara Kerja DepositoBPR by Komunal


Mulai diperkenalkan serta beroperasi sejak bulan September 2021, DepositoBPR by Komunal memiliki cara kerja yang sama denganfintech funding agentpada umumnya. Di platform tersebut(website atau aplikasi), pengguna dapat memilihpeluang deposito sesuaikemampuan finansial masing-masing. 

Hingga saat ini, DepositoBPR by Komunal sudah bekerjasama dengan lebih dari 150 BPR di Indonesia. Maka dari itu, DepositoBPR by Komunal jadi solusi BPR seluruh Indonesia. Tenor (jangka waktu investasi) yang ditawarkan juga beragam, mulai dari 1 bulan hingga 12 bulan dengan imbal hasil yang bervariasi.Tujuan dari ditawarkannya berbagai macam produk deposito tersebut adalah agar pengguna (deposan) bisa membandingkan antara satu dan lainnya, serta dapat memilih sesuai kemampuan finansial masing-masing. Berikut adalah panduan memilih deposito BPR terbaik tahun 2022.

Tak hanya sampai di situ saja, imbal hasil yang diterima oleh deposan cenderung lebih tinggi, yaitu hingga 6.00% p.a. Investasi melalui DepositoBPR by Komunal juga aman karena telah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) hingga Rp 2 Miliar per akun BPR. Menarik bukan?

Terakhir, seluruh transaksi dilakukan secara transfer (cashless) untuk mencegah risiko fraud. Selain itu, dengan metode ini, kita juga membantu pemerintah untuk menekan angka pandemi yang melunjak sehinggadapatmempercepatpemulihanIndonesia.



https://depositobpr.id/blog/e-deposito-dan-bilyet-digital-jadi-terobosan-bpr-menuju-digital-dengan-komunal


Keunggulan DepositoBPR by Komunal


Sebagai salah satu platform yang menawarkan produk investasi berupa deposito, DepositoBPR by Komunal tentunya memiliki beberapa keunggulan, sebagai berikut:


1. Memberikan imbal hasil lebih tinggi


Tidak seperti Bank Konvensional, DepositoBPR by Komunal menawarkan imbal hasil yang lebih tinggi, yaitu hingga 6,00% p.a (sesuai dengan ketetapan LPS).


2. Aman dan rendah resiko


Pastinya dijamin aman, karena DepositoBPR by Komunal senantiasa mengikuti standar yang ditetapkan oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan),serta tentunya telah tercatat


dan diawasi OJK.


3. Dapat diakses kapanpun dan dimanapun


DepositoBPR by Komunal saat ini juga telah tersedia dalam bentuk aplikasi yang dapat di-download melalui App-Store danPlay-Store, sehingga memungkinkan untuk diakses kapanpun dan dimanapun.


4. Fitur E-Deposito pertama di Indonesia


DepositoBPR by Komunal menjadi platform fintech funding agentpertama yang berhasil menginisiasi produk E-Deposito, sehingga sekarang penempatan menjadi lebih mudah, yaitu hanya dengan sentuhan jari melalui smartphone. Apabila dulu BPR menggunakan bilyet fisik (yang tentunya cukup memakan waktu dan biaya) untuk dikirimkan kepada nasabah sebagai bukti transaksi, maka sekarang digantikan olehAdvis Deposito (dapat diakses langsung melalui aplikasi DepositoBPR by Komunal dan memiliki fungsi sama dengan bilyet fisik).


5. Beragam promo yang menggiurkan Selain empat keuntungan di atas, DepositoBPR by Komunal juga menawarkan berbagai promo yang bisa Anda dapatkan langsung. Tak tanggung-tanggung, promo yang diberikan bisa mencapai ratusan juta rupiah, loh. Untuk tahu lebih banyak mengenai promo sedang berjalan di DepositoBPR by Komunal, Anda dapat langsung mengunjungi laman Promo, ya.

Nah, setelah penjelasan di atas, diharapkan Anda mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai fintech funding agent di Indonesia serta DepositoBPR by Komunal. Jika Anda ingin merasakan seluruh keuntungan yang ada di DepositoBPR by Komunal, segera daftarkan diri Anda pada platform kami di https://depositobpr.id/ atau bisa unduh aplikasinya di App-Store dan Play-Store!



share

Bagikan