blog
6 Cara Bikin Idle Money Perusahaan Startup Jadi Efektif
DepositoBPR by Komunal
13 Juli 2022
6 Cara Bikin Idle Money Perusahaan Startup Jadi Efektif

Tahukah Anda apa itu idle money? Idle money atau uang mengendap adalah uang yang disimpan dan tidak digunakan sama sekali. Apakah perusahaan Anda juga memiliki idle money? Rata-rata perusahaan memiliki idle money supaya uang tersebut bisa dipakai jika ada keperluan di masa depan.



Tapi sebetulnya, idle money ini bisa dimanfaatkan lho untuk mempercepat perkembangan bisnis Anda.



Berikut 6 cara yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan idle money perusahaan agar lebih efektif.



Urus Kebutuhan Perusahaan yang Tertunda


Setiap pengusaha pasti ingin startup impian mereka menjadi kenyataan. Namun, ketika merintis sebuah perusahaan startup, impian ini mungkin akan tertunda karena sebuah faktor yakni kekurangan dana.



Nah, jika sekarang startup Anda sudah berhasil memiliki idle money, saatnya memanfaatkan uang ini untuk mengurus kebutuhan perusahaan yang tertunda. Apa saja kebutuhan yang perlu diurus?


Bayar Utang


Saat dana yang dimiliki perusahaan belum begitu banyak, mau tidak mau pasti harus berutang. Jadi, ketika startup Anda memiliki idle money dan tidak tahu cara memanfaatkan uang tersebut, maka Anda bisa mulai dengan membayar utang.



Contohnya membayar sewa tempat untuk kantor, jika Anda membayar sewa tempat tersebut dengan cara mencicil. Misalnya saat ini Anda membayar sewa tempat dengan cara cicil sebanyak 3 kali dalam setahun. Karena Anda memiliki idle money, maka Anda dapat melunasi cicilan tersebut sehingga kontrak sewa tempat tersebut aman hingga akhir tahun.



Contoh lainnya adalah jika membeli sebuah alat untuk perusahaan dengan cara mencicil. Sama seperti membayar sewa tempat di atas, Anda dapat langsung melunasi pembayaran untuk alat tersebut.


Daftar Asuransi


Segera daftarkan startup Anda di sebuah perusahaan asuransi jika belum melakukannya. Walaupun Anda harus membayar biaya asuransi setiap bulan atau tahun (sesuai kesepakatan), namun banyak keuntungan dan manfaat yang akan didapat.



Jika sesuatu terjadi kepada Anda sebagai pemilik perusahaan, maka asuransi jiwa dan kesehatan dapat menanggung biaya kebutuhan keluarga Anda dan karyawan. Tak hanya itu, asuransi juga akan mengganti kerugian yang dialami perusahaan jika terjadi kebakaran, bencana, pencurian atau huru-hara. Artinya, perusahaan dan para karyawan Anda sudah dijamin penuh oleh asuransi.


Menambah Fasilitas Perusahaan


Anda bisa menambah fasilitas perusahaan jika mempunyai idle money. Lengkapi perusahaan dengan fasilitas sekunder yang akan sangat berguna bagi perusahaan Anda. Contohnya membeli mobil perusahaan. Mobil akan sangat membantu mobilitas para karyawan dan menekan biaya pengeluaran perusahaan Anda ketimbang harus menggunakan taksi online untuk bepergian. Hal ini juga akan membuat kinerja karyawan jadi lebih efektif dibanding sebelumnya.



Contoh lainnya, jika perusahaan Anda bergerak di bidang bakery. Anda bisa membeli peralatan produksi lebih banyak seperti mixer, oven dan mesin proofer. Dengan begini, produksi roti akan jauh lebih cepat, banyak dan efisien sehingga bisa melayani konsumen lebih banyak dan lebih baik.


Investasikan Uang yang Mengendap


Selain mengurus kebutuhan perusahaan yang tertunda, Anda juga bisa menginvestasikan idle money di berbagai instrumen investasi. Berikut tiga instrumen investasi yang banyak dilirik orang:


Emas


Dari dahulu kala, investasi yang satu ini selalu banyak diminati oleh orang, karena emas mudah untuk dibeli dan juga minim resiko. Jikapun harga emas turun, angkanya tidak sedrastis instrumen investasi lain sehingga emas adalah investasi yang aman untuk dipilih.



Walaupun harganya jarang turun secara drastis, namun Anda harus menunggu waktu yang lama agar dapat merasakan keuntungan dari investasi emas. Rata-rata, keuntungan emas akan terlihat dalam waktu 5 hingga 10 tahun yang akan datang. Sehingga, instrumen investasi emas disarankan bagi yang ingin berinvestasi dalam jangka panjang, bukan jangka pendek.



Selain keuntungan baru akan didapat pada waktu yang lama, jika Anda berinvestasi pada emas fisik, maka Anda harus membelinya di butik perusahaan penerbitan emas atau di toko emas. Sebetulnya Anda bisa memesan emas melalui toko online lalu barang akan dikirim melalui ekspedisi. Tapi, mengingat barang yang dibeli tidak murah, banyak masyarakat yang ragu untuk membeli emas di toko online. Karena keamanan pengiriman, banyak orang yang memutuskan untuk tetap membeli emas di toko offline. Jika Anda sibuk, tentu hal ini sangat merepotkan, bukan?


Saham


Selain investasi emas, instrumen investasi saham juga dapat menjadi pilihan. Apalagi jika anda sedang mencari instrumen investasi jangka pendek, maka saham adalah jawabannya.



Keuntungan dari berinvestasi saham adalah Anda tidak membutuhkan uang yang banyak untuk membeli saham. Jadi, jika idle money perusahaan Anda belum begitu banyak, saham bisa menjadi pilihan. Saat ini juga sudah banyak aplikasi smartphone dimana Anda bisa membeli saham dengan mudah.



Walaupun saham adalah investasi yang mudah dan tergolong murah bagi pemula, Anda tidak boleh lengah karena ada kemungkinan besar nilai saham akan turun. Hal ini menjadikan saham sebuah instrumen investasi yang cukup beresiko. Untuk itu, Anda perlu rajin-rajin mengecek perkembangan saham yang sudah dibeli agar dapat melakukan tindakan sesuai pergerakan saham dan kemauan Anda.


Deposito


Instrumen investasi yang satu ini adalah instrumen investasi yang paling mudah bagi pemula. Pasalnya, Anda hanya perlu datang ke bank dan membuka akun untuk deposito. Nanti, setiap bulannya, Anda akan mendapat keuntungan atau bunga dari deposito tersebut.



Instrumen investasi deposito memang tidak begitu menguntungkan dibanding saham, tetapi jelas lebih aman dan mudah bagi pemula. Tapi, sekarang ada tempat untuk berinvestasi deposito yang bernama depositoBPR.



Melalui depositoBPR, nasabah bisa mendapat bunga hingga 6%! Angka ini jauh lebih besar dibanding deposito di bank konvensional lainnya. Anda juga tak perlu mengkhawatirkan keamanannya, karena depositoBPR diawasi oleh OJK dan dijamin oleh lembaga Penjamin Simpanan (LPS) hingga 2 miliar rupiah.



Selain itu, depositoBPR sangat mudah digunakan karena semua hal yang berkaitan dengan deposito seperti membuka akun, memilih deposito dan monitoring deposito dapat dilakukan melalui website depositoBPR. Sehingga, Anda bisa berinvestasi dari mana saja dan kapan saja karena tidak perlu lagi datang ke kantor BPR. Fitur-fitur yang disediakan di website depositoBPR juga mudah dimengerti dan digunakan sehingga cocok bagi investor pemula.



Jadi tunggu apalagi? Yuk segera buka deposito di deposito BPR karena keuntungan nya sangat banyak! Keuntungan yang kamu dapat dari depositoBPR juga dapat digunakan untuk keperluan kantor lainnya seperti membayar utang, ikut asuransi dan juga menambah fasilitas perusahaan.




share

Bagikan