Berapa Bunga Deposito Bank Raya vs. BPR, Yuk Hitung!

blog

Berapa Bunga Deposito Bank Raya vs. BPR, Yuk Hitung!

DepositoBPR by Komunal

28 Agustus 2024

Melakukan investasi di bank saat ini tidak harus selalu memerlukan modal yang besar. Kamu bisa memilih berbagai investasi yang menguntungkan dengan modal kecil, seperti deposito di Bank Raya dan BPR.

Penawaran tingkat suku bunga deposito Bank Raya dan BPR cukup diminati oleh para deposan. Kamu dapat memilih masing-masing sesuai dengan preferensi dan kebutuhan. Namun umumnya, deposan lebih tertarik dengan suku bunga yang relatif besar.


Sebelum itu, bagi kamu yang tertarik untuk investasi di deposito BPR, yuk, cobain DepositoBPR by Komunal! Soalnya, DepositoBPR by Komunal juga menawarkan promo cashback hingga Rp500 ribu untuk pengguna baru! Yuk, cek informasinya di sini.

Berapa Bunga Deposito Bank Raya vs. BPR, Yuk Hitung!

Jika kamu ingin mengetahui perbandingan bunga deposito Bank Raya vs BPR, simak sampai akhir!


Tingkat Suku Bunga Deposito Bank Raya dan BPR


Pada dasarnya, deposito adalah produk investasi di bank berupa simpanan uang yang hanya dapat diambil setelah jangka waktu tertentu. Besaran hasil pencairan nanti sesuai dengan tingkat suku bunga dan masa tenor yang diambil.

Deposito termasuk jenis investasi low risk yang menawarkan banyak keuntungan. Dengan berinvestasi deposito, kamu bisa mengelola keuangan secara tepat dan aman di bank. Tingkat suku bunga yang ditawarkan oleh setiap bank berbeda-beda.

Nah, Bank Raya menyediakan deposito melalui produk keuangannya yang bernama Saku Jaga Optimal. Tenor deposito yang disediakan oleh produk tersebut sangat beragam, mulai dari 1, 3, 6, 12, dan 24 bulan. Adapun suku bunga deposito Bank Raya yang berlaku adalah sebagai berikut.


Berapa Bunga Deposito Bank Raya vs. BPR, Yuk Hitung!

(Data tersebut diambil melalui situs web Bank Raya per tanggal 24 Juli 2024)


Di samping itu, Bank BPR menawarkan tingkat suku bunga deposito mencapai 6,75% p.a. Ketetapan tersebut sudah mendapatkan jaminan dari LPS. Kamu bisa memilih masa tenor deposito yang tersedia, mulai dari 1 hingga 12 bulan.

Namun, perlu diketahui bahwa tingkat suku bunga deposito yang melebihi dari penjaminan LPS dan/atau total saldonya lebih dari Rp2 miliar, maka tingkat suku bunga yang ditawarkan oleh bank tersebut tidak bisa mendapatkan jaminan dari LPS.


Rumus Hitung Bunga Deposito


Sebelum menghitung besaran bunga deposito Bank Raya dan BPR, akan lebih baik jika mengetahui bagaimana rumus hitungnya terlebih dahulu. Rumus hitung ini nantinya akan memudahkan bagi kamu yang ingin melakukan simulasi perhitungan.


Sementara itu, perhitungan bunga deposito di Bank Raya dan BPR bertujuan untuk membantu kamu dalam menghitung jumlah keuntungan investasi yang akan didapatkan. Hal ini juga termasuk langkah pertimbangan yang perlu dilakukan agar terhindar dari investasi bodong.

Jadi, risiko terjadinya kesalahan dalam memilih investasi deposito di bank dapat berkurang. Adapun rumus hitung bunga deposito Bank Raya dan BPR adalah sebagai berikut.


Tenor Bunga Deposito = Dana Investasi x (Suku Bunga p.a / 12 bulan) x Masa Tenor


Total Pajak = Bunga Deposito x Pajak Deposito


Total Bunga Deposito Akhir = Jumlah Bunga Deposito - Jumlah Pajak


Berkaitan dengan nilai pajak deposito, umumnya jika nominal dana yang didepositokan lebih dari Rp7.500.000, maka nilai pajaknya adalah 20%. Tetapi, apabila nominal dana deposito kurang dari Rp7.500.000, maka tidak akan dikenakan pajak deposito.


Simulasi Perhitungan Bunga Deposito Bank Raya vs BPR


Setelah rumus hitung bunga deposito telah diketahui, maka langkah selanjutnya adalah melakukan simulasi perhitungan bunga deposito di Bank Raya vs BPR. Sebagai contoh, kamu akan berinvestasi deposito di Bank Raya dan BPR sebesar Rp50.000.000, maka simulasi perhitungan bunga deposito adalah sebagai berikut.


Berapa Bunga Deposito Bank Raya vs. BPR, Yuk Hitung!

Pada hasil simulasi perhitungan bunga deposito di Bank Raya dan BPR tersebut, dapat diketahui bahwa BPR menghasilkan jumlah keuntungan lebih besar daripada Bank Raya. Hal ini karena suku bunga yang ditawarkan oleh BPR memang relatif lebih besar.


Perhitungan di atas dihitung berdasarkan masa tenor dan suku bunga yang ditawarkan oleh setiap b›ank. Meskipun masa tenor dan nominal dana yang didepositokan sama, namun jumlah keuntungan akhirnya berbeda karena penawaran tingkat suku bunganya pun berbeda.

Mencapai Life Goal dengan Simpan Dana untuk Investasi di DepositoBPR by Komunal


Untuk mencapai financial freedom di masa depan, melakukan investasi deposito adalah pilihan yang tepat. Caranya pun mudah, kamu hanya perlu menyisihkan sedikit gajimu dan mengalokasikannya untuk berinvestasi di DepositoBPR by Komunal.

Dengan berdeposito di DepositoBPR by Komunal, kamu akan mendapatkan banyak keuntungan dan bisa memenangkan life goal-mu. Selain itu, prosesnya pun praktis dan mudah. Yuk, #PilihYangTepat untuk Menang sekarang hanya di DepositoBPR by Komunal!



Demikian informasi mengenai simulasi perhitungan bunga deposito Bank Raya vs BPR. Melalui penjelasan di atas, kamu tidak perlu bingung lagi ingin melakukan deposito di bank mana.


Semakin besar penawaran suku bunganya, maka semakin besar pula jumlah keuntungan yang akan didapatkan. Jadi, kalau kamu tertarik memperoleh keuntungan relatif tinggi, maka DepositoBPR by Komunal adalah tempat investasi yang cocok untuk kamu.

Tunggu apalagi? Ayo sisihkan danamu dan nikmati simpanan rasa investasi hanya di DepositoBPR by Komunal.



share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer