blog
Seberapa Pentingnya Literasi Finansial Bagi Milenial?
DepositoBPR by Komunal
07 November 2022
Seberapa Pentingnya Literasi Finansial Bagi Milenial?

Literasi Finansial adalah kemampuan untuk memahami dan menggunakan berbagai keterampilan di bidang keuangan, termasuk manajemen keuangan pribadi, penganggaran, dan investasi secara efektif dimana hal tersebut adalah pilar yang menopang sebagian besar keputusan keuangan yang akan kita buat dalam hidup.



Memahami literasi keuangan dapat membantu individu menghindari membuat keputusan keuangan yang buruk dan membantu Anda menjadi mandiri dan mencapai stabilitas keuangan. Kunci keberhasilan untuk mencapai literasi finansial dapat dilakukan dengan mulai mempelajari cara membuat anggaran, melacak pengeluaran, melunasi utang, dan merencanakan pensiun.



Dalam beberapa dekade terakhir, produk dan layanan keuangan menjadi semakin tersebar luas di seluruh masyarakat. Mengingat pentingnya keuangan dalam masyarakat modern, kurangnya literasi finansial dapat sangat merusak kesuksesan finansial jangka panjang seseorang. Lalu, seberapa penting literasi finansial? Simak penjelasannya di bawah!



Alasan Kenapa Literasi Finansial Itu Sangat Penting


Belum banyak kaum muda yang mengetahui tentang pentingnya Literasi finansial. Namun perlu diketahui, jika Anda tidak mempelajari dan memahami literasi keuangan, bagaimana Anda dapat mengelola uang ketika beranjak dewasa?



Nah, pentingnya literasi finansial bagi generasi muda tidak bisa diremehkan. Tidak ada yang lebih berbahaya daripada pemuda yang buta secara finansial. Seseorang yang tidak memiliki ide tentang bagaimana mengelola keuangannya dapat dengan mudah jatuh ke dalam berbagai jebakan keuangan tanpa disadari.



Umumnya, sulit untuk memperbaiki keputusan yang buruk mengenai keuangan dan dapat memakan waktu beberapa tahun untuk melakukannya. Mempelajari tentang uang mulai dari usia dini akan memberi seseorang pengetahuan dan keterampilan penting yang akan membantu mereka membuat keputusan yang tepat dalam hal keuangan. Mari kita lihat beberapa alasan mengapa literasi finansial penting bagi millennial:



Memperkuat Finansial - Informasi adalah kekuatan, hal yang sama berlaku untuk masalah keuangan. Semakin banyak informasi yang Anda miliki tentang keuangan, semakin siap Anda untuk masa depan. Di sisi lain, kurangnya pengetahuan dan informasi yang tepat tentang keuangan berbahaya bagi setiap anak muda.



Kurangnya literasi keuangan memudahkan Anda untuk mengambil kebiasaan keuangan yang buruk - Seringkali, kaum muda yang terlibat dalam kebiasaan keuangan yang buruk seperti hutang yang menumpuk atau buta secara finansial.



Mereka dapat dengan mudah dipengaruhi oleh orang lain untuk terlibat dalam kebiasaan keuangan buruk lainnya. Seseorang dengan latar belakang keuangan yang baik tidak akan mudah terpikat untuk berpartisipasi dalam kegiatan seperti perjudian hingga skema Ponzi.


Dengan kata lain, ada banyak alasan mengapa literasi finansial penting bagi generasi muda. Mereka harus terus-menerus mempelajari tentang cara menabung, berinvestasi, menganggarkan, dan mengelola utang. Kegagalan untuk melakukannya dapat menyebabkan generasi yang tidak hanya tidak bertanggung jawab tetapi juga miskin.



Manfaat Literasi Finansial


Secara holistik, manfaat literasi finansial adalah memberdayakan individu untuk membuat keputusan yang lebih cerdas. Lebih khusus lagi, literasi keuangan memiliki berbagai manfaat sebagai berikut:



Literasi Finansial dapat mencegah kesalahan yang menghancurkan


Keputusan keuangan yang tampaknya salah mungkin memiliki implikasi jangka panjang yang merugikan individu atau memengaruhi rencana hidup. Literasi keuangan membantu individu menghindari membuat kesalahan dengan keuangan pribadi mereka.



Mempersiapkan untuk keadaan darurat


Topik literasi finansial seperti menabung atau kesiapsiagaan darurat membuat individu siap menghadapi ketidakpastian. Meskipun kehilangan pekerjaan atau memiliki pengeluaran besar yang tidak terduga yang selalu berdampak pada finansial, seseorang dapat meredam pukulan tersebut dengan menerapkan literasi keuangan mereka terlebih dahulu dengan bersiap menghadapi keadaan darurat.


Membantu individu mencapai tujuan mereka


Dengan lebih memahami bagaimana menganggarkan dan menghemat uang, individu dapat membuat rencana yang menetapkan pada harapan, membuat mereka bertanggung jawab atas keuangan mereka, dan menetapkan arah untuk mencapai tujuan yang tampaknya tidak dapat dicapai. Meskipun seseorang mungkin tidak mampu mewujudkan mimpi hari ini, mereka selalu dapat membuat rencana untuk meningkatkan peluang mereka untuk mewujudkannya di kemudian hari.



Memunculkan kepercayaan diri


Bayangkan membuat keputusan yang dapat mengubah hidup tanpa memiliki semua informasi yang Anda butuhkan untuk membuat keputusan terbaik. Dengan dipersenjatai pengetahuan yang tepat tentang keuangan, individu dapat mendekati pilihan hidup utama dengan lebih percaya diri menyadari bahwa mereka cenderung tidak akan terkejut atau terkena dampak negatif oleh hasil yang tidak terduga.



Singkatnya, literasi finansial bagi kaum muda di kehidupan modern ini sangatlah penting. Masa muda seseorang adalah tahap kritis dalam kehidupan. Kesalahan yang Anda lakukan sebagai seorang remaja akan berdampak besar pada kehidupan masa depan Anda.



Strategi Meningkatkan Keterampilan Literasi Finansial


Mengembangkan literasi finansial untuk meningkatkan keuangan dan pendapatan pribadi Anda membutuhkan pembelajaran dan praktik berbagai keterampilan yang berkaitan dengan penganggaran, mengelola dan melunasi utang, serta memahami produk kredit dan investasi.



Berikut adalah beberapa strategi praktis untuk mengelola keuangan Anda khususnya para generasi muda dengan efektif.



Buat Anggaran - Lacak berapa banyak uang yang Anda terima setiap bulan dengan jumlah yang Anda belanjakan di atas kertas, atau dengan aplikasi penganggaran. Anggaran Anda harus mencakup pendapatan (gaji, investasi, tunjangan), biaya tetap (pembayaran sewa / hipotek, utilitas, pembayaran pinjaman), pengeluaran diskresioner atau pengeluaran tidak penting seperti makan di luar, belanja, dan perjalanan), dan tabungan.



Perhatikan Kebutuhan Anda Dahulu - Untuk membangun tabungan, strategi penganggaran ini melibatkan pemilihan tujuan tabungan (misalnya, uang muka untuk rumah), memutuskan berapa banyak yang ingin Anda tabung setiap bulan, dan menyisihkan jumlah itu sebelum Anda membagi sisa pengeluaran Anda.



Bayar Tagihan Secepat Mungkin - Seperti halnya tagihan bulanan, pastikan pembayaran dilakukan secara konsisten dan tepat waktu. Pertimbangkan untuk memanfaatkan debit otomatis dari rekening giro atau aplikasi pembayaran tagihan dan mendaftar untuk pengingat pembayaran (melalui email, telepon, atau teks).



Periksa Skor Kredit Anda - Memiliki skor kredit yang baik membantu Anda mendapatkan suku bunga terbaik untuk pinjaman dan kartu kredit, di antara keuntungan lainnya. Selain itu, waspadai keputusan keuangan yang dapat menaikkan atau menurunkan skor Anda.



Kelola Hutang Dengan Tepat - Gunakan anggaran Anda untuk tetap mengurangi pengeluaran dan meningkatkan pembayaran. Kembangkan rencana pengurangan utang, seperti membayar pinjaman dengan tingkat bunga tertinggi terlebih dahulu.



Investasikan di Masa Depan Anda - Jika atasan Anda menawarkan rekening tabungan pensiun, pastikan untuk mendaftar dan berkontribusi maksimal untuk menerima dana pensiun. Pertimbangkan untuk membuka rekening pensiun individu (IRA) dan membuat portofolio investasi terdiversifikasi dari saham, pendapatan tetap, dan komoditas.



Jika perlu, carilah nasihat keuangan dari penasihat profesional untuk membantu Anda menentukan berapa banyak uang yang Anda perlukan untuk pensiun dengan nyaman dan mengembangkan strategi untuk mencapai tujuan Anda.


Kunci penting dalam meningkatkan literasi finansial adalah disiplin. Mulailah perjalanan literasi keuangan Anda dengan membuka DepositoBPR by Komunal. Kami menawarkan suku bunga yang kompetitif dan kemudahan membuka rekening tabungan baru. Kunjungi websitenya sekarang juga di https://depositobpr.id/ sekarang juga!

share

Bagikan