blog
Perbedaan Deposito Dan Tabungan Yang Wajib Diketahui
Komunal Indonesia
29 April 2022
sekarang ini menyimpan uang dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya dengan memanfaatkan produk perbankan seperti tabungan dan


Tabungan sendiri merupakan program simpanan dana yang ditawarkan oleh bank. Idealnya bank akan memberikan buku tabungan yang tertera informasi mengenai tabungan Anda mulai dari saldo hingga semua transaksi yang Anda lakukan, selain itu, Bank juga akan memberikan nasabahnya kartu ATM yang dapat digunakan untuk mengambil uang.



Seiring berjalannya waktu dan munculnya inovasi-inovasi baru kini sudah banyak perbankan yang menyediakan berbagai macam tabungan yang sudah tidak menggunakan buku untuk mengetahui informasi mengenai tabungan Anda, melainkan sudah dapat diakses secara online melalui aplikasi bank yang disediakan oleh masing-masing bank.



Selain itu perbedaan deposito dan tabungan terletak pada bagian dimana bank mengharuskan setiap nasabahnya untuk melakukan setoran awal dengan minimal saldo yang ditentukan oleh pihak bank. Tidak hanya menyimpan uang, Anda dapat memperoleh keuntungan dari bagi hasil yang diberikan oleh bank, keuntungan tersebut didapat berdasarkan suku bunga yang ditetapkan oleh pihak bank.



Sedangkan, deposito merupakan sebuah produk simpanan yang ditawarkan oleh perbankan dan banyak digunakan oleh masyarakat untuk menyimpan uang sekaligus berinvestasi. Sekilas deposito dan tabungan memiliki kemiripan yakni sama-sama digunakan untuk menyimpan uang. Meski begitu ternyata ada banyak perbedaan deposito dan tabungan.



Deposito merupakan simpanan uang dalam bentuk investasi yang ditawarkan bank. Lebih lengkapnya, deposito merupakan simpanan yang pengambilannya hanya dapat dilakukan pada waktu-waktu tertentu seperti tiga bulan, enam bulan bahkan hingga setahun. Selain itu deposito memiliki suku bunga yang terbilang lebih besar jika dibanding dengan tabungan biasa. Hal tersebut membuat siapapun yang menyimpan uangnya menggunakan sistem deposito akan mendapatkan profit atau keuntungan.



Meskipun beberapa bank juga memberikan bagi hasil atau profit kepada para nasabahnya, namun bunga yang didapatkan dari tabungan biasanya umumnya tidak sebesar bunga yang didapat melalui Investasi atau deposito, hal tersebut menjadi salah satu bagian dari perbedaan deposito dan tabungan.





Apa Perbedaan Deposito Dan Tabungan?



1. Fleksibilitas Pengambilan Uang


Seperti yang sudah dijelaskan diatas, perbedaan deposito dan tabungan yang paling mencolok adalah fleksibilitas pengambilan dana antara tabungan dan deposito. Menyimpan uang menggunakan program tabungan dapat memudahkan Anda mengambil dana kapanpun yang Anda mau. Sedangkan untuk deposito, Anda tidak dapat mengambilnya sebelum waktu yang sudah disepakati jatuh tempo, karena pengambilan uang hanya dapat dilakukan apabila tenor sudah jatuh tempo.



Setiap bank memiliki jangka waktu deposito yang berbeda-beda, namun idealnya kebanyakan perbankan menawarkan jangka waktu sekitar 3 bulan, 6 bulan hingga satu tahun.



Deposito juga mempunyai batasan jumlah minimal deposit yang umumnya lebih tinggi bila dibandingkan dengan tabungan biasa. Pihak bank biasanya menentukan jumlah nominal uang yang perlu didepositokan dan nasabah perlu merogoh dana yang lumayan besar. Berbeda dengan tabungan pada umumnya yang memiliki ketentuan dana awal atau minimal yang cukup rendah.



2. Nilai Suku Bunga Yang Ditawarkan


Jika dilihat dan dibandingkan antara nilai suku bunga tabungan dan deposito, suku bunga deposito cenderung memiliki nilai yang lebih tinggi. Kebanyakan suku bunga tabungan yang ditawarkan oleh bank hanya berkisar pada angka yang terbilang rendah yakni 0,5% sampai 3% saja. Sedangkan suku bunga deposito dapat mencapai di angka 5% hingga 7% dalam hitungan satu tahun.



Setiap bank menawarkan suku bunga deposito yang berbeda-beda begitu juga dengan setoran minimal deposit. Semakin besar dana yang Anda depositkan maka semakin besar juga profit yang akan didapatkan melalui suku bunga deposito.


Dengan nilai suku bunga yang jauh lebih tinggi daripada tabungan biasa, membuat deposito banyak diminati oleh masyarakat luas. Karena itulah, tabungan deposito banyak dimanfaatkan oleh banyak orang untuk investasi.




3. Menabung Vs Investasi


Tabungan memang digunakan untuk tujuan menabung, sedangkan deposito banyak digunakan untuk tujuan investasi. Dari sini dapat dilihat perbedaan deposito dan tabungan yang paling sederhana.



Tabungan memiliki peran yang lebih ditujukan untuk menyimpan uang yang biasanya diperuntukan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Sifatnya yang fleksibel dan mudah untuk diambil sewaktu-waktu sangat cocok untuk memenuhi keperluan sehari-hari.



Sedangkan deposito merupakan produk investasi yang ditawarkan oleh bank yang memiliki resiko rendah. Oleh sebab itu, sifat-sifat terkait produk investasi lainnya yang ditemukan pada produk investasi lainnya dapat dijumpai pada produk deposito ini. Salah satunya dapat dilihat melalui proses pengambilan dana yang hanya dapat dilakukan pada waktu-waktu tertentu saja sesuai jangka waktu yang Anda pilih.




4. Bilyet dan Buku Tabungan


Saat membuka rekening tabungan, pihak bank akan memberikan nasabah buku tabungan dengan serta fasilitas berupa kartu debit atau kartu ATM sebagai bukti yang menginformasikan bahwa Anda mempunyai tabungan di Bank tersebut. Selain itu, saldo minimal yang diberlakukan oleh bank dapat dikatakan sangat rendah dimana Anda dapat membuka rekening tabungan dengan saldo awal mulai dari Rp 50.000. Seperti yang sudah dikatakan diatas, anda dapat menggunakan uang dalam tabungan Anda kapanpun yang Anda mau.


Anda akan mengetahui perbedaan deposito dan tabungan ketika Anda membuka rekening deposito. Saat membuka produk deposito pihak bank akan memberikan Anda tanda bukti berupa bilyet deposito. Bilyet ini adalah tanda bukti kepemilikan dana yang disimpan dalam bentuk produk deposito bank.


Semakin majunya teknologi, saat ini para nasabah dapat membuka rekening deposito secara online dan memperoleh bukti tanda kepemilikan berupa bilyet deposito dalam bentuk digital yang akan dikirimkan oleh pihak bank melalui email.



Mengatur Keuangan Memanfaatkan Deposito Dan Tabungan


Meskipun ada perbedaan deposito dan tabungan, deposito dan tabungan tentunya memiliki keunggulannya masing-masing. Keunggulan yang dimiliki oleh kedua produk yang ditawarkan oleh bank tersebut dapat membantu Anda dalam mengelola keuangan Anda agar lebih baik. Anda dapat membagi dana Anda menjadi dua yakni tabungan dan deposito sekaligus.



Setelah mengetahui perbedaan deposito dan tabungan Anda dapat menggunakan tabungan untuk menempatkan uang yang umumnya digunakan untuk kegiatan sehari-hari dan saat situasi darurat sehingga Anda dapat mengambilnya kapanpun saat Anda butuhkan.



Sedangkan gunakan uang yang tidak terpakai kedalam deposito sehingga Anda memiliki dana investasi untuk masa depan. Dengan mengelola keuangan menggunakan deposito dan tabungan, Dana yang Anda miliki akan lebih terkontrol sekaligus bertumbuh.



Itu dia penjelasan mengenai perbedaan deposito dan tabungan yang perlu diketahui sebelum memilih untuk menggunakan salah satu produk perbankan tersebut.


Simpan uang Anda menggunakan deposito untuk investasi masa depan yang lebih baik, Komunal menyediakan layanan simpanan hingga deposito yang sudah terjamin dan terdaftar di OJK. Kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut di



share

Bagikan