Harta Kekayaan Prabowo Subianto, Lebih dari 2 Triliun!

blog

Harta Kekayaan Prabowo Subianto, Lebih dari 2 Triliun!

DepositoBPR by Komunal

27 Februari 2024

Menjelang Pemilu 2024 yang diselenggarakan serentak pada 14 Februari ini, informasi seputar harta capres 2024 banyak dicari. Salah satu subjek pembicaraan yang menjadi diskusi hangat masyarakat adalah harta kekayaan Prabowo Subianto.


Pelaporan dan penyajian laporan harta kekayaan capres dan cawapres secara publik sejatinya merupakan hal yang wajib dilakukan pada pemilu yang dilaksanakan setiap 5 tahun sekali. Adapun kekayaan yang dilaporkan berupa kepemilikan tanah, logam mulia, rumah, dan lain sebagainya.


Lantas, berapa total harta kekayaan Prabowo yang katanya lebih dari 2 triliun dan bagaimana rinciannya? Sebelum mengetahui rincian harta kekayaan Menteri Pertahanan ke-26 Republik Indonesia ini, yuk cek dulu profilnya!


Profil Prabowo Subianto


Prabowo Subianto Joyohadikusumo lahir pada 17 Oktober 1951 di Jakarta, Indonesia. Capres dari partai Gerindra ini mulanya berkarier di militer selama 28 tahun sebelum masuk ke dunia bisnis, politik, dan pemerintahan.


Pemilu 2024 ini bukanlah kali pertama pencalonan Prabowo sebagai capres. Pada Pemilu 2014 silam, Prabowo maju sebagai capres dengan Hatta Rajasa sebagai cawapres. Berikutnya, Prabowo mencalonkan dirinya sebagai presiden pada Pemilu 2019 didampingi oleh Sandiaga Uno sebagai wakilnya.


Sebagai putra ekonom Soemitro Djojohadikoesoemo, masa kecil Prabowo sering kali dihabiskan di luar negeri. Berkat pengalamannya tersebut, Prabowo menguasai beberapa bahasa asing, seperti bahasa Inggris, Prancis, Jerman, dan Belanda.


Jika ingin mengetahui harta kekayaan Prabowo secara terperinci, penting untuk menelusuri jejak kariernya di militer, bisnis, dan politik terlebih dahulu. Untuk itu, simak penjelasan berikut:


Karier Militer


Sebelum terjun ke dunia bisnis dan politik, Prabowo berkarier di militer selama 28 tahun. Pada tahun 1976, Prabowo dilantik sebagai Letnan Dua di TNI angkatan darat setelah lulus dari Akademi Militer di Magelang. Tanggal 20 Maret 1998, Prabowo dilantik menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat, posisi yang pernah ditempati oleh ayah mertuanya.


Pada tahun terakhir penugasannya sebagai anggota militer, Prabowo diperiksa atas tuduhan penyelewengan wewenang. Akhirnya, Prabowo diputuskan bersalah atas tuduhan-tuduhan yang dilayangkan kepadanya dan diberhentikan dari posisinya.


Karier Bisnis


Setelah 28 tahun berkarier di militer, Prabowo diberhentikan dan menghabiskan waktunya di Yordania dan beberapa negara Eropa. Sekembalinya ke Indonesia, Prabowo terjun ke dunia bisnis, mengikuti langkah adiknya, Hashim Sujono Djojohadikusumo, yang merupakan konglomerat.


Prabowo memimpin 27 perusahaan yang ada di Indonesia dan di luar negeri. Beberapa perusahaan yang dipimpinnya adalah:


  • PT Tidar Kerinci Agung di bidang produksi minyak kelapa sawit.

  • PT Jaladri Nusantara di bidang perikanan.

  • PT Nusantara Energy di bidang migas.

Karier Politik


Prabowo memulai karier politiknya pada tahun 2004 di mana dia mencalonkan diri sebagai kandidat presiden dari Partai Golkar. Meskipun sempat lolos, Prabowo akhirnya kalah suara oleh Wiranto.


Empat tahun berlalu, Prabowo kemudian mendirikan partainya sendiri yaitu Partai gerakan Indonesia Raya atau Gerindra pada 6 Februari 2008. Lalu, Prabowo mencalonkan dirinya sebagai presiden pada Pemilu 2009. Namun, setelah pertimbangan yang tidak mudah, Prabowo akhirnya setuju untuk menjadi cawapres Megawati Soekarnoputri.


Pada Pemilu Presiden 2009, harta kekayaan Prabowo terhitung sebesar Rp1,579 triliun dan $7,57 juta. Hal tersebut membuatnya menjadi cawapres terkaya dibandingkan kompetitornya. Pemilu 2024 ini pun juga tidak begitu berbeda. Prabowo masih memegang posisi sebagai capres dengan harta kekayaan tertinggi.




Harta Kekayaan Prabowo Subianto


Prabowo adalah capres dalam Pemilu 2024 dengan harta kekayaan terbanyak, bebas utang. Berikut adalah rincian harta Prabowo menurut Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dibagikan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK):


1. Tanah dan Bangunan



2. Alat Transportasi dan Mesin



3. Harta Bergerak Lainnya: Rp16.415.023.500


4. Surat Berharga: Rp1.701.879.000.000


5. Kas dan Setara Kas: Rp47.809.759.191


Itulah rincian harta kekayaan Prabowo Subianto berdasarkan laporan yang diserahkan kepada KPK pada 20 Oktober 2023 lalu. Kekayaan capres dari partai Gerindra ini didominasi oleh surat berharga dan diikuti dengan kepemilikan tanah serta bangunan di wilayah Jakarta Selatan dan Bogor.


Dibutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mendapatkan kekayaan melimpah seperti Prabowo, sama halnya seperti aktivitas investasi pada umumnya. Pencapaianmu sebagai individu tidak perlu berpatok pada harta Prabowo. Fokus pada kesempatan investasi sekarang dengan memilih aset yang tepat, seperti deposito dari DepositoBPR by Komunal.


DepositoBPR adalah produk deposito yang memiliki bunga hingga 6,75% p.a. sehingga kamu bisa #LebihUntung. Tidak hanya itu, proses penempatan deposito #LebihAman karena dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) hingga Rp2 miliar per nasabah per bank. #PilihYangTepat? Pilih DepositoBPR by Komunal.


share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer