blog
Tips Memilih Deposito BPR Terbaik Tahun 2022
Komunal Indonesia
18 Juli 2022
Tips Memilih Deposito BPR Terbaik Tahun 2022

Apa rencana bisnis Anda tahun 2022? Apa pun itu, evaluasi tahun ini layak dijadikan tolak ukur bagi rencana bisnis tahun depan. Jika Anda perlu lebih memaksimalkan upaya tahun 2022, simpanan Deposito BPR bisa membantu Anda menjalankan rencana serta menyimpan dana dengan optimal dan aman.


Produk Deposito BPR merupakan produk terbaru Komunal, platform fintech beregistrasi, AFPI, Asosiasi Fintech Indonesia (Aftech), dan diawasi OJK. Produk ini memungkinkan Anda menyimpan dana ke produk simpanan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang ditangani oleh mitra BPR terbaik di Jawa Timur. Produk ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan tambahan modal usaha dalam bentuk investasi minim risiko seperti deposito.


Pilihan mitra BPR yang tersedia pun sangat banyak sehingga Anda perlu lebih cermat memilih yang paling tepat. Sebelum melangkah lebih jauh, simak cara memilih Deposito BPR berikut ini dan rekomendasi produknya.



Cara Memilih Deposito BPR Terbaik


Seperti yang sudah diinformasikan di atas, produk Deposito BPR menghubungkan deposan ke mitra BPR yang tersebar di Jawa Timur. Selain memiliki bunga deposito tertinggi dibandingkan instrumen investasi atau produk deposito bank lain, tiap mitra DepositoBPR memiliki keunggulan-keunggulan berbeda. Sebelum memilih, ketahui beberapa cara memilih BPR terbaik bagi Anda dan faktor penting yang wajib dicermati.



Ketahui Suku Bunga Deposito yang Ditawarkan


Meski jangka waktu menabung terbatas, deposito masih menjadi produk perbankan favorit karena menawarkan bunga yang lebih tinggi daripada tabungan biasa. Biasanya, tabungan bank umum hanya memberikan bunga mulai dari 0% hingga 2% per tahun. Bayangkan, jika menabung dengan bunga minim, akan membutuhkan waktu lama untuk memenuhi target modal yang Anda butuhkan.



Bagi Anda yang berencana mendapatkan nilai simpanan lebih dalam waktu relatif cepat, pilihlah produk BPR dengan bunga tinggi. Mitra Deposito BPR memiliki tingkat suku bunga mulai dari 3,25% hingga 6% per tahun. Dengan bunga seperti ini, hasil simpanan Anda akan lebih optimal.




Pastikan Keamanan Dana Simpanan Dijamin LPS


Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menjamin semua rekening yang memiliki simpanan maksimal Rp2 miliar, yang sebelumnya Rp100 juta berdasarkan Pasal 11 Undang-undang LPS Nomor 24. Lembaga menjamin jenis produk simpanan, seperti giro, deposito, sertifikat deposito, tabungan, dan sebagainya. Begitu pun dengan simpanan Anda di BPR, LPS menjamin penggantian simpanan dari risiko keuangan yang disebabkan perubahan kondisi ekonomi. Karena itu, Anda bisa tenang dan tetap menabung deposito di BPR sesuai kebutuhan tanpa khawatir rugi di masa depan.




Cek Legalitas


Memastikan legalitas tempat Anda menyimpan atau meminjam dana menjadi faktor penting agar terhindar dari penipuan fintech. Jika Anda ragu, segera cek laman Fintech di situs OJK untuk memastikan bahwa bank atau penyedia dana memiliki izin operasional. Namun, ketika mendepositkan dana di BPR, Anda tak perlu ragukan legalitasnya. Seluruh BPR termasuk platform yang menghubungkan Anda dengan beragam produk BPR telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain legalitas, transparansi laporan keuangan yang stabil juga menentukan kemampuan likuiditas tempat Anda menyimpan dana.



Fitur yang Ditawarkan


Cara memilih Deposito BPR terbaik selanjutnya adalah membandingkan fitur yang tersedia pada produk masing-masing. Contohnya, fitur seperti automatic roll-over (ARO) atau pokok diperpanjang otomatis dan metode pembayaran bunga. Umumnya, untuk simpanan deposito disediakan pilihan pembayaran bunga sekaligus di akhir atau pokok ditambah bunga dibayar di akhir. Terkait keamanan bertransaksi, seluruh transaksi deposito di BPR, mulai pengajuan hingga pengembalian dana, dilakukan secara transfer (cashless) untuk mencegah risiko fraud.



BPR dengan bunga deposito tertinggi membantu Anda mencapai target modal bisnis tahun depan secara relatif cepat.


Pilihan Deposito BPR Terbaik 2022


Setelah mengetahui cara memilih deposito BPR terbaik, Anda perlu mengenali fasilitas dan layanan produk BPR yang tersedia. Tahap ini cukup krusial, mengingat setiap BPR memiliki syarat dan ketentuan, seperti minimal penempatan dana dan bunga, yang berbeda-beda. Berikut ini kami pilihkan beberapa BPR dengan bunga deposito tertinggi untuk Anda.



1. BPR Anekadana Sejahtera


Untuk menempatkan dana di BPR ini, siapkan dana minimal Rp1 juta (pilihan tenor 3 dan 6 bulan) atau Rp100 juta selama 6 bulan. Suku bunga yang ditawarkan tinggi, yakni mulai 5,5% hingga 6% per tahun. Ada dua jenis metode pencairan dana/perpanjangan, yaitu bunga dibayarkan sekaligus di akhir dan ARO+Interest (keduanya dibayar di akhir tenor).



2. BPR Artha Kanjuruhan Pemkab Malang


Termasuk BPR dengan bunga deposito tertinggi, memungkinkan Anda menempatkan dana minimal Rp1 juta atau Rp10 juta dalam jangka waktu 3, 6, dan 12 bulan. Anda bisa memperoleh suku bunga 6% per tahun. Metode pembayaran bunga dilakukan di akhir tenor bersama pokok dan ada perpanjangan otomatis (ARO).



3. BPR Artha Samudera Indonesia


Jika Anda memiliki budget kurang dari Rp10 juta untuk mewujudkan rencana bisnis, BPR ini pilihan yang tepat. BPR Artha Samudera Indonesia memungkinkan Anda menempatkan dana minimal Rp7,5 juta dalam jangka waktu 1, 3, 6, dan 12 bulan. Minimal bunga yang bisa Anda dapat adalah 2,25% per tahun untuk tenor 1 bulan. Namun, untuk tenor 3,6, dan 12 bulan, Anda bisa mendapatkan mulai 4,5% hingga 5,5% per tahun.



4. BPR Buana Makmur


Minimal penempatan Rp1 juta dengan pilihan tenor 1, 2, 6, dan 12 bulan. Bunga yang ditawarkan mulai dari 3,1% per tahun hingga 4,25% per tahun. Untuk pilihan tenor 6 dan 12 bulan, memungkinkan pokok diperpanjang yang akan memudahkan Anda otomatis melanjutkan pembayaran bunga jika ingin memaksimalkan hasil akhirnya.



5. BPR Delta Artha


Peluang Deposito BPR ini juga memiliki bunga tertinggi, 6% per tahun pada semua pilihan tenor 3, 6, dan 12 bulan dengan tawaran fitur ARO. Pilihan terbaik untuk Anda yang ingin melebarkan bisnis secara global karena minimal penempatan mulai dari Rp1 miliar.




6. BPR Delta Artha Kencana


Meski memiliki nama yang mirip dengan BPR sebelumnya, BPR Delta Artha Kencana memungkinkan Anda menempatkan dana minimal Rp5 juta, lebih rendah dibandingkan BPR Deltha Artha. Namun, suku bunga depositonya juga 6% per tahun pada pilihan tenor 3, 6, dan 12 bulan yang dibayarkan bersama pokok di akhir.



7. BPR Dwicahaya Nusaperkasa


Rekomendasi BPR dengan bunga tertinggi selanjutnya adalah Dwicahaya Nusaperkasa. Pilihan penempatan dana mulai dari Rp5 juta hingga Rp50 juta dengan bunga mulai dari 4,5% sampai dengan 6% per tahun.



8. BPR Kawan


Anda bisa mulai penempatan dari Rp10 juta di BPR Kawan dengan tawaran suku bunga 6% per tahun, Bunga dibayarkan di akhir tenor 3 bulan, 6 dan 12 bulan ditambah fitur pokok diperpanjang.



9. BPR Masyarakat Mandiri


Masyarakat Mandiri adalah salah satu BPR dengan bunga tertinggi yang memungkinkan penempatan minimal Rp1 juta, Rp5, hingga Rp100 juta. Pilih tenor 1, 3, 6, atau 12 bulan dengan bunga 6% per tahun.




10. BPR Nusumma Jatim


Mengizinkan minimal penempatan Rp5 juta, ada 3 pilihan tenor yaitu 3, 6, dan 12 bulan. Namun, bunga yang diterima sama-sama 6% per tahun dengan tawaran fitur pokok diperpanjang (ARO).



11. KBRP Amanah


BPR ini bisa Anda pilih jika memiliki dana minimal Rp1 juta untuk penempatan. Dengan modal awal yang cukup rendah, Anda bisa mendapatkan bunga hingga 4-6% untuk tenor 3, 6, dan 12 bulan.




12. BPR Surya Artha Utama


Rekomendasi BPR bagi Anda yang tertarik dengan penempatan dana mulai Rp1 juta selama 3, 6, 12 bulan dengan bunga hingga 4,5% per tahun. Namun, bukan itu saja, hasil dari BPR ini juga bisa Anda nikmati dengan minimal dana Rp1 miliar selama 3 bulan dan suku bunga 6% per tahun.


Bagaimana menurut Anda, mitra BPR mana yang paling sesuai dengan kebutuhan? Dua belas produk tersebut hanya beberapa dari pilihan BPR dengan bunga deposito tertinggi yang tersedia.



Anda bisa melihat produk BPR secara lebih detail dan nyaman melalui laman Peluang Deposito. Ada lebih dari 50 produk BPR yang bisa Anda bandingkan berdasarkan pilihan tenor 1-12 bulan, nam produk, ataupun suku bunga. Alokasikan dana Anda untuk nikmati hasil tahun depan dengan cara mendaftar sebagai deposan BPR sekarang.




share

Bagikan