Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Metode Kakeibo

blog

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Metode Kakeibo

DepositoBPR by Komunal

09 November 2022

Mengelola keuangan untuk rumah tangga bisa sangat melelahkan, terutama bila Anda harus mempertimbangkan jumlah tagihan bulanan, slip gaji, laporan rekening, dan dokumen penting lainnya yang muncul setiap bulan. Tetapi dengan cara mengatur keuangan rumah tangga yang baik dapat menjaga semuanya tetap di jalur yang semestinya.



Salah satu dari banyak cara mengatur keuangan rumah tangga yang cukup terkenal adalah dengan metode “Kakeibo” yang diucapkan “kah-keh-boh” yang merupakan kata dalam bahasa Jepang yang diterjemahkan menjadi “buku rekening rumah tangga. Secara sederhana kakeibo adalah jurnal penganggaran dalam bentuk fisik.


Pengguna Metode ini membantu untuk menjawab beberapa pertanyaan keuangan dan menetapkan tujuan tabungan. Kemudian Anda dapat melacak pengeluaran, memasukkan pembelian ke dalam kategori, dan meninjau pengeluaran di akhir setiap bulan.


Kakeibo adalah salah satu cara mengatur keuangan rumah tangga yang dirancang untuk membantu Anda memikirkan hubungan Anda dengan uang dan memahami setiap pembelian yang Anda lakukan. Kakeibo menetapkan empat “pilar” atau kategori pengeluaran yaitu kebutuhan, keinginan, budaya, dan hal tak terduga.



Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Metode Kakeibo


Mirip dengan aplikasi penganggaran pada umumnya, metode kakeibo adalah salah cara mengatur keuangan rumah tangga yang membantu Anda menghemat uang sedikit demi sedikit dengan cara yang berkelanjutan dalam jangka panjang. Menetapkan jumlah tabungan yang Anda tahu bisa dicapai.



Dan kakeibo dirancang untuk perencanaan keuangan jangka panjang. Seperti sistem penganggaran yang baik, kakeibo membantu Anda mempersiapkan masa depan tanpa merasa kehilangan atau panik di masa sekarang maupun yang akan datang.



Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan metode kakeibo, hal pertama yang harus dilakukan adalah bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan berikut sebelum membeli barang-barang yang tidak penting atau barang-barang yang Anda beli secara impulsif, tetapi mungkin tidak perlu:


  1. 1.

    Bisakah saya hidup tanpa barang tersebut?


  1. 2.

    Berdasarkan situasi keuangan saya, dapatkah saya membelinya?


  1. 3.

    Apakah saya benar-benar akan menggunakannya?


  1. 4.

    Apakah saya memiliki ruang untuk itu?


  1. 5.

    Bagaimana saya menemukan itu di tempat pertama? (Apakah saya melihatnya di majalah? Apakah saya menemukannya setelah berjalan-jalan ke toko souvenir karena bosan?)


  1. 6.

    Bagaimana keadaan emosi saya secara umum hari ini? (Tenang? Stres? Merasa buruk tentang diri saya sendiri?)


  1. 7.

    Bagaimana perasaan saya saat membelinya? (Senang? Bersemangat? Tidak peduli? Dan berapa lama perasaan ini akan bertahan?)



Penting untuk dicatat bahwa kakeibo tidak dirancang untuk menghilangkan semua kesenangan dalam hidup Anda. Tujuan kakeibo adalah mengubah kebiasaan buruk Anda melalui kesadaran dan perubahan secara bertahap. Lalu bagaimana cara mengatur keuangan rumah tangga dan menghemat pengeluaran menggunakan metode kakeibo? simak penjelasannya di bawah!



Tips Menghemat Pengeluaran Dengan Metode Kakeibo


Untuk melihat hasil yang signifikan dalam penghematan Anda, penting untuk tetap berkomitmen dalam mengajukan pertanyaan yang tepat sebelum melakukan pembelian yang tidak penting seperti yang sudah dijelaskan di atas.



Langkah pertama di kakeibo adalah menyadari apa yang sebenarnya terjadi pada keuangan Anda. Ini berarti melacak pengeluaran Anda secara mendetail untuk jangka waktu tertentu. Mirip dengan penjurnalan, idenya adalah untuk memasukkan proses ke dalam rutinitas harian Anda. Kebanyakan ahli keuangan merekomendasikan pelacakan pengeluaran dan pendapatan setidaknya satu bulan sebelum menetapkan anggaran.




Cara mengatur keuangan rumah tangga ini mengharuskan Anda untuk menuliskan semua yang Anda beli dan merampingkan anggaran Anda dengan mengelompokkan pembelian ke dalam empat kategori:


  1. 1.

    Kebutuhan - Hal-hal yang Anda tidak bisa hidup tanpanya, seperti makanan.


  1. 2.

    Keinginan - Pembelian yang Anda nikmati tetapi tidak Anda butuhkan, seperti makanan yang dibawa pulang atau sepasang sepatu baru.


  1. 3.

    Budaya - Hal-hal seperti buku dan kunjungan museum.


  1. 4.

    Tak terduga - Pengeluaran yang tidak Anda antisipasi, seperti kunjungan dokter atau perbaikan mobil.



Sistem empat kategori tersebut termasuk cara mengatur keuangan rumah tangga yang dapat membantu Anda menjadi lebih sadar akan kebiasaan belanja Anda dan menghindari pemborosan uang untuk hal-hal yang tidak sesuai dengan tujuan Anda. Berikut adalah beberapa strategi sederhana menerapkan metode kakeibo untuk memastikan bahwa Anda menghabiskan lebih banyak pertimbangan saat menggunakan uang.



Biarkan barang selama 24 jam


Ini membantu Anda untuk memahami apakah Anda benar-benar menginginkannya atau membutuhkannya. Jika Anda masih memikirkan barang itu keesokan harinya dan mampu membelinya, maka lakukan pembelian. Dengan begitu, Anda dapat merasakan kepuasan yang lebih terkait keputusan Anda.



Jangan biarkan "Diskon" menggoda Anda


Anda sering tergiur membeli barang diskon? Jika iya, hal tersebut dapat berarti menghabiskan uang untuk barang-barang yang Anda tahu tidak akan Anda gunakan. Jadi untuk setiap barang yang Anda miliki di keranjang selama obral, tanyakan pada diri Anda apakah Anda akan membelinya jika harganya penuh.



Periksa saldo bank Anda secara teratur


Memeriksa saldo Anda adalah salah satu cara mengatur keuangan rumah tangga yang membantu Anda merasa lebih mengendalikan keuangan Anda karena hal itu menunjukkan berapa banyak uang yang harus Anda keluarkan. Sekarang, hal pertama yang Anda harus lakukan setiap pagi adalah memeriksa saldo rekening. Ini adalah kebiasaan yang menakutkan untuk dicoba pada awalnya, tetapi sangat menakjubkan untuk tingkat kekhawatiran nantinya.



Menggunakan uang tunai


Menyerahkan uang tunai secara fisik daripada hanya menggesek kartu Anda tanpa berpikir membuat Anda lebih sadar akan apa yang Anda belanjakan, dan Anda akan merasa lebih mudah untuk menganggarkan. Cobalah mengambil sejumlah uang tunai untuk digunakan selama seminggu dan hanya membelanjakan apa yang Anda miliki.



Letakkan pengingat di dompet Anda


Salah satu ide brilian untuk menghemat adalah dengan menempelkan stiker ke kartu kredit atau dompet Anda dengan pengingat apapun yang mendorong Anda untuk mengambil langkah mundur sebelum melakukan pembelian akan membantu Anda membuat keputusan yang lebih cerdas.



Ubah lingkungan yang menyebabkan Anda menghabiskan uang


Jika Anda memperhatikan bahwa Anda sering menghabiskan uang setelah mengklik email pemasaran atau melihat gambar influencer Instagram yang memakai merek tertentu, maka berhenti berlangganan atau berhenti mengikuti. Atau, jika Anda membeli pakaian atau riasan saat Anda punya waktu luang yang banyak, coba gunakan waktu itu untuk melakukan aktivitas lain, seperti jalan-jalan di taman menjadi salah satu cara mengatur keuangan rumah tangga yang cukup efektif.



Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan metode kakeibo mengharuskan Anda menuliskan item anggaran dengan tangan secara real-time. Tulisan tangan membantu meningkatkan daya ingat, menurut beberapa penelitian, dan merupakan proses meditatif dan reflektif.



Menuliskan detail pembelian membutuhkan waktu lebih lama daripada memasukkan nomor ke komputer atau telepon. Pada tingkat tertentu, Anda akan lebih sadar tentang apa yang Anda tulis dan mengapa.


Pastikan Anda menggunakan uang dengan cermat mempertimbangkan apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkannya seperti menginvestasikannya kedalam deposito. Yuk mulai investasikan uang Anda dan dapatkan suku bunga kompetitif hingga 6,25% hanya di DepositoBPR by Komunal dan capai kesuksesan finansial Anda. Kunjungi websitenya di https://depositobpr.id/ sekarang juga!

share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer