Rincian Harta Kekayaan Anies Baswedan Beserta Utangnya

blog

Rincian Harta Kekayaan Anies Baswedan Beserta Utangnya

DepositoBPR by Komunal

27 Februari 2024

Topik harta kekayaan capres kembali diperbincangkan pada Pemilu Presiden 2024 ini. Dari ketiga kandidat yang berkompetisi, Anies Baswedan adalah capres yang memiliki harta paling kecil. Lantas, berapa sebenarnya harta kekayaan Anies Baswedan?


Meskipun tidak diusung oleh partai politik, Anies Baswedan telah aktif berkecimpung dalam dunia politik. Rekam jejaknya pun cukup panjang sebelum mencalonkan diri sebagai presiden di Pilpres 2024.


Sebelum masuk ke rincian harta kekayaan Anies Baswedan, mari kenali dulu profil capres dengan nomor urut 1 dalam pembahasan di bawah ini.


Profil Anies Baswedan


Anies Baswedan adalah akademisi, aktivis, dan politikus yang lahir pada 7 Mei 1969 di Kuningan, Indonesia. Pencalonannya sebagai capres dalam pemilihan umum di tahun 2024 ini ia lakukan setelah menyelesaikan masa jabatan sebagai Gubernur DKI Jakarta periode 2017–2022.


Anies dibesarkan dari keluarga akademisi. Ayahnya adalah Rasyid Baswedan yang merupakan dosen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia. Kakeknya H. Abdurrahman Baswedan adalah pahlawan nasional yang juga dikenal sebagai nasionalis, jurnalis, diplomat, sastrawan, dan mubalig.


Pendidikan Anies Baswedan


Sama seperti Ganjar Pranowo, Anies Baswedan menempuh pendidikan di Universitas Gadjah Mada (UGM), tepatnya di Fakultas Ekonomi. Saat menjadi mahasiswa di UGM, Anies aktif dalam berorganisasi. Pada periode ini, Anies membentuk Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) sebagai lembaga eksekutif dan senat sebagai lembaga legislatif yang disahkan pada kongres 1993.


Setelah lulus dari UGM, Anies melanjutkan pendidikan untuk program Magister di bidang Keamanan Internasional dan Kebijakan Ekonomi di Universitas Maryland. Setelahnya, Anies melanjutkan studi untuk program Doktor di bidang Ilmu Politik di Northern Illinois University.


Karier Anies Baswedan


Sebagai akademisi, aktivis, dan politisi, Anies Baswedan memiliki rekam jejak yang panjang. Berikut adalah jabatan Anies Baswedan sebelum mencalonkan diri sebagai capres di pemilu 2024 ini:


  1. 1.

    Peneliti Pusat Antar Universitas Gadjah Mada.


  1. 2.

    Manajer Riset IPC, Inc. Chicago.


  1. 3.

    Anggota Kemitraan untuk Reformasi Tata Kelola Pemerintahan.


  1. 4.

    Direktur The Indonesian Institute.


  1. 5.

    Rektor Universitas Paramadina.


  1. 6.

    Ketua Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar.


  1. 7.

    Peserta Konvensi Capres Partai Demokrat.


  1. 8.

    Turut serta dalam Debat Konvensi di Medan, Palembang, dan Bandung.


  1. 9.

    Penggagas Gerakan Turun Tangan.


  1. 10.

    Juru bicara pasangan Jokowi – Jusuf Kalla pada Pilpres 2014.


  1. 11.

    Deputi Kantor Transisi Jokowi – Jusuf Kalla.


  1. 12.

    Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.


Jabatan Gubernur DKI Jakarta


Anies Baswedan menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta pada periode 2017-2022 didampingi wakilnya Sandiaga Uno. Selama menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Anies menerapkan beberapa kebijakan untuk penanganan kota, seperti:


  1. 1.

    DP Nol, yaitu kepemilikan rumah dengan uang muka ringan atau tanpa uang muka sama sekali.


  1. 2.

    Pembatalan izin Proyek Reklamasi di Teluk Utara.


  1. 3.

    Pembangunan Stadion Internasional Jakarta.


  1. 4.

    Program sumber daya air untuk pengendalian banjir.


  1. 5.

    Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) selama Covid-19.




Harta Kekayaan Anies Baswedan


Aset dan harta Anies Baswedan dibagi menjadi beberapa kategori yang telah ditentukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Berikut adalah rincian harta kekayaan Anies Baswedan berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN):


1. Tanah dan Bangunan



2. Alat Transportasi dan Mesin



3. Harta Bergerak Lainnya: Rp1.537.366.531


4. Surat Berharga: Rp56.526.000


5. Kas dan Setara Kas: Rp1.359.823.360


6. Harta Lainnya: Rp704.164.762


7. Utang: Rp6.668.710.430


8. Total Kekayaan Bersih: Rp11.789.358.223


Itulah pembahasan seputar harta kekayaan Anies Baswedan sebagaimana dilaporkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Harta Anies Baswedan menempati posisi ketiga di antara capres yang turut berkompetisi dalam Pilpres 2024 ini.


Meskipun tergolong paling rendah dalam daftar harta capres 2024, kepemilikan aset Anies Baswedan merata di berbagai sektor. Adapun yang membedakan laporan harta kekayaan Anies Baswedan dengan capres lainnya adalah adanya beban utang sebesar Rp6.668.710.430.


Terlepas dari kariernya sebagai akademisi dan politisi, harta kekayaan Anies Baswedan tidak terkumpul dalam waktu yang singkat. Semua orang dapat mengumpulkan harta kekayaan dengan strategi terukur dan pilihan tepat, seperti investasi di DepositoBPR.


DepositoBPR adalah produk deposito yang menawarkan bunga hingga 6,75% p.a. sehingga #LebihUntung. Di samping itu, investasi di DepositoBPR by Komunal dijamin #LebihAman karena prosesnya dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Jadi, jangan salah lagi. #PilihYangTepat untuk investasi menguntungkan dengan DepositoBPR by Komunal.


share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer