Perhitungan Bunga Deposito Bank Raya vs. BPR, Ini Simulasinya

blog

Perhitungan Bunga Deposito Bank Raya vs. BPR, Ini Simulasinya

DepositoBPR by Komunal

27 Juni 2024

Bank Raya adalah bank yang fokus menyediakan layanan perbankan digital di Indonesia. Salah satu produk unggulan Bank Raya adalah deposito yang menawarkan suku bunga kompetitif dan pilihan tenor fleksibel.

Deposito merupakan salah satu produk investasi aman dan menguntungkan serta menawarkan tingkat bunga yang lebih tinggi dibandingkan tabungan biasa. Untuk mengetahui informasi lengkap mengenai besaran bunga deposito Bank Raya dan simulasi perhitungannya, simak ulasannya berikut ini!


Apa itu Deposito?


Sebelum mengetahui simulasi perhitungannya, mari pahami dulu apa itu deposito. Deposito adalah produk simpanan di bank yang menawarkan bunga lebih tinggi dibandingkan tabungan biasa. Dana yang disimpan di deposito tidak dapat dicairkan sebelum jangka waktu yang disepakati, namun nasabah akan mendapatkan keuntungan berupa bunga yang kompetitif.

Deposito menjadi pilihan bagi investor yang mencari instrumen investasi aman dan menguntungkan dengan risiko relatif rendah. Sebab, seluruh depositonya dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Besaran Bunga Deposito Bank Raya


Bank Raya membantu kamu dalam mengelola keuangan melalui layanan yang disebut Saku Raya. Saku Raya terbagi dalam beberapa layanan, seperti Saku Utama, Saku Bujet, Saku Jaga, dan Saku Pintar. Bagi yang ingin mendepositokan dana, kamu bisa memilih Saku Pintar.

Saku Pintar merupakan salah satu layanan bank Raya, di mana kamu bisa menabung otomatis dengan target dan jangka waktu sesuai keinginan. Secara umum, deposito menawarkan beberapa jenis tenor deposito, yaitu 1, 3, 6, dan 12 bulan. Namun, suku bunga deposito yang berlaku di Saku Pintar cukup berbeda. Adapun suku bunga deposito bank Raya bisa dilihat pada tabel berikut:


Berdasarkan tabel tersebut, jika dibandingkan dengan deposito pada umumnya bunga maksimal yang diterima dalam tenor 1 tahun atau 12 bulan adalah sebesar 3,75%.


Perlu diingat bahwa LPS hanya menjamin nominal total saldo simpanan nasabah maksimum sebesar Rp2.000.000.000. Artinya, jika nominal total saldo simpanan Anda melebihi Rp2.000.000.000, maka kelebihan tersebut tidak akan dijamin oleh LPS.



Simulasi Perhitungan Bunga Deposito Bank Raya vs. BPR


Setelah mengetahui besaran bunga deposito Bank Raya, mari pelajari cara menghitungnya. Rumus yang bisa digunakan untuk menghitung bunga deposito Bank Raya adalah sebagai berikut:


Bunga Deposito = Setoran Investasi x (Suku Bunga per Tahun / 12) x Masa Tenor


Setelah menghitung bunga deposito, langkah selanjutnya adalah menghitung besaran pajak yang harus dibayarkan dengan rumus berikut:


Total Pajak Deposito = Bunga Deposito × Nilai Pajak


Pajak yang berlaku umumnya adalah 20%, tetapi hanya dikenakan jika setoran deposito melebihi Rp7,5 juta.


Terakhir, hitung keuntungan setelah dipotong pajak. Berikut rumus yang bisa digunakan:


Total Bunga Akhir = Bunga Deposito - Total Pajak


Perhitungan bunga deposito di BPR juga menggunakan rumus yang sama dengan suku bunga 6,75% per tahun. Sebagai contoh, jika ingin mendepositokan dana Rp100 juta, berikut adalah simulasi perhitungannya di Bank Raya dan BPR:



Itulah ulasan lengkap mengenai perhitungan bunga deposito Bank Raya dan BPR. Setelah menyimak ulasan di atas, kamu jadi tahu kan berapa besaran bunga deposito Bank Raya dan perbandingannya dengan deposito di BPR? Simulasi perhitungan di atas menunjukkan bahwa BPR menawarkan keuntungan yang lebih menarik dibandingkan Bank Raya, terutama untuk jangka waktu deposito lebih lama.


Bagi kamu yang tertarik untuk berinvestasi melalui deposito, DepositoBPR by Komunal dapat menjadi pilihan tepat. Aplikasi ini menjembatani deposan atau calon deposan dengan produk deposito BPR. Proses investasinya pun ringkas bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja melalui aplikasi. Deposito juga lebih aman karena dijamin LPS.

Tunggu apa lagi? Yuk, #PilihYangTepat dan mulai #SimpananRasaInvestasi bersama DepositoBPR by Komunal!


share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer