blog
Apa Itu Perencanaan Keuangan? Ini Manfaat dan Tipsnya
Komunal Indonesia
24 Januari 2022

Memiliki perencanaan keuangan pribadi dapat memudahkan Anda dalam mengatur pengeluaran tiap bulannya. Selain itu, merencanakan penggunaan uang Anda dapat bermanfaat seperti penggunaan yang tepat sasaran, tidak merugikan bagi diri sendiri, maupun orang lain.



Kesulitan dalam mengelola uang hingga kini masih jadi masalah cukup serius. Sering kali perencanaan keuangan yang sudah dibuat tidak cocok, sehingga berdampak pada kehidupan mereka masing-masing.


Pengertian Perencanaan Keuangan


Perencanaan keuangan atau sering dikenal dengan financial planning merupakan suatu strategi untuk menyusun dana pribadi maupun bisnis dengan implementasi terencana. Hal ini penting Anda lakukan dan harus dibuat secara jelas konsepnya demi memperoleh tujuan dalam jangka waktu tertentu sebagai langkah pengelolaan keuangan.



Sebenarnya proses pengelolaan keuangan ini memiliki tujuan untuk menyederhanakan berbagai arus keluar masuknya uang serta aset dalam rumah tangga. Penyederhanaan tersebut dimaksudkan supaya Anda memiliki batasan jelas dalam setiap tindakan demi mencapai tujuan awal di segi keuangan.



Financial planning pada dasarnya dapat dibagi dalam berbagai rencana, baik jangka pendek, menengah maupun panjang. Rencana jangka panjang dari perencanaan keuangan sebenarnya harus dilakukan oleh setiap manusia tanpa ada batasan. Anda bisa mengatur keuangan sedemikian rupa agar tercapai kestabilan antara pemasukan dengan pengeluaran tanpa terjadi kekurangan.



Secara sederhana perencanaan keuangan tidak hanya mengacu pada kelompok ataupun pemilik usaha. Manajemen keuangan yang baik juga harus dikuasai oleh Anda dan individu lainnya demi kepentingan sendiri. Selain itu bagi ibu rumah tangga yang bertugas nanti juga dapat melakukan perencanaan untuk mengelola kas keluarga.



Sebisa mungkin Anda ketika menyusun perencanaan agar menyediakan dana darurat untuk menghadapi berbagai situasi. Hal ini yakni peristiwa yang menimpa diri sendiri maupun orang lain seperti sakit yang harus dirawat ataupun kecelakaan lainnya. Peristiwa ini tentu akan tertangani secara baik apabila terdapat dana cadangan yang merupakan bagian dari perencanaan keuangan.


Manfaat dan Tujuan Perencanaan Keuangan


Membuat perencanaan keuangan dapat membantu Anda dalam mewujudkan tujuan jangka pendek, menengah, atau jangka panjang. Terlebih ketika berumah tangga pengaturan ini sangat dibutuhkan. Sebagai informasi, di bawah ini merupakan beberapa tujuan pengaturan siklus keuangan:


1. Menghasilkan Uang


Berprofesi sebagai karyawan kantoran mematok Penghasilan Anda setiap bulannya sekian rupiah. Kebutuhan setiap orang berbeda, Namun apabila melakukan perencanaan keuangan secara sempurna Maka sedikitnya ada sisa uang untuk ditabung atau diputar sebagai modal usaha.



2. Melindungi Aset


Dengan adanya manajemen keluar uang masuk secara baik maka Anda dapat menyimpan tabungan dalam bentuk lain, seperti emas atau properti. Dengan demikian uang yang Anda hasilkan melalui jerih payah selama ini akan terbentuk menjadi aset penghasil uang.


3. Investasi


Jika menabung saja masih dirasa belum cukup untuk melindungi harta benda maka Anda dapat menanam investasi. Namun, sebelum langkah ini dilakukan terlebih dahulu pastikan segala informasi didapatkan secara lengkap supaya tidak terjadi tumpang tindih pemahaman kedepannya.


4. Menghindari Kecemasan


Melalui perencanaan keuangan yang amat rapi maka segala kebutuhan di masa depan maupun masa sekarang akan ditangani dengan baik. Berbagai kemungkinan menghadapi kecemasan ketika menghadapi situasi darurat dapat segera mendapatkan solusi karena rapinya manajemen.



Piramida Perencanaan Keuangan


Definisi perencanaan keuangan menurut Financial Planning Standard Board (FPSB) adalah suatu proses untuk mencapai tujuan-tujuan keuangan seseorang melalui manajemen keuangan secara terintegrasi dan terencana. Merujuk berbagai sumber, piramida perencanaan keuangan dapat diketahui sebagai berikut.



Sumber:


Tingkat piramida perencanaan keuangan yang paling dasar adalah bagaimana memenuhi kebutuhan jangka pendek. Dalam hal ini bagaimana Anda dapat mengelola arus kas dan dana darurat. Pengelolaan arus kas juga menjadi prioritas untuk menjaga stabilitas keuangan pribadi dan orang sekitar Anda.


Tanpa adanya arus kas yang baik maka yang akan terjadi adalah ketidakseimbangan antara pengeluaran dan penghasilan, bisa jadi pengeluaran lebih besar daripada penghasilan atau “besar pasak daripada tiang.” Apabila hal ini terjadi, maka tujuan-tujuan jangka pendek Anda akan sulit tercapai dan tentunya akan mempersulit keadaan Anda.



Mau hidup aman, Anda harus memperhatikan arus kas, dana darurat, dan pengelolaan risiko. Mau hidup terasa nyaman, Anda bisa mewujudkan tujuan-tujuan keuangan dengan baik, mempersiapkan dana pensiun dan warisan. Beberapa hal menjadi bahan pertimbangan maupun diskusi agar berbagai program keuangan dapat tercapai.


Cara Membuat Perencanaan Keuangan


Jika perencanaan keuangan dapat dilakukan dapat cermat dan bijak maka pemenuhan kebutuhan hidup tak akan jadi kendala, bahkan Anda masih bisa menyisihkan sejumlah uang untuk ditabung.


Untuk itu, simak cara melakukan perencanaan keuangan berikut agar Anda tidak salah dalam mengatur keuangan yang dilansir dari berbagai sumber.


1. Catat Pendapatan Bersih Tiap Bulan


Cara membuat perencanaan keuangan pribadi adalah memulainya dengan mencatat seluruh nominal gaji yang diterima. Dengan mencatat gaji, Anda bisa menghitung pendapatan bersih yang diterima setiap bulannya. Pencatatan hitungan gaji bersih juga bermanfaat untuk mengetahui seberapa sehat kondisi keuangan Anda.



2. Tentukan Tujuan Membuat Perencanaan Keuangan


Setelah menghitung bersih upah bulanan Anda, kemudian tentukan tujuan Anda menabung. Jika bingung anda bisa memulainya dengan hal kecil seperti ingin membeli barang tertentu, liburan, atau untuk investasi jangka panjang.



3. Gunakan 2 Rekening Berbeda


Agar memudahkan Anda menabung, sebaiknya pisahkan rekening yang anda gunakan sehari-hari dengan rekening yang dipakai untuk menabung. Untuk rekening menabung, usahakan kartu ATM tidak dibawa sehari-hari guna mencegah penarikan mendadak yang membuat tabungan terpakai.



4. Selalu Catat Kebutuhan Yang Dibeli


Besarnya pos anggaran kebutuhan pokok membuat banyak orang menghabiskan uang dengan membeli barang yang sebenarnya tak diperlukan. Untuk menghindari belanja di luar kendali, selalu buat daftar kebutuhan serinci mungkin dan catat biaya dari kebutuhan Anda tersebut, sehingga uang yang dialokasikan sesuai dengan rencana.



Melindungi keluarga menjadi salah satu peran penting yang akan dirasakan ketika perencanaan keuangan dibuat sedemikian matang. Adanya rencana keuangan secara terperinci dapat melindungi seluruh anggota keluarga dari berbagai keadaan tidak terduga. Anda dapat melakukan pengelolaan keuangan yang baik sehingga memiliki manfaat luar biasa bagi individu ataupun orang disekitar.



Penting untuk menanamkan prinsip bahwa dalam mengelola uang kita tidak hanya hidup untuk hari ini atau demi diri sendiri, namun ada berbagai pertimbangan keuangan di masa depan yang harus dijaga. Bagi Anda yang ingin tau lebih mengenai cara atur keuangan di tengah Pandemi, dapat akses






share

Bagikan