blog
Opportunity Cost: Berikut Definisi dan Contohnya!
DepositoBPR by Komunal
09 Januari 2023
Opportunity Cost: Berikut Definisi dan Contohnya!

Opportunity Cost adalah jumlah keuntungan potensial yang dilewatkan oleh investor ketika mereka berkomitmen pada satu pilihan investasi daripada yang lain. Hal ini juga bisa diartikan sebagai nilai kerugian Anda saat memilih antara dua opsi atau lebih. Ketika Anda memutuskan, Anda merasa bahwa pilihan yang Anda buat akan memberikan hasil yang lebih baik untuk Anda terlepas dari kerugian yang Anda alami dengan memilihnya.



Sebagai seorang investor, hal tersebut berarti bahwa pilihan investasi Anda akan selalu memiliki kerugian atau keuntungan langsung di masa depan. Untuk mengevaluasi biaya peluang dengan benar, biaya dan manfaat dari setiap opsi yang tersedia harus dipertimbangkan dan dibandingkan dengan yang lain. Mempertimbangkan nilai biaya peluang dapat memandu individu dan organisasi untuk pengambilan keputusan yang lebih menguntungkan.



Opportunity Cost adalah konsep ekonomi mikro yang dapat diterapkan pada banyak situasi berbeda, mulai dari bisnis yang menentukan proyek apa yang akan dikejar, hingga karyawan yang memutuskan untuk bekerja lembur atau menghabiskan waktu bersama keluarga mereka, atau investor yang memilih dana indeks daripada portofolio yang dikelola sendiri.



Saat melihat opportunity cost, para ekonom mempertimbangkan dua jenis: eksplisit dan implisit. Biaya eksplisit adalah biaya yang dikeluarkan saat mengambil tindakan tertentu terkait dengan keputusan yang dapat mencakup upah, bahan, pembelian stok, sewa, utilitas, dan biaya nyata lainnya.



Sedangkan biaya peluang implisit kemungkinan akan dikeluarkan atau bisa mungkin tidak dikeluarkan tanpa melakukan tindakan tertentu. Biaya implisit bersifat tidak langsung dan sulit diidentifikasi. Mereka mewakili pendapatan atau manfaat lain yang mungkin dihasilkan seandainya Anda membuat pilihan alternatif.



Biaya peluang dapat dengan mudah diabaikan oleh banyak orang karena terkadang manfaatnya tidak terealisasi, dan karena hal tersebut merupakan hal yang tidak terlihat dari pandangan.



Contoh Opportunity Cost


Setiap keputusan memiliki trade-off yang terlibat, bukan hanya investasi. Jadi, bagaimana biaya peluang dimainkan di dunia nyata? Berikut adalah beberapa contoh opportunity cost.



Membelanjakan Uang Untuk bisnis atau Menabung


Seorang pemilik bisnis ingin menambahkan produk baru ke barisan. Dibutuhkan investasi di muka sebesar 50 juta untuk membangun dan memasarkan. Biaya peluang adalah nilai potensial dari uang yang dibelanjakan di tempat lain atau disimpan untuk masa depan.



Saham atau Uang Tunai


Katakanlah Anda memiliki 50 juta di rekening bank Anda, yang tidak Anda perlukan segera. Anda dapat memiliki banyak pilihan dengan uang di rekening ini. Misalnya, Anda bisa menyimpan uang tersebut, atau Anda bisa menginvestasikan uang ini di saham. Katakanlah jika Anda menginvestasikan uang itu dengan bijak di beberapa saham yang secara dividen bagus, dan setelah satu tahun, 50 juta tersebut akan menjadi kemungkinan 60 juta. Disisi lain, jika Anda menginginkan uang ini untuk keperluan lain alih-alih berinvestasi dalam bentuk saham, maka opportunity cost Anda akan menjadi selisih antara 60 juta dan 50 juta, yaitu 10 juta.



Menjual Saham Sekarang atau 2 Bulan Lagi


Anda memiliki saham perusahaan senilai 100 juta. Anda berpikir untuk menjual saham itu sekarang atau menunggu 2 bulan lagi. Katakanlah, setelah 2 bulan, saham akan bernilai 110 juta. Jika Anda menjual sahamnya sekarang, maka biaya peluang Anda adalah 110 juta - 100 juta = 10 juta, yang dapat Anda peroleh jika Anda menunggu selama 2 bulan lagi.



Berinvestasi dalam Saham atau Gelar Lebih Tinggi


Anda memiliki 20 juta di mana Anda berpikir untuk berinvestasi dan mengambil peluang investasi di suatu perusahaan, atau Anda dapat menginvestasikan uang ini untuk mendapatkan gelar yang lebih tinggi di universitas yang bagus. Jika Anda berinvestasi dalam saham, maka opportunity cost Anda akan menjadi gelar yang lebih tinggi dan gaji yang lebih tinggi karena gelar tersebut. Tetapi jika Anda menginvestasikan untuk mengejar gelar S3, maka biaya peluang Anda adalah keuntungan yang diperoleh dari saham tersebut.


Sekarang, luangkan waktu sebentar untuk mempertimbangkan keputusan di dalam hidup Anda. Memahami opportunity cost yang terkait dengan pilihan Anda dapat menjelaskan jalan terbaik ke depan.



Anda juga dapat mempertimbangkan untuk berinvestasi melalui program depositoBPR by Komunal. #Lebih Untung, dengan tingkat suku bunga tertinggi hingga 6,25% #Lebih Aman, karena telah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) #Lebih Praktis, lebih dari 250 BPR terseleksi di seluruh Indonesia dalam satu aplikasi. kunjungi website kami untuk informasi lebih lengkap!




share

Bagikan