7 Cara Menyiapkan Budget Liburan Sekolah dengan Cermat

blog

7 Cara Menyiapkan Budget Liburan Sekolah dengan Cermat

DepositoBPR by Komunal

22 Juni 2024

Ingin mengisi liburan sekolah anak tanpa pengeluaran berlebih? Kekhawatiran ini bisa diatasi dengan pengelolaan keuangan yang tepat. Agar agenda wisata keluarga bisa terlaksana tanpa hambatan, buatlah budget liburan sekolah yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Sebelum packing baju, pastikan untuk menyusun rencana anggaran liburan sekolah terlebih dahulu. Agar tidak berlebihan menggunakan uang selama berwisata dengan keluarga, simak cara mengatur budget liburan secara cermat di bawah ini.


Cara Menyiapkan Budget Liburan Sekolah


Melakukan kegiatan liburan sekolah anak bersama keluarga menjadi momen spesial yang sering kali ditunggu oleh para orang tua. Berwisata ke destinasi tertentu pun kerap kali menjadi pilihan.


Selain menjadi hadiah tersendiri bagi sang buah hati, liburan sekolah juga termasuk aktivitas yang refreshing dan dapat menyatukan keluarga. Untuk mewujudkan momen hangat bersama keluarga tersebut, siapkan dulu budget liburan sekolah agar setiap kegiatan bisa terlaksana sesuai dengan anggaran. Berikut beberapa cara yang bisa diterapkan:


1. Mempersiapkan Dana dari Jauh Hari


Agar liburan sekolah dengan keluarga bisa berjalan dengan lancar, maka sebaiknya persiapkan dana dari jauh hari. Tentukan anggaran atau budget liburan maksimum yang disesuaikan dengan alokasi gaji bulanan maupun penghasilan tahunan.


Untuk itu, orang tua bisa menabung 3 hingga 6 bulan sebelumnya agar dana bisa terkumpul ketika momen liburan sekolah tiba. Dengan begitu, anggaran bulanan untuk memenuhi pembelian kebutuhan pokok dan biaya pendidikan tidak berkurang.


2. Menentukan Destinasi Liburan


Setelah menentukan budget liburan sekolah, saatnya untuk menentukan destinasi yang ingin dikunjungi. Apabila ingin menekan pengeluaran, sebaiknya pilih lokasi yang tidak terlalu jauh. Agar tidak terburu-buru, lakukan riset destinasi liburan dari jauh hari. Dengan begitu rencana budgeting hingga pemesananan tiket bisa terlaksana tanpa hambatan.


3. Mencari Promo Liburan Sekolah


Momen liburan sekolah yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang biasanya dihiasi dengan promo-promo menarik. Menggunakan promo selama liburan sekolah dapat menjadi trik untuk menekan pengeluaran. Untuk itu, cek berbagai situs pemesanan tiket yang menawarkan promo berupa potongan harga sebelum memesan tiket.


4. Menggunakan Promo Tiket dan Penginapan


Promo selama liburan sekolah tidak hanya terbatas pada transportasi dan tiket masuk area wisata. Penginapan pun biasanya menawarkan promo khusus pada momen liburan sekolah untuk keluarga. Biasanya, promo ini berlaku untuk metode pembayaran tertentu. Maka dari itu, gunakan promo yang ditawarkan secara cermat agar budget liburan tetap terkendali.


Baca juga: Uang THR Anak untuk Apa? Begini Cara Mengelolanya yang Tepat

5. Memilih Penginapan dengan Koneksi Internet


Salah satu pengeluaran yang tak terduga selama berlibur adalah paket internet. Agar mengurangi kebutuhan tersebut, sebaiknya pesanlah hotel atau penginapan yang menyediakan koneksi internet gratis (free wifi).


6. Menyiapkan Kebutuhan Pokok Selama Liburan


Hindari pengeluaran berlebih selama liburan dengan membawa kebutuhan pokok yang sudah tersedia di rumah. Siapkan peralatan mandi, obat-obatan, peralatan P3K, dan makanan ringan untuk menemani keluarga selama perjalanan. Ketika semua kebutuhan tersebut terpenuhi, tidak perlu lagi belanja sabun, pasta gigi, obat masuk angin, dan hal-hal pokok lainnya selama liburan.


7. Mengeluarkan Uang dengan Bijak Selama Liburan


Gunakan waktu liburan seoptimal mungkin, namun jangan jadikan kesempatan tersebut untuk menghabiskan uang secara berlebihan. Tetap gunakan uang sebijak mungkin dengan menyusun prioritas selama liburan. Jika perlu, catatlah setiap pengeluaran selama liburan agar dapat mengatur budget dengan lebih tertata.


Contoh Rencana Anggaran Biaya Liburan Sekolah


Agar tidak kesulitan membuat budget liburan sekolah bersama keluarga, gunakan tabel yang memisahkan setiap kebutuhan. Dengan pengelompokan yang tertata, anggaran liburan pun bisa disusun sesuai dengan urgensi dan besar nominalnya.


Contoh, keluarga yang terdiri dari orang tua dan dua anaknya ingin mengisi liburan sekolah dengan mengunjungi Bandung selama satu minggu. Berikut adalah contoh anggaran liburan untuk keluarga yang berangkat dari Jakarta untuk liburan ke Bandung:



Sebagai catatan, nominal biaya yang tercantum pada tabel contoh rencana anggaran biaya liburan sekolah di atas hanyalah estimasi atau perkiraan. Perubahan harga bisa terjadi sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi pasar.


Sekian informasi seputar persiapan budget liburan sekolah yang dapat diantisipasi oleh orang tua. Untuk mewujudkan momen liburan hangat bersama keluarga, siapkan dana secukupnya dari jauh hari. Salah satu caranya adalah dengan berinvestasi deposito di DepositoBPR by Komunal.


Kamu bisa memilih tenor 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan dengan deposito awal minimal Rp1 juta. DepositoBPR by Komunal menawarkan bunga hingga 6,75% p.a. yang lebih tinggi daripada bank-bank lainnya. Tidak hanya #LebihUntung, kamu juga dapat berinvestasi #LebihAman karena DepositoBPR by Komunal direkomendasikan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


Jadi, yuk siapkan budget liburan dengan #SimpananRasaInvestasi di DepositoBPR by Komunal segera!


Baca juga: Persiapan Dana Pendidikan Anak dengan Strategi yang Tepat



share

Bagikan

Layanan Pengaduan Konsumen

PT. Komunal Sejahtera Indonesia

Telepon : (+62) 31 9921 0252

WhatsApp : +62-851-6310-6672

Email : [email protected]

Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI

WhatsApp : +62-853-1111-1010

woman
Powered By
komunal-footer