Syarat-Syarat Mengajukan Pinjaman Bank BPR, Apa Saja?

blog

Syarat-Syarat Mengajukan Pinjaman Bank BPR, Apa Saja?

DepositoBPR by Komunal

16 Mei 2022

Tingginya kebutuhan masyarakat akan pinjaman, membuat lembaga keuangan semakin berkembang pesat, seperti produk pinjaman bank BPR. Namun, apa saja syarat mengajukan pinjaman di Bank BPR?


Sebelum membahas lebih lanjut mengenai bagaimana syarat dan cara melakukan pinjaman di bank BPR, mari mengenal terlebih dahulu apa itu BPR.


Mengenal Bank Perkreditan Rakyat (BPR)


Secara sederhana, Bank Perkreditan Rakyat (BPR) merupakan salah satu lembaga keuangan yang menerima dana simpanan yang berbentuk deposito berjangka, tabungan, serta instrumen keuangan lainnya.


Selain deposito berjangka dan tabungan, ada juga pinjaman bank BPR yang banyak diminati oleh banyak orang karena memiliki suku bunga yang rendah.


Bank Perkreditan Rakyat (BPR) memiliki status lembaga keuangan yang dinyatakan berdasarkan UU Perbankan Nomor 7 Tahun 1992 dengan memenuhi persyaratan tata cara yang diputuskan dengan Peraturan Pemerintah.


Tujuan dari BPR adalah untuk membantu memenuhi kebutuhan modal atau penyaluran dana untuk usaha mikro dan kecil menengah (UMKM). Pada umumnya, status BPR dapat digunakan oleh lembaga-lembaga keuangan yang berlokasi di wilayah pedesaan.


Meskipun menawarkan produk yang terbatas, namun BPR dapat dijadikan pilihan yang tepat untuk masalah finansial Anda.


Fungsi Bank Perkreditan Rakyat (BPR)


Jika dilihat lebih detail, BPR memiliki tiga fungsi, yaitu menyalurkan pinjaman kepada pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) yang dapat berbentuk pinjaman investasi, pinjaman modal kerja, dan pinjaman konsumsi.


Kedua, menyimpan dana yang dikumpulkan dari masyarakat dalam bentuk deposito berjangka, tabungan ataupun Sertifikat Bank Indonesia (SBI), bahkan sertifikat deposito.


Terakhir, melakukan pembiayaan untuk nasabah yang sesuai dengan penetapan dalam Peraturan Pemerintah (PP).



Kelebihan Pinjaman Bank BPR


Sebagai bank yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya pelaku UMKM, Bank Perkreditan Rakyat (BPR) tentu memiliki keunggulan dari bank umum.


Kelebihan dari Bank Perkreditan Rakyat (BPR), yaitu tidak memiliki persyaratan yang rumit dan jaminan yang disyaratkan cukup mudah untuk dipenuhi oleh setiap individu.


Bank BPR sangat mengutamakan kepercayaan masyarakat, memiliki sistem atau pola pemasaran yang sehat, pencairan dana pinjaman juga terbilang cepat dan mudah.Selain itu nasabah yang ingin meminjam di BPR dapat berprofesi sebagai karyawan, profesional, hingga wirausahawan.


Ada banyak sekali BPR yang tersebar di seluruh Indonesia yang dapat membantu Anda untuk memberikan bantuan modal khususnya pelaku UMKM. Ditambah lagi adanya penggunaan personal approach untuk nasabah yang dapat meningkatkan customer engagement terhadap Bank Perkreditan Rakyat.


Kekurangan Pinjaman Bank BPR


Sementara itu, adapun juga kekurangan yang dimiliki oleh Bank BPR, yaitu adaptasi teknologi relatif lebih lambat. Hal tersebut menjadikan akuisisi pengguna lebih lambat dan mahal karena harus dilakukan secara tatap muka.


Selain itu, analisis risiko pada peminjam retail akan lebih mahal karena dilakukan juga dengan cara manual, ditambah terbatasnya SDM yang profesional di bidang teknologi informasi.


Syarat Mengajukan Pinjaman Bank BPR


Anda dapat dengan mudah menemukan BPR yang akan membantu untuk memenuhi kebutuhan usaha Anda dengan memberikan bantuan modal untuk para pelaku usaha mikro dan kecil menengah (UMKM).


Untuk dapat mengajukan pinjaman bank BPR, Anda perlu memenuhi beberapa kriteria yang telah ditentukan. Idealnya syarat yang berlaku untuk pinjaman bank BPR tidak jauh berbeda dengan pinjaman bank umum.


Berikut ini syarat-syarat mengajukan pinjaman bank BPR, yaitu:


  1. 1.

    Fotokopi identitas diri atau KTP.


  1. 2.

    Fotokopi akta nikah untuk calon nasabah yang sudah menikah.


  1. 3.

    Fotokopi kartu keluarga


  1. 4.

    Fotokopi buku rekening tabungan atau dapat menggunakan rekening koran yang telah diterbitkan oleh bank tempat dimana calon peminjam menabung di 3 bulan terakhir


  1. 5.

    Fotokopi bukti gaji bulanan


  1. 6.

    Fotokopi struk pembayaran listrik atau air


  1. 7.

    Surat penting seperti surat tanah atau surat dari barang yang akan menjadi jaminan.


Sedangkan untuk calon debitur badan usaha adalah harus menyerahkan dokumen dibawah ini sebagai syarat pinjaman bank bpr:


  1. 1.

    Fotokopi identitas diri (KTP) pengurus perusahaan,


  1. 2.

    Fotokopi lampiran izin usaha perdagangan


  1. 3.

    Fotokopi NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak


  1. 4.

    Fotokopi bukti perusahaan telah terdaftar


  1. 5.

    Fotokopi bukti pendirian serta anggaran perusahaan sekaligus akta perubahan yang berasal dari dari notaris


  1. 6.

    Fotokopi buku rekening tabungan atau dapat juga menggunakan rekening koran perusahaan di jangka waktu 3 bulan terakhir,


  1. 7.

    Data mengenai keuangan perusahaan yang umumnya mencantumkan informasi laba rugi, catatan pembukuan hingga informasi penjualan dan lainnya




Itu tadi dokumen yang perlu diserahkan guna memenuhi syarat mengajukan pinjaman bank BPR. Tentunya, syarat diatas dapat dengan mudah dipenuhi oleh semua orang.


Apabila Anda berniat untuk mendapatkan pinjaman bank BPR, pastikan untuk menyiapkan dokumen-dokumen diatas.


BPR by Komunal hadir sebagai salah satu bank BPR yang siap menjadi solusi finansial Anda dengan menawarkan berbagai macam produk finansial mulai dari pinjaman, tabungan simpanan, deposito yang tentunya terpercaya karena diawasi langsung oleh OJK. Kunjungi website Deposito BPR by Komunal sekarang juga.



share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer