blog
Mengenal Deposito, Jangka Waktu Deposito Dan 4 Manfaatnya
Komunal Indonesia
22 Juni 2022
Mengenal Deposito, Jangka Waktu Deposito Dan 4 Manfaatnya

Deposito menjadi salah satu instrumen investasi yang cukup populer dan banyak diminati oleh masyarakat. Dengan jangka waktu deposito yang beragam membuat masyarakat tertarik untuk menyimpan uangnya menggunakan produk investasi yang satu ini.



Pengelolaan keuangan yang baik dilakukan dengan pertimbangan yang matang dan tepat. Selain pengelompokan dana yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan saat ini dan masa depan, Anda perlu mempertimbangkan untuk memanfaatkan langkah lainnya guna mempersiapkan masa depan finansial yang baik.



Terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mencapai masa depan finansial yang baik, salah satunya tentu dengan memanfaatkan produk investasi di mana Anda dapat menginvestasikan dana yang Anda miliki saat ini ke dalam beberapa instrumen investasi seperti deposito.



Bukan rahasia umum apabila kebanyakan orang memilih deposito karena beragam keuntungan yang ditawarkannya. Keuntungan yang ditawarkan oleh deposito antara lain adalah nilai suku bunga yang relatif lebih tinggi dari tabungan, jangka waktu deposito yang beragam serta risiko yang sangat minim jika dibandingkan dengan saham atau instrumen investasi lainnya.



Sebelum memilih untuk menyimpan uang Anda di deposito, pelajari beberapa hal penting mengenai instrumen investasi yang satu ini mulai dari pengertian, jangka waktu deposito, serta cara menyimpan uang di deposito dengan tepat.



Mengenal Deposito Berjangka Serta Jangka Waktu Deposito


Secara sederhana, deposito merupakan salah satu produk penyimpanan uang yang ditawarkan oleh bank di mana sistem penyetoran dilakukan di awal dan memiliki beberapa ketentuan dalam pencairannya.



Salah satu yang sangat terkenal adalah deposito berjangka di mana jangka waktu deposito berjangka ini terdiri mulai dari 3, 6, 12, bahkan hingga 24 bulan. Sama dengan deposito jenis lainnya, jenis deposito berjangka juga tidak dapat dicairkan sebelum waktu yang telah disepakati berakhir.




Manfaat Utama Dari Deposito Berjangka


Untuk orang-orang yang sudah pernah memanfaatkan deposito, tentu lebih memahami apa saja keuntungannya



Salah satu manfaatnya adalah keamanan dana yang disimpan. Tentu saja dengan menyimpan uang Anda di bank jauh lebih aman dibanding menyimpannya secara pribadi karena terlalu banyak resiko seperti kehilangan.



Anda juga dapat memperoleh keuntungan dari suku bunga yang diberikan oleh pihak bank sehingga uang Anda akan berkembang dan bertambah.



Meskipun menawarkan keuntungan yang beragam, namun perlu diketahui, produk investasi yang satu ini tidak sama dengan tabungan simpanan yang dananya dapat ditarik kapan saja.



Kedua produk perbankan tersebut tentu sangat berbeda, dan jelas bahwa deposito merupakan produk simpanan berjangka dengan sistem penyetoran serta pencairan yang harus dilakukan sesuai dengan jangka waktu deposito yang telah disepakati bersama. Nah, poin-poin berikut ini dapat Anda jadikan pertimbangan sebelum memilih deposito sebagai pilihan produk keuangan.




1. Deposito Memiliki Keamanan Yang Terjamin



Deposito adalah instrumen investasi jangka panjang dengan tingkat keamanan yang tinggi, hal ini dikarenakan produk investasi yang satu ini dijamin oleh pemerintah melalui Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS.



Dengan begitu, jika suatu saat terjadi hal-hal di luar dugaan yang menimpa bank pilihan Anda, maka dana Anda akan tetap aman dan akan digantikan oleh negara melalui LPS.



Deposito merupakan alternatif yang sangat cocok untuk Anda yang sedang menabung guna mencapai sebuah tujuan di jangka waktu tertentu, contohnya saja untuk membiayai pendidikan, membeli tanah, mobil, dan lain sebagainya. Dengan mendepositokan uang yang dimiliki, uang Anda akan tersimpan dengan aman hingga waktu yang telah disepakati.



Dengan adanya jangka waktu deposito yang berlaku, Anda tidak mudah tergoda untuk menggunakan uang untuk hal-hal yang tidak diperlukan. Meskipun sebenarnya deposito dapat diambil sebelum jatuh tempo, tapi mengingat adanya denda atau penalti yang akan dikenakan tentunya membuat Anda akan berpikir dua kali saat hendak mencairkan dana tersebut.



2. Minim Akan Risiko


Jika dibandingkan dengan produk investasi seperti obligasi atau pasar saham, deposito memiliki tingkat resiko yang lebih minim. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir akan mengalami kerugian besar layaknya yang terjadi pada obligasi maupun pasar saham, karena menyimpan dana dengan jangka waktu deposito tertentu jauh lebih aman dibandingkan yang lainnya.



3. Mudah Sekaligus Menguntungkan


Manfaat dari menyimpan uang dalam jangka waktu deposito yang beragam tentunya dapat memudahkan Anda untuk mengembangkan dana yang dimiliki. Deposito menawarkan nilai suku bunga yang relatif lebih tinggi dan tentunya suku bunga tersebut sangat menguntungkan. Semakin lama jangka waktu deposito yang dipilih maka semakin besar pula suku bunga yang akan didapatkan.




4. Pendapatan Per Tenor


Perlu diketahui, deposito memberikan keuntungan berupa penghasilan per tenor karena para nasabah tidak dapat mencairkan dana yang telah didepositokan sesuka hati. Sehingga, meskipun tidak dapat mencairkan dana tersebut, Anda akan memperoleh keuntungan dari adanya tambahan bunga deposito. Yang lebih menariknya lagi, suku bunga tersebut dapat ditambahkan ke dalam deposito atau dipindahkan ke rekening nasabah.



Cara Menabung Deposito Dan Memilihnya


Sebagian orang mungkin sudah mengenal dan paham akan produk perbankan yang satu ini, namun tak jarang juga yang masih awam dan belum mengenal deposito. Sering kali, masyarakat yang ingin mencoba untuk menyimpan uangnya melalui deposito namun tidak memahami bagaimana cara menyimpan uang dengan deposito yang benar.


Setelah memahami mengenai deposito beserta manfaatnya, Anda perlu mengetahui cara mendepositokan uang Anda dengan tepat. Berikut adalah langkah-langkah untuk menabung deposito serta cara memilih deposito yang tepat.



  1. 1.

    Cari informasi secara lengkap mengenai bank yang akan dipilih dan bandingkan reputasi bank tersebut sebelum membuka rekening deposito Anda. Pastikan bank yang menjadi pilihan Anda memiliki reputasi yang terpercaya dan memenuhi standar kualifikasi yang ditetapkan oleh Bank Indonesia. Dengan begitu Anda akan merasa lebih aman ketika memutuskan untuk menyimpan uang dengan sistem deposito.


  1. 2.

    Terdapat beberapa jenis deposito yang ditawarkan oleh perbankan, Anda dapat membandingkannya beberapa jenis deposito yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan. Anda dapat melakukan perbandingan dengan melihatnya berdasarkan sistem pembayaran bunga serta tingkat suku bunga yang ditawarkan masing-masing bank.


  1. 3.

    Hindari dan berhati-hati terhadap tawaran suku bunga yang tinggi dan melebihi ketentuan Lembaga Penjamin Pinjaman dan keuntungan yang instan dengan jangka waktu deposito yang singkat untuk menghindari tindakan penipuan yang dapat menyebabkan kerugian.



Tahap Pengajuan Simpanan Deposito


- Menetapkan bank untuk mendaftar program deposito.


- Siapkan berkas penting seperti KTP dan NPWP


- Menyiapkan materai.


- Tentukan jangka waktu deposito yang diinginkan serta jenis deposito yang ditawarkan oleh bank.


- Mengisi formulir pendaftaran deposito


- Mengikuti arahan petugas bank


- Melakukan setoran deposito yang telah disepakati


- Setelah berhasil mendaftar, Anda akan diberikan bilyet sebagai bukti kepemilikan deposito.



Tahap-tahap pengajuan deposito kini sudah lebih mudah dengan adanya platform Deposito BPR by Komunal. Digitalisasi
share

Bagikan