blog
Hemat Pangkal Kaya: Mitos Atau Fakta?
DepositoBPR by Komunal
14 Desember 2022
Hemat Pangkal Kaya: Mitos Atau Fakta?

Hampir semua orang pasti pernah mendengar kalimat “hemat pangkal kaya” yang cukup terkenal dikalangan masyarakat Indonesia. Istilah ini sebenarnya memiliki arti sebuah ajakan pada orang-orang untuk memiliki gaya hidup hemat supaya bisa menjadi kaya. Jika dipikirkan dengan logika, berhemat tentunya dapat memberikan dampak yang positif untuk kesehatan finansial Anda.




Namun berhemat saja tidak cukup dan tidak lantas membuat Anda menjadi kaya begitu saja. Masih ada banyak cara lain yang perlu dilakukan untuk memaksimalkan kondisi finansial Anda. Apakah ada hal yang membuktikan bahwa dengan berhemat kita bisa menjadi kaya? Biar gak bingung, simak penjelasan di bawah ini!




Tips Hemat dan Membangun Kekayaan




Warren Buffet yang merupakan salah satu orang terkaya di Dunia ini diketahui menggunakan kupon untuk membeli makanan McDonald's.Jadi, apakah ini berarti hemat pangkal kaya adalah rahasia kekayaan orang-orang terkaya di Dunia? Nah, jawabannya adalah ya dan tidak! perhatikan tips menghemat uang dan mengelola uang layaknya orang terkaya di Dunia.




1. Simpan Sebagian Besar Penghasilan Anda




Simpan sebagian besar dari apa yang Anda hasilkan! Slogan hemat pangkal kaya memang bisa saja benar. Tapi, orang kaya tidak hanya berpikir berbeda tetapi juga bertindak berbeda. Banyak waktu mereka digunakan untuk menabung bahkan hingga 70% dari pendapatan mereka di usia muda.




2. Bayar Menggunakan Tunai




Membayar barang menggunakan uang tunai adalah salah satu tips hemat pangkal kaya yang bisa Anda coba.Menghabiskan uang tunai lebih sulit daripada menghabiskannya menggunakan kartu kredit atau membelanjakan uang digital.




3. Hilangkan Hutang Anda




Pastikan bahwa bunga bekerja untuk Anda dan bukan melawan Anda. Lunasi hutang Anda dan pastikan Anda tidak memiliki biaya atau pinjaman kartu kredit yang tidak perlu.




4. Jangan Menyia-nyiakan Apapun




Orang kaya mengelola uang dengan menggunakan berbagai hal secara maksimal. Itulah mengapa Anda tidak boleh menyia-nyiakan apa pun.




Baik itu pasta gigi, makanan, pakaian, atau yang lainnya - pastikan Anda hanya membeli apa yang Anda butuhkan dan tidak pernah membuang barang tanpa mendapatkan pengembalian investasi yang baik.




5. Berinvestasi




Kita semua tahu hemat pangkal kaya, namun selain hemat, cara yang baik untuk menjadi kaya adalah berinvestasi di instrumen investasi. Saat ini sudah banyak investasi online yang bisa Anda manfaatkan untuk mengelola dan membangun kekayaan Anda.




6. Dapatkan Penawaran Terbaik




Temukan penawaran terbaik! Jangan beli apapun tanpa membandingkan harga. Jadi, selalu cari peluang harga terbaik, gunakan kupon, dan temukan sendiri penawaran terbaik untuk pengeluaran rutin. Anda dapat menghemat banyak uang.




7. Jangan Malu Menawar




Satu kebiasaan yang dimiliki orang kaya adalah mereka tidak malu menawar, selalu lakukan tawar-menawar. Anda sering kali dapat menurunkan 10% - 15% dari harga produk hanya dengan menawarnya.




8. Hidup Di Bawah Kemampuan Anda




Untuk menjadi seorang jutawan, tak cukup hanya berpegang pada kalimat hemat pangkal kaya saja. Gunakan transportasi umum dan sering memasak di rumah daripada makan di luar yang dapat mengurangi pengeluaran Anda sebesar 15% - 20%.




9. Jangan Buang Uang Untuk Pamer




Salah satu kebiasaan baik yang dimiliki orang kaya adalah mereka tidak pamer. Mereka berpakaian normal dan berkeliling dengan mobil yang nyaman tetapi tidak mencolok.




10. Hindari Kemewahan yang Tidak Perlu




Kebanyakan orang kaya menghindari kemewahan yang tidak perlu. Mereka akan dengan senang hati terbang dengan kelas ekonomi untuk jarak pendek. Mereka tahu kapan layak membayar lebih untuk kenyamanan. Hal ini menjadikan hemat pangkal kaya adalah benar adanya.




11. Terapkan 50/20/30




Apa itu 50-20-30? Anda harus mengalokasikan 50% dari penghasilan Anda setelah pajak untuk kebutuhan, 30% untuk keinginan Anda, dan 20% untuk tabungan.




12. Praktikkan Pengelolaan Keuangan yang Baik




Orang kaya mengelola uang dengan baik berkat kebiasaan finansial yang baik. Itu dia tips hemat pangkal kaya yang bisa bantu Anda jadi orang kaya. Seperti yang dijelaskan di atas, selain berhemat Anda juga bisa menginvestasikan uang Anda melalui deposito online agar terus bertumbuh.




Mulai hidup hemat dan simpan uang Anda melalui DepositoBPR by Komunal dan dapatkan keuntungannya. Kunjungi websitenya sekarang juga untuk informasi lebih lengkap!



share

Bagikan